Jakarta, Gizmologi – Aplikasi asistensi bahasa Inggris Grammarly akan menyudahi layanan editor terpisah untuk desktop di Windows dan Mac. Keputusan menutup layanan berlaku mulai tanggal 1 Januari 2024 mendatang. Nantinya para pengguna dapat meneruskan fungsi editor lewat akses di web browser.

Dari rilis resmi diungkapkan bahwa alasan perusahaan menyudahi layanan aplikasi di desktop karena ingin fokus pada layanan produk lainnya. Salah satunya ialah lewat keberadaan fitur produk Artificial Intelligence (AI) yang sudah mulai digunakan.

Menyusul penutupan ini, pengguna aplikasi di desktop tidak perlu khawatir terhadap data miliknya. Semua data masih dapat dilihat dan diakses melalui app.grammarly.com. Pengguna internet yang menggunakan seperti Chrome, Safari, Firefox dan Edge dapat memanfaatkan browser extension untuk tetap menggunakan aplikasi ini.

Selain itu, pengguna juga dapat mengakses menggunakan fitur mobile melalui iOS ataupun Android, yang di dalamya menyediakan fitur editor ditambah dengan keyboard khusus Grammarly.

Grammarly telah hadir sejak tahun 2009 untuk kemudian meraih popularitas karena fiturnya dibutuhkan banyak orang. Aplikasi ini menjadi asisten penulisan berbasis cloud yang membantu pengguna dalam bahasa Inggris seperti spelling, grammar, punctuation, dan sebagainya. Selain itu juga ada fitur untuk menemukan gaya berbahasa, intonasi hingga konteks dalam kalimat.

Baca juga: Terima Feedback, Discord Update Layanan Versi Mobile

Fitur AI dalam Aplikasi Grammarly

Grammarly
Fitur AI memudahkan kamu menyusun bio dan posting di LinkedIn menggunakan bahasa Inggris.

Pemanfaatan teknologi AI menjadi perkara yang sulit dielakkan terutama untuk sistem aplikasi digital. Grammarly termasuk yang memutuskan untuk menjadikan AI sebagai pelengkap fitur dalam aplikasi mereka. Di antaranya untuk membantu memudahkan pengguna dalam berkreasi.

AI Generatif dalam aplikasi ini dapat dimanfaatkan untuk menyusun teks dan menghubungkannya secara langsung dengan aplikasi lain seperti Gmail, Google Docs, Microsoft Word, LinkedIn, dan lain sebagainya. Pengguna dapat menggunakan fitur AI di Grammarly lewat dengan mengakses icon ‘lampu ide’ dilanjutkan menyusun prompt.

Beberapa fitur AI untuk dimanfaatkan dalam Grammarly antara lain:

  • Compose. Pengguna dapat menyusun prompt AI untuk memintanya menyusun teks sesuai arahan.
  • Rewrite. Fitur ini memudahkan pengguna mengkostumisasi model tone, kejernihan, dan panjang teks yang akan dibuat dengan mudah.
  • Personalize. Fungsi AI pada suara dapat membuat pengguna melakukan personalisasi berdasarkan preferensi suara yang dikehendaki.
  • Reply. Membalas email menggunakan fitur AI dapat memudahkan tugas pengguna sehingga tidak perlu lagi menyusun kalimat yang tepat. Dan ini bisa dilakukan sesuai konteks yang diinginkan.
  • Ideate. AI juga dapat membantu pengguna menyusun outline atau draft dari ide-ide yang dimiliki.

Pemanfaatan segala fitur dalam aplikasi tentu saja akan dikenai biaya berlangganan. Aplikasi ini menawarkan biaya untuk versi Premium senilai US$12 per bulan. Sementara versi Business dihargai US$15 per bulan per orang. Salah satu kelebihan jika berlangganan adalah memperoleh asistensi AI untuk prompt yang diinginkan.

Artikel berjudul Grammarly Akan Tutup Layanan Editor di Desktop, Awal Januari 2024 ! yang ditulis oleh Ronggo pertama kali tampil di Gizmologi



from Gizmologi https://ift.tt/xCIlGZt
via IFTTT