Berdasarkan laporan Counterpoint, penjualan TWS global turun 2% YoY di semester 1 2023, meski demikian ada kenaikan signifikan 15% untuk segmen TWS murah atau entry-level. Segmen ini juga yang menjadi andalan Samsung di tahun ini. Mereka meluncurkan Samsung Galaxy Buds FE sebagai TWS berkualitas dengan harga terjangkau.

Ya, jika di tahun 2022 yang lalu mereka meluncurkan Samsung Galaxy Buds 2 Pro dengan kemampuan mumpuni, kini Samsung lebih humble dengan merilis seri yang lebih murah. Samsung Galaxy Buds FE diperkenalkan bersamaan dengan diluncurkannya Galaxy S23 FE. Keduanya sama-sama merupakan varian terjangkau dari produk flagship andalan perusahaan.

Samsung Galaxy Buds FE dibanderol dengan harga Rp1,399 juta, tapi menawarkan fitur-fitur premium seperti Active Noise Cancellation (ANC), baterai tahan lama, dan seamless connectivity dari Galaxy Ecosystem. Apakah Galaxy Buds FE layak dibeli? Mari kita lihat lebih dekat di review Samsung Galaxy Buds FE.

Desain

Samsung Galaxy Buds FE

Kini TWS bukan lagi sekadar perangkat audio, tapi juga bisa menjadi ‘aksesori’ yang melengkapi penampilan penggunanya. Oleh karena itu, Samsung Galaxy Buds FE hadir dengan desain stylish membidik kalangan milenial dan Gen Z.

Galaxy Buds FE tersedia dalam warna Graphite dan White yang modern, timeless, dan versatile untuk dipadukan dengan berbagai outfit penggunanya. Case-nya memiliki desain standar dengan finishing glossy di bagian luar dan matte di bagian dalam.

Case ini juga memiliki lampu LED di bagian depan untuk menunjukkan status baterai earbuds dan case. Sayangnya, case ini tidak mendukung pengisian daya nirkabel, sehingga kamu harus menggunakan kabel USB-C untuk mengisi dayanya.

Terlepas dari itu, Samsung Galaxy Buds FE dirancang agar nyaman digunakan dalam waktu yang lama tanpa membuat telinga sakit. Salah satunya, TWS ini hadir dengan tiga ukuran eartips dan dua ukuran wingtips yang berbeda agar kamu bisa menikmati earbuds yang benar-benar pas di telinga.

Wingtip ini berguna untuk memberikan kenyamanan dan stabilitas saat memakai earbuds, terutama saat berolahraga atau beraktivitas fisik. Selain itu, wingtip juga membantu mengisolasi suara dari luar secara pasif.

Samsung Galaxy Buds FE 3

Selain itu, Samsung Galaxy Buds FE juga memiliki area grip yang telah dirancang sedemikian rupa agar earbuds tidak mudah terlepas dari telinga, bahkan ketika kita sedang banyak bergerak. Earbuds ini memiliki area sentuh datar di bagian luar, yang mengurangi kemungkinan sentuhan tidak sengaja yang sering terjadi pada earbuds berbentuk bulat seperti Galaxy Buds 2 atau Galaxy Buds Pro. Area sentuh ini dapat digunakan untuk mengontrol musik, panggilan, ANC, dan Ambient Sound dengan berbagai kombinasi ketukan.

Berkat desain ergonomis yang inovatif, Galaxy Buds FE cocok bagi para milenial dan Gen Z yang aktif dan suka olahraga maupun beraktivitas di luar ruangan. Apalagi, saat ini banyak orang yang workout di gym, lari, ataupun bersepeda sambil mendengarkan musik favorit lewat TWS yang sama sekali tidak mengganggu aktivitas olahraga.

Pengoperasian

tws galaxy buds fe

Proses pemasangan dan penyambungan Samsung Galaxy Buds FE ke perangkat mobile sangat mudah, apalagi kalau sesama Samsung. Saat earbuds dikeluarkan dari case dan dipasang ke telinga, notifikasi koneksi earbuds berupa pop-up akan secara otomatis muncul di ponsel.

Kita tinggal menghubungkannya saja untuk mengaktifkan dan menghubungkan Samsung Galaxy Buds FE. Jika pop-up notifikasi tidak muncul di tampilan layar, kita bisa menghubungkan secara manual melalui pencarian koneksi Bluetooth.

Samsung Galaxy Buds FE juga mendukung kontrol sentuh. Touch control ada di tiap earbud dengan posisi di area bagian luar. Sentuh sekali untuk memutar lagu/pause dan menghentikan fitur baca notifikasi (Bixby). Sentuh dua kali untuk mainkan lagu berikut, dan jawab atau akhiri panggilan telpon.

earbuds buds fe

Sentuh tiga kali untuk memainkan lagu sebelumnya. Sentuh dan tahan beberapa saat untuk mengaktifkan preset, atau menolak panggilan masuk. Juga bisa memanfaatkan area sentuh untuk mengatur volume. Selain itu, pengguna juga bisa mengatur semua fungsi sentuh melalui aplikasi Galaxy Wearable.

Kita juga bisa memanfaatkan aplikasi Galaxy Wearable untuk melakukan sejumlah pengaturan Buds FE. Mulai dari yang paling awal, mengkoneksikannya hingga mengatur profile audio.

Salah satu fitur unggulan dari Samsung Galaxy Buds FE adalah Active Noise Cancellation (ANC), yang dapat menghilangkan suara bising dari luar secara aktif dengan menggunakan mikrofon eksternal. ANC ini dapat diaktifkan atau dinonaktifkan dengan mengetuk dan menahan area sentuh pada earbuds selama beberapa detik. Kita juga dapat mengatur tingkat ANC melalui aplikasi Galaxy Wearable di smartphone.

samsung wearable galaxy buds fe

Baterai

Ketahanan baterai TWS penting supaya pengguna bisa melakukan berbagai aktivitas tanpa perlu sering mengisi daya. Terlebih selain untuk menelepon dan mendengarkan musik, earbuds juga kerap digunakan untuk streaming film dan series ataupun main game. Menariknya, Galaxy Buds FE hadir dengan ketahanan baterai paling lama dari seluruh lini Galaxy Buds yang pernah ada untuk menemani pengguna berjam-jam nonstop.

Samsung Galaxy Buds FE mengusung ketahanan baterai hingga 8,5 jam saat digunakan secara aktif tanpa menyalakan ANC. Kamu pun bisa mendapatkan waktu pemakaian hingga 30 jam ketika mengecas earbuds dalam case.

Bahkan, ketika kamu mengaktifkan fitur ANC, Galaxy Buds FE tetap mampu menawarkan daya tahan baterai yang optimal. Galaxy Buds FE memiliki ketahanan baterai hingga 6 jam saat ANC aktif. Total, kamu akan mendapatkan waktu pemakaian hingga 21 jam saat mengaktifkan ANC pada Galaxy Buds FE sebelum kamu harus mengecas case.

Samsung Galaxy Buds FE desain

Untuk mengisi daya earbuds dan case, kamu harus menggunakan kabel USB-C yang disertakan dalam paket penjualan. Proses pengisian daya membutuhkan waktu sekitar 1 jam untuk earbuds dan sekitar 2 jam untuk case. Kamu juga dapat menggunakan fitur fast charging yang dapat memberikan daya sekitar 1 jam pemakaian hanya dengan mengisi daya selama 10 menit.

Cuma satu hal yang mungkin disayangkan, yakni case tidak mendukung pengisian daya nirkabel, tapi ini bukan masalah besar bagi saya. Bahkan, smartphone pun sangat jarang mengisi daya secara nirkabel. Lebih nyaman mengisi dengan kabel, karena jauh lebih cepat.

Fitur dan Kualitas Audio

tws samsung galaxy buds fe

Samsung Galaxy Buds FE memiliki kualitas audio yang cukup baik untuk earbuds seharga Rp1,399 juta. Earbuds ini mengusung teknologi Active Noise Cancellation (ANC) yang powerful dalam meredam suara-suara bising yang ada di sekitar kita, seperti kendaraan yang lalu-lalang.

Selain itu, ada Ambient Sound yang memungkinkan pengguna tetap bisa aware dengan kendaraan sekitar ketika kita harus menyebrangi jalan dengan nyaman tanpa perlu melepas earbuds. Fitur ini dapat memperkuat suara dari sekitar agar kita tetap dapat mendengar suara penting seperti percakapan atau pengumuman. Ambient Sound dapat diaktifkan atau dinonaktifkan dengan cara yang sama seperti ANC. Kita juga dapat mengatur volume Ambient Sound melalui aplikasi Galaxy Wearable.

Earbuds ini hanya menggunakan driver tunggal yang dapat menghasilkan suara yang jernih, seimbang, dan memiliki bass yang lumayan. Walau mungkin kurang mampu menghasilkan suara yang detail dan kaya di frekuensi tinggi dibanding jika driver ganda.

Kualitas suara dapat ditingkatkan lagi dengan menggunakan equalizer yang tersedia di aplikasi Galaxy Wearable. Kita dapat memilih salah satu dari empat mode equalizer, yaitu Normal, Bass Boost, Soft, dan Dynamic.

Samsung Galaxy Buds FE

Galaxy Buds FE juga memiliki kualitas panggilan yang baik berkat mikrofon internal dan eksternal yang dapat menangkap suara dengan jelas dan mengurangi suara bising dari luar. Kita juga dapat mendengar suara sendiri saat berbicara melalui fitur Sidetone, yang dapat diatur melalui aplikasi Galaxy Wearable.

Galaxy Buds FE juga mendukung seamless connectivity dari Galaxy Ecosystem, yang memungkinkan untuk beralih dengan mudah antara perangkat Samsung yang berbeda tanpa harus memutuskan koneksi Bluetooth secara manual. Misalnya, Anda dapat beralih dari mendengarkan musik di smartphone ke menonton video di tablet hanya dengan membuka aplikasi media pada tablet. Fitur ini sangat praktis bagi Anda yang memiliki banyak perangkat Samsung.

Kesimpulan

Samsung Galaxy Buds FE

Samsung Galaxy Buds FE adalah earbuds TWS yang menawarkan fitur-fitur premium dengan harga terjangkau. Dengan Rp1,399 juta, kita dapat mendapatkan earbuds dengan desain wingtip yang nyaman dan stabil, ANC dan Ambient Sound yang efektif, baterai yang tahan lama, dan seamless connectivity dari Galaxy Ecosystem. Kualitas audio dan panggilan juga cukup memuaskan untuk kebutuhan sehari-hari.

Galaxy Buds FE cocok bagi yang mencari earbuds TWS murah namun berkualitas dari Samsung. Meskipun ada beberapa kompromi seperti tidak adanya pengisian daya nirkabel dan driver tunggal, Galaxy Buds FE tetap memberikan pengalaman mendengarkan yang menyenangkan.

Jika tertarik untuk membeli Samsung Galaxy Buds FE, kamu dapat memesannya melalui situs resmi Samsung atau toko online terpercaya.

Spesifikasi Samsung Galaxy Buds FE

Dimensi Earbud: 19.2 x 17.1 x 22.2 mm

Case: 50.0 x 50.0 x 27.7 mm

Berat Earbud: 5.6 g

Case: 40 g

Battery Kapasitas: 479 mAh

Audio Playback: 8.5/30hr(ANC Off), 6/21hr(ANC On)

Talktime: 4/14hr(ANC Off), 3.5/13hr(ANC On)

Sensor Hall Sensor,Proximity Sensor,Touch Sensor
Konektivitas Bluetooth v5.2, A2DP,AVRCP,HFP

Autoswitch

Audio video MIC : 6

Speaker : Custom 1-way

Audio Codec : SSC (Samsung Scalable Codec),AAC,SBC

Fitur –      Ambient Sound

–        Active Noise Cancellation-        SmartThings Find-        Bixby Voice Wake-up

Harga Rp1.399.000

Artikel berjudul Review Samsung Galaxy Buds FE: TWS Ekonomis Fitur Premium yang ditulis oleh Bambang Dwi Atmoko pertama kali tampil di Gizmologi



from Gizmologi https://ift.tt/iG5dbwe
via IFTTT