Jakarta, Gizmologi – Dalam gelaran Microsoft Ignite (16/11/2023), perusahaan umumkan bahwa deretan layanan atau tools berbasis Microsoft Copilot yang diklaim bantu 70 persen pengguna lebih produktif. Tak hanya itu saja yang diungkapkan dalam ajang Microsoft Ignite. Perusahaan juga menjelaskan beberapa pembaruan dalam deretan Microsoft Copilot yang sudah dihadirkan.

Menurut Microsoft dalam Work Trend Index, tahun ini terdapat indikasi kuat seputar potensi AI untuk mengubah cara kerja. Selama satu tahun terakhir, raksasa teknologi asal Amerika Serikat ini terus mengembangkan visinya untuk Microsoft Copilot.

Microsoft Copilot merupakan sebuah rangkaian tools yang membantu orang mencapai lebih banyak dengan bantuan AI. Dalam rangka meningkatkan produktivitas tidak hanya di tingkat individu, mereka memperluas penawaran Microsoft Copilot ke berbagai solusi, guna mengubah produktivitas dan proses bisnis di setiap role dan fungsi. Alat ini dihadirkan untuk mulai dari pekerja kantoran dan frontline workers, hingga developer dan IT profesional.

Baca Juga: GitHub Copilot Siap Bantu 2,9 Juta Developer Indonesia Buat Coding Lebih Cepat

Data Microsoft menyebutkan bahwa 68% mengatakan Copilot meningkatkan kualitas pekerjaan mereka. Selain itu, 68% juga merasa bahwa Copilot membantu memulai proses kreatif mereka. Data yang dijelaskan oleh Microsoft juga memperjelas bahwa Copilot membuat pengguna menjadi 29% lebih cepat dalam menyelesaikan tugas-tugas tertentu seperti mencari informasi, menulis, dan merangkum.

Keunggulan ini bisa membuat Microsoft Copilot menjadi menarik untuk digunakan agar pekerjaan menjadi cepat selesai. Perusahaan pada delapan bulan yang lalu menghadirkan kembali Copilot untuk Microsoft 365, dengan tujuan mengurangi digital debt dan meningkatkan produktivitas, sehingga setiap orang dapat fokus pada pekerjaan yang benar-benar memerlukan sentuhan manusia. Namun apa sajakah deretan Micorosft Copilot yang dikatakan sangat membantu banyak pengguna?

Deretan Layanan yang Memakai Microsoft Copilot

Microsoft Copilot
Data Work Trend Index November 2023, menunjukan Copilot merupakan teknologi AI yang dibutuhkan.
Microsoft Copilot for Microsoft 365
Bulan ini, Copilot untuk Microsoft 365 telah tersedia secara umum untuk perusahaan. Banyak perusahaan yang sudah menggunakan layanan ini seperti Visa, BP, Honda, dan Pfizer, serta mitra seperti Accenture, EY, KPMG, Kyndryl, dan PwC
Microsoft mengatakan terus menghadirkan nilai baru, berdasarkan pembelajaran dari Early Access Program dan penelitian-penelitian lainnya. Dasbor Microsoft 365 Copilot yang baru menunjukkan kepada pelanggan bagaimana Copilot memengaruhi organisasi mereka. Di dalam alat ini terdapat fitur seperti Copilot Profile, yang membantu Copilot memberikan respons yang disesuaikan dengan preferensi dan role Anda.
Sedangkan untuk kamu yang ingin meningkatkan kerja tim, fitur-fitur baru untuk Copilot di Outlook membantu mempersiapkan diri untuk rapat dan selama rapat, pengalaman whiteboarding dan note-taking baru untuk Copilot di Microsoft Teams akan membuat semua orang tetap selaras. Pengguna dapat menggunakan Copilot selama rapat tanpa menyimpan transkripsi. Ketika Copilot bekerja, Copilot akan menjadi lebih dari sekadar asisten pribadi untuk membantu seluruh tim.
Microsoft Copilot Studio
Transformasi AI dimulai dengan integrasi AI ke dalam data dan alur kerja unik suatu organisasi. Microsoft Copilot Studio adalah tool low-code yang didesain untuk mengkustomisasi Microsoft Copilot dengan mengintegrasikan data penting bisnis dan membangun Copilot sendiri untuk penggunaan internal atau eksternal. Copilot Studio bekerja dengan connectors, plugins, dan GPTs, memungkinkan tim IT mengarahkan Copilot ke sumber data terbaik untuk query tertentu.
Microsoft Copilot for Service
Microsoft Copilot for Service merupakan layanan yang menyediakan role-based support. Membantu bisnis mempercepat transformasi AI layanan pelanggan. Copilot for Service mencakup Microsoft Copilot untuk Microsoft 365 dan membantu memperluas contact centers saat ini dengan AI generatif.

Dalam interaksi dengan pelanggan, agen dapat mengajukan pertanyaan kepada Copilot for Service dengan bahasa sehari-hari dan menerima insights yang relevan berdasarkan sumber data dari repositori pengetahuan. Kemampuan ini mampu menghasilkan resolusi yang lebih cepat dan cerdas dalam menangani kebutuhan pelanggan.

Copilot in Microsoft Dynamics 365 Guides
Menggabungkan kekuatan AI generatif dan mixed reality, copilot ini membantu frontline workers menyelesaikan tugas-tugas kompleks dan mengatasi masalah dengan lebih cepat tanpa mengganggu alur kerja. Tersedia terlebih dahulu di HoloLens 2, copilot hands-free ini akan membantu profesional di industri jasa menggunakan bahasa sehari-hari dan gerakan manusia untuk memberikan panduan interaktif melalui konten dan hologram yang ditampilkan di peralatan.
Microsoft Copilot for Azure
Microsoft Copilot for Azure adalah teman AI untuk tim IT yang dapat menyederhanakan administrasi IT sehari-hari. Lebih dari sekadar tool, Microsoft Copilot for Azure merupakan pengalaman obrolan terintegrasi yang memahami peran dan tujuan pengguna, serta meningkatkan kemampuan merancang, mengoperasikan, dan menyelesaikan troubleshoot aplikasi dan infrastruktur.
Copilot for Azure membantu tim IT mendapatkan insights baru terhadap beban kerja mereka, membuka potensi fungsionalitas Azure yang belum digunakan, dan mengkoordinasikan tugas di cloud dan edge.
Menghadirkan Copilot untuk semua orang
Microsoft berupaya untuk menyederhanakan pengalaman pengguna dan membuat Copilot lebih mudah diakses oleh semua orang dimulai dengan Bing, platform untuk menjelajah web. Bing Chat dan Bing Chat Enterprise sekarang akan menjadi Copilot. Untuk pelanggan Entra Microsoft ada Copilot di Bing, Edge, dan Windows kini dilengkapi dengan perlindungan data komersial.
Copilot akan tersedia secara umum mulai tanggal 1 Desember. Seiring berjalannya waktu, kami juga akan memperluas eligibility Copilot dengan perlindungan data komersial kepada lebih banyak pengguna Entra ID (sebelumnya Azure Active ID) tanpa biaya tambahan.

Artikel berjudul Deretan Tools Berbasis Microsoft Copilot, Bantu 70% Pengguna Lebih Produktif yang ditulis oleh Zihan Fajrin pertama kali tampil di Gizmologi



from Gizmologi https://ift.tt/b5T4QtZ
via IFTTT