OPPO Indonesia memang bisa dibilang terlambat untuk membawa smartphone layar lipat resminya ke Tanah Air. Hal tersebut membuat OPPO Find N3 Flip alias penawaran terbarunya hadir tak sampai  tahun. Membawa sejumlah penyempurnaan yang membuatnya semakin spesial.

Desain modul kameranya yang kini dibuat lebih mencolok bukan tanpa terkecuali—bekerja sama dengan Hasselblad, OPPO menyematkan sebuah sensor baru berjenis telefoto, dan “memperbaiki” dua sensor lainnya untuk bawa fungsi lain seperti stabilisasi OIS maupun mode makro. Sembari membuat bodinya lebih nyaman digenggam, sekaligus lebih tahan lama.

Bisa dibilang, smartphone layar lipat rilisan OPPO di akhir 2023 sudah sangat matang, dan bisa dijadikan opsi terbaik bagi para konsumen. Berikut review OPPO Find N3 Flip.

Desain

OPPO Find N3 Flip

Masih mirip, dengan penyempurnaan kecil sana-sini dan satu perbedaan utama. Desain OPPO Find N3 Flip terlihat mirip seperti pendahulunya, baik secara dimensi serta tampilan Cover Screen. Yang terlihat berbeda dan mencolok, adalah desain modul kamera utamanya—OPPO sebut dengan Cosmos Ring, menjadi rumah dari tiga sensor kamera.

Ketika digenggam, OPPO Find N3 Flip terasa lebih nyaman di tangan. Karena sudut bodinya kini dibuat lebih melengkung, meski permukaannya yang glossy memang terasa sedikit lebih licin bila tanpa case. Ada tiga opsi warna yang bisa dipilih; Cream Gold yang cenderung putih, Sleek Black, dan Misty Pink yang menurut saya cukup kalem dan masih pas untuk pengguna laki-laki sekalipun.

Dimensinya yang sangat kompak beberapa kali membuat saya “kaget”, karena tidak terasa saat masuk ke kantong celana. Sedikit catatan, saat tertutup, ketebalannya mencapai 16,5mm. Jadi bakal terasa kurang nyaman saat sedang menggunakan celana jeans dengan saku yang ketat dan sejenisnya.

Saya sendiri melihat desain modul kamera utama OPPO Find N3 Flip cukup menarik, meski logo Hasselblad di dalamnya jadi terlihat terbalik dalam orientasi tertentu. Namun beberapa orang di sekitar justru menganggapnya kurang pas untuk dipadankan bersama desain perangkat keseluruhan. Menurut Gizmo friends sendiri bagaimana?

Yang pasti, tak usah khawatir akan daya tahannya. Dari info terbaru, layar lipat OPPO Find N3 Flip sudah berhasil mendapatkan sertifikasi lolos uji dari TUV Rheinland sebanyak 1 juta kali. Walau memang, belum membawa sertifikasi IPX8, tapi setidaknya OPPO menyebutkan bila perangkatnya tahan dari cipratan air (IPX4).

Layar

OPPO Find N3 Flip

Secara spesifikasi di atas kertas, tidak ada peningkatan dibandingkan generasi sebelumnya. Layar luarnya masih sama persis, berukuran 3,26 inci dengan panel AMOLED, hanya proteksinya meningkat dengan Gorilla Glass Victus. Layar internalnya pun tetap berukuran 6,8 inci, gunakan LTPO AMOLED 120Hz yang bisa menyala hingga 1600 nits.

Walaupun “tidak naik”, layar utamanya sangat-sangat memanjakan mata. Selain tidak ada gap saat tertutup, saat terbuka pun crease alias bagian lipatan tengahnya lebih tidak terlihat. Ketika disentuh oleh jari, benar-benar hampir tidak terasa ada lengkungan sama sekali. Jauh lebih superior dibandingkan kompetitornya.

Layar OPPO Find N3 Flip

Dimensi layar internalnya sudah pas untuk jalankan aplikasi secara split screen, sementara reproduksi warnanya juga sudah akurat dengan profil warna yang bisa ditentukan sesuai selera lewat menu Settings. Menurut saya, sedikit kekurangan ada pada lapisan pelindung layar OPPO Find N3 Flip yang terlihat lebih mudah membekas sidik jari.

Walaupun Cover Screen-nya kini bukan yang paling besar, rasionya yang lebih mirip layar normal, membuat tampilan aplikasi menjadi lebih “normal”. Aplikasi seperti Google Maps maupun Grab jadi terlihat lebih jelas. Meski memang untuk mengetik jadi lebih sulit—kecuali sudah terbiasa menggunakan gestur swipe yang bisa memudahkan.

Kamera

OPPO Find N3 Flip

Mungkin Gizmo friends sudah menduga bila bagian ini menjadi yang paling menarik. Tak seperti smartphone flip lainnya, OPPO berhasil menyematkan tiga sensor utama pada modul kamera bagian luar, alias lengkap dengan sensor telefoto khusus. Spesifikasi masing-masing sensornya pun juga bisa dibilang setara flagship mainstream.

Sensor utama kamera OPPO Find N3 Flip masih gunakan Sony IMX890 50MP, namun kini sudah dengan OIS. Lalu sensor ultra-wide punya resolusi lebih tinggi di 48MP, gunakan sensor Sony IMX581 f/2.2 dan sudah mendukung autofokus—bisa berfungsi sebagai kamera makro yang sangat berkualitas.

OPPO Find N3 Flip

Jenis sensor telefotonya sama seperti OPPO Reno10 Pro 5G, yakni Sony IMX709 RGBW 32MP f/2.0 yang mendukung 2x optical zoom. 2x zoom menurut saya berikan focal length yang pas untuk foto portrait. Dipadukan dengan color science milik Hasselblad, jepretan foto portrait-nya bisa dibilang sangat bagus untuk sebuah kamera smartphone flip, dengan skin tone yang on-point.

Baca juga: Review OPPO Reno10 Pro 5G: Makin Stylish, Makin Jago Foto Potret

Walaupun ada kamera selfie 32MP dengan autofokus di sisi dalam, kamera tersebut sangat jarang saya aktifkan, mengingat sangat mudah untuk selfie langsung dari Cover Screen memanfaatkan sensor utama. Overall, selama menggunakan kamera OPPO Find N3 Flip, saya merasa kualitasnya setara dengan flagship, melebihi ekspektasi dari sebuah smartphone flip.

Hasil foto lengkap dari kamera OPPO Find N3 Flip bisa kamu akses lewat album berikut ini ya.

ADCreHdLJWrPTOiEpTxDbN6kP4wTRS94zcCMoFjKcV0Zddn9F8STw88OTopzMQfo8afwv2iRrWf fwtzO kf3vI1LQi0wbwftRIrHw1XC8ovMLKzF8lZH39G=w2400
ADCreHcTE9e8XuLWcVTSyPW9D88VEQYkMbzmPDerGwGZntt0FpBSIr6q TwyM WQg0tuqyMHZBZlakd37 YDnQBNAi9YO jvJOelKgZ51LKjqvD11kIK7nU7=w2400
ADCreHfmE4VeRLWhgFxzIUHAcnglhuGP5yZ ozV3FHkO91crn1xMCpDAMiqiMQqRfUg2UU 0rTakTHqNTpFdmbnR0NzOl3OgfFuib2X4I9pN9ZGc SVHgHem=w2400
ADCreHfnRzKYQBJ0oC27 d3FUmQsEfSkCZ93wPwIc4MeuBwmDsaMGSBjchPghNq5RQgU R3qJBNTVGqNekQwGS1qkNvjbpMjQBMsoyFoREDc5VNpDpD5T4Yu=w2400
ADCreHdvNG5R5TLf9UjiUbCxHmUagLK7NTd4iO46KmG2bZrIMQO67moyKs6V1TWIO3s6wOCysJQLEyUvdUX2HrRNvZ1abjA5zEm fGzr1U9lrb7H9Fs8oPH4=w2400
ADCreHd0spUAIor7Ma4Doyx1haibVtFaK2L0SQQ0mI245dPi2Go1WxhRZ2ZxWLftE2tSr3LIlB36a2rVyXT54ZP QJNQhAK6XqgiSFpY bgR3oYygZT1EQtb=w2400
ADCreHcFXNrJsyf1tqKJ mDy8oODVxAvPD2YQwUroBlSujP7qRYRy492foFyr 9BuXs Fi6AV293ifrmJOGRBTZuwJUna8gHinZFWDc IvjXrGIRUYMHs yd=w2400
ADCreHdTBp63d1CzDbjLi6CuaLC7OW0IT3yL9IHB2tDzz3qwulx LTzQ3GTrjdliZe8 LXqVb2pjK RlS3nQR4dAsOsdLTF81YRsfC2IbyL EXaIWZ 4wIyi=w2400
ADCreHcf1aqk6pRnP2Vb7fBFYwDk7t4JL4e1fnSDrsUNzC3qLQvul5YLjukAinTj0FPfasmkVDATKrnUrnL5CcHMCFM7TJpJBnc8NvrjtYC3yXZrUfKIkLQn=w2400
ADCreHfp ZxPau0dFT a90rJT3Rn T2cEFSjFC bkwl SSeTLKYEfU6p1JjCC3FCnUL oB7fEjf6oLVd8b2stPSllCQlpfqzTCjpU0jY5ElqdcHP52tfI =w2400

Bagaimana dengan kualitas videonya? OPPO Find N3 Flip dapat merekam hingga resolusi maksimum 4K 30fps pada semua sensor kamera—ya, sayangnya tidak ada opsi 60fps. Dan untuk kualitas terbaik, kamu harus mengaksesnya dari layar internal. Kenapa begitu?

Ketika merekam langsung dari Cover Screen (atau mengaktifkan Dual Preview), resolusi otomatis turun ke maksimum 1080p 30fps. Selain turun resolusi, menurut saya stabilisasi EIS-nya juga jadi tidak begitu efektif meredam gerakan. Dugaan saya, hal tersebut terpaksa dilakukan untuk mencegah overheat. Walaupun kualitasnya tetap bagus untuk video 1080p.

Fitur

OPPO Find N3 Flip

Dibandingkan generasi sebelumnya, software yang dijalankan OPPO Find N3 Flip memang terasa lebih matang, terutama pada Cover Screen. Smartphone ini menjalankan ColorOS 13.2 berbasis Android 13, dan OPPO janjikan setidaknya 4 tahun pembaruan seri OS dan 5 tahun pembaruan keamanan rutin—setara dengan kebanyakan flagship terkini.

Masih banyak peluang bagi OPPO untuk berbenah dan menyesuaikan tampilan aplikasi populer memanfaatkan layar lipatnya. Aplikasi WhatsApp, misalnya, masih belum otomatis “memindahkan” video di layar bagian atas ketika dibuka rentang 90 derajat. Tak seperti Google Meet yang sudah dioptimalkan.

Dengan perkembangan yang dibawa untuk Cover Screen, saya yakin tidak butuh waktu lama bagi OPPO untuk sempurnakan hal-hal seperti ini. Bagian mengesankan lainnya ada pada kualitas audio, di mana speaker OPPO Find N3 Flip bisa dibilang cukup nendang, baik secara volume maupun kualitas suaranya.

Oh ya, sebagai informasi, selain tanpa jack audio dan slot kartu microSD, slot kartu SIM pada OPPO Find N3 Flip hanya dapat menampung satu SIM fisik. Bila ingin menambahkan nomor kedua, harus memanfaatkan eSIM.

Performa

Skor Antutu OPPO Find N3 Flip

Pakai chipset lebih kencang, OPPO Find N3 Flip ditenagai oleh salah satu cip terbaik MediaTek, seri Dimensity 9200. Dibandingkan dengan Snapdragon 8 Gen 2, sama-sama sudah 4nm, dengan arsitektur CPU yang juga mirip, hanya saja angka clock speed sedikit lebih rendah.

Cip tersebut dipasangkan bersama RAM 12GB LPDDR5x serta penyimpanan 256GB UFS 4.0, tanpa opsi lebih tinggi maupun slot kartu microSD. Secara performa, sudah sangat lancar untuk multitasking harian, maupun bermain beberapa judul game berat. Namun dengan catatan tersendiri—dan sudah sangat umum di smartphone flip, yakni throttling.

Permukaan bodi OPPO Find N3 Flip terasa mudah hangat, terutama ketika Cover Screen sedang banyak diaktifkan (semisal untuk fitur kamera). Nggak yang sampai panas banget, tapi langsung terasa penurunan performa, terutama pada refresh rate. Untuk jenis aplikasi selain kamera atau selain game, suhu bakal tetap normal saja.

Selama pemakaian, unit OPPO Find N3 Flip saya sempat terasa sangat panas dua kali, ketika diletakkan di dalam tas dan diaktifkan sebagai hotspot. Di satu sisi, saya cukup terkesima dengan smartphone yang masih tetap menyala. Semoga ini hanyalah bug dan bisa diperbaiki lewat pembaruan software.

Baterai

44W SuperVOOC OPPO Find N3 Flip

Masih sama seperti pada generasi sebelumnya, kapasitas baterai OPPO Find N3 Flip berukuran 4,300 mAh, alias lebih besar dari kompetitor sekelasnya. Dan seperti smartphone OPPO pada umumnya, kecepatan isi daya tentu saja dibuat unggul. Mendukung hingga 44W, dan diberikan adaptor charger 67W di dalam paket penjualannya.

Dengan kapasitas baterai tersebut, OPPO Find N3 Flip memiliki daya tahan baterai yang tergolong memuaskan untuk sebuah foldable berjenis flip. Bisa dibilang sedikit lebih irit dibandingkan Galaxy Z Flip5, alias kamu bisa menggunakannya secara lebih intensif tanpa takut harus isi daya sebelum jam tidur alias bisa hampir seharian penuh.

Sayangnya, masih juga belum membawa teknologi wireless charging, yang menurut saya pribadi merupakan kewajiban untuk hadir di perangkat flagship. Yah, mungkin karena keterbatasan ruang, dan OPPO memilih untuk sematkan baterai lebih besar dengan kecepatan isi daya kencang ke OPPO Find N3 Flip. Alhasil, mengisi daya 30 menit sudah bisa mencapai lebih dari 60%, dan bisa terisi penuh kurang dari 1 jam.

Kesimpulan

Unboxing OPPO Find N3 Flip

Menjadi generasi kedua, smartphone flip dari OPPO yang satu ini benar-benar hadir dengan banyak perbaikan serta peningkatan dibandingkan sebelumnya. Mekanisme lipat lebih kuat, Cover Screen lebih fungsional, performa lebih kencang, kamera juga jauh lebih baik dengan ketiga sensor unggulan yang dibawa lewat OPPO Find N3 Flip. Menjadikannya smartphone flip dengan kamera terbaik.

Bagaimana bila dibandingkan dengan Samsung? Masing-masing punya kelebihan dan kekurangan tersendiri. Kekurangannya menurut saya ada pada suhu yang relatif lebih mudah hangat, fungsi Cover Screen lebih jauh termasuk pengaturan kamera, serta tidak adanya opsi wireless charging.

Namun semua poin tersebut bisa dianggap minor, dibandingkan dengan semua kelebihan yang dibawa. Sehingga sah-sah saja bila OPPO Find N3 Flip menjadi pilihan smartphone flip terbaik di tahun 2023 untuk Gizmo friends.

Spesifikasi OPPO Find N3 Flip

OPPO Find N3 Flip APS

General

Device Type Smartphone
Model / Series OPPO Find N3 Flip
Released 19 October, 2023
Status Available
Price Rp15.999.000

Platform

Chipset Mediatek Dimensity 9200 (4 nm)
CPU Octa-core (1x3.05 GHz Cortex-X3 & 3x2.85 GHz Cortex-A715 & 4x1.80 GHz Cortex-A510)
GPU Immortalis-G715 MC11
RAM (Memory) 12GB (LPDDR5X)
Storage 256GB UFS 4.0
Operating System Android 13
User Interface ColorOS 13.2

Design

Dimensions 166.4 x 75.8 x 7.8 mm (unfolded), 85.5 x 75.8 x 16.5 mm (folded)
Weight 198 gram
Design Features Glass front & back (Gorilla Glass Victus)
Aluminum frame
Colours: Cream Gold, Misty Pink, Sleek Black
IPX4
Battery Li-Po 4300 mAh, non-removable
Fast charging 44W, 50% in 23 mins

Display

Screen Type LTPO AMOLED capacitive touchscreen
Size and Resolution 6.8", fHD+ 2520x1080 pixels (403 ppi), 3.26" Cover Screen
Touch Screen Capacitive Touchscreen
Features 120Hz refresh rate
240Hz touch sampling rate
HDR10+
1600 nits (max)
SCHOTT Ultra Thin Glass

Network

Network Frequency GSM / HSPA / LTE / 5G
SIM Dual-SIM (nano SIM + eSIM)
Data Speed HSPA 42.2/5.76 Mbps, LTE-A, 5G

Camera

Multi Camera Yes (Rear)
Rear 50 MP, f/1.8, 24mm (wide), 1/1.56-inch, 1.0µm, multi-directional PDAF, OIS; 32 MP, f/2.0, 47mm (telephoto), 1/2.74-inch, PDAF, 2x optical zoom; 48 MP, f/2.2, 114-degree, (ultrawide), 1/2.0-inch, AF
Front 32 MP, f/2.4, 21mm (wide), 0.8µm, AF
Flash Yes
Video Front Camera: 4K/1080P/720P@30fps; Rear Camera: 4K@30fps, 1080p@30/60/240fps; gyro-EIS; HDR, 10‑bit video
Camera Features Hasselblad Color Calibration
X Pan Mode

Connectivity

Wi-fi Wi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac/6, dual-band, Wi-Fi Direct, hotspot
Bluetooth 5.3, A2DP, LE, aptX HD
USB USB Type-C 2.0, USB On-The-Go
GPS Yes, with A-GPS, GLONASS, GALILEO, BDS
HDMI No
Wireless Charging No
NFC
Infrared No

Smartphone Features

Multimedia Features - Three finger translate with Google
- Gaming shortcut mode
- Bullet screen message
- Alert slider
FM Radio No
Web Browser HTML 5
Messaging SMS, MMS, Online
Sensors Fingerprint (side-mounted), accelerometer, gyro, proximity, compass

Artikel berjudul Review OPPO Find N3 Flip: Lebih Kuat, Kamera Lebih Lengkap yang ditulis oleh Prasetyo Herfianto pertama kali tampil di Gizmologi



from Gizmologi https://ift.tt/1o9Q3K5
via IFTTT