San Fransisco, Gizmologi – Pandemi COVID-19 telah berakhir, tentu berbagai pihak melakukan adaptasi untuk kembali ke kehidupan yang normal. Salah satunya Google yang telah menyesuaikan diri untuk tidak lagi menghadirkan salah satu fiturnya yang sempat booming selama pandemi.

Sekedar membalik waktu, di masa pandemi, Google sampai “rela” berkolaborasi bersama Apple untuk menghadirkan fitur yang disebut sebagai COVID-19 Exposure Notifications. Sayangnya, fitur terbatas untuk pengguna perangkat Android dan Apple di beberapa negara saja, di mana Indonesia bukan salah satunya.

Seperti dikutip Gizmologi dari 9to5Google, Sabtu (4/11/2023), cara kerja fitur kolaborasi dua perusahaan teknologi raksasa tersebut adalah kemampuan interoperabilitas antara iOS dan Android yang memungkinkan saling tracking satu sama lainnya melalui Bluetooth. Jadi, ketika di dekat pengguna ada orang yang teridentifikasi positif COVID-19, maka akan keluar notifikasinya agar pengguna tidak tertular.

Kolaborasi Apple dan Google Setelah COVID-19?

Meskipun ide kehadiran COVID-19 Exposure Notifications adalah hal bagus, ternyata saat itu banyak yang skeptis. Di antaranya karena peluncuran yang lambat di beberapa negara dan masalah teknis lainnya.

COVID-19 notification

Kini, tampaknya telah Google memutuskan untuk menghapus fitur tersebut dari menu Setting. Jadi, sekarang sudah tidak ada lagi pilihan COVID-19 Exposure Notifications di perangkat Android.

Langkah yang diambil Google memang terbilang menyesuaikan kondisi sekarang. Saat ini, COVID-19 memang sudah tidak seberbahaya dulu dan fitur tersebut tak lagi relevan.

Baca juga: LINE SIAGA Pamit, Tak Lagi Berikan Info Terbaru COVID-19

Meskipun pandemi telah jadi kenangan, tentu kita semua sangat senang dengan fakta bahwa Google dan Apple bisa mengesampingkan perbedaan mereka dan berupaya melakukan sesuatu yang benar-benar bisa membantu penggunanya untuk tetap aman.

Apakah kemudian kelak akan ada lagi kolaborasi bermanfaat dar keduanya?

Artikel berjudul Google Telah Menghapus Notifikasi Tentang COVID-19 di Perangkat Android yang ditulis oleh Chandra Wirawan pertama kali tampil di Gizmologi



from Gizmologi https://ift.tt/xlqkASh
via IFTTT