Jakarta, Gizmologi – Apple baru saja menggulirkan pembaruan perangkat lunak iOS 17.2 untuk sejumlah seri smartphone-nya yang kompatibel. Ini adalah software update yang membawa cukup banyak perubahan kecil, termasuk beberapa peningkatan yang membuat penggunaan sejumlah aplikasi di dalamnya semakin menyenangkan, mulai dari AirDrop sampai Apple Music.

Tidak hanya itu, iOS 17.2 juga membawa fitur baru dan peningkatan kamera untuk iPhone 15 Pro Series, flagship terbaru Apple yang sudah resmi dijual di Tanah Air pada beberapa pekan lalu. Selain iOS 17.2, Apple juga menggulirkan iPadOS 17.2 yang bisa diunduh secara langsung untuk semua pengguna iPad mulai dari generasi keenam hingga yang lebih baru.

iOS 17 sendiri pertama kali diperkenalkan sejak gelaran WWDC 2023. Ketika pertama kali hadir resmi, software terbaru iPhone satu ini cukup banyak dikeluhkan akibat beberapa bug yang membuat iPhone lebih cepat panas dan boros daya. Setelah mulai ada perbaikan lewat iOS 17.1, apakah bakal jadi semakin optimal di iOS 17.2?

Baca juga: Apple Pencil USB C Akhirnya Dirilis, Harga Justru Paling Murah

Hadirkan Aplikasi Journal & Widget Baru

Apple Journal iOS 17.2

Ada sebuah aplikasi yang diperkenalkan pada saat pengenalan iOS 17, namun baru hadir di iOS 17.2. Aplikasi tersebut adalah Journal, yang sesuai namanya, merupakan sebuah jurnal untuk meningkatkan kualitas kesehatan mental para penggunanya, terintegrasi dengan aplikasi kesehatan bawaan iOS milik Apple. Bisa diakses secara gratis, meski belum ada informasi apakah bakal tersedia juga di perangkat lain seperti iPad maupun Mac.

Apple juga permudah penggunaan Apple Music, di mana lagu-lagu yang sudah kamu sukai, bakal muncul dalam sebuah playlist “Favorite Songs”, mirip playlist “liked songs” milik Spotify. Sayangnya, fitur kolaborasi playlist masih belum ada. Terkait suara, nada notifikasi default juga bisa diubah lewat menu Settings – Sounds & Haptics – Default Alerts.

iOS 17.2 translate action button
Opsi translate pada action button di iOS 17.2 (via MacRumours)

Untuk berkirim pesan, iOS 17.2 memungkinkan kamu untuk menambahkan respon pada chat iMessage dengan stiker lebih mudah, hanya dengan menekan dan menahan chat. Juga ada tambahan tombol panah yang bisa dimanfaatkan sebagai pintasan untuk “lompat” ke chat yang belum terbaca.

Beberapa peningkatan lain ada pada opsi widget jam dan cuaca baru, opsi translasi suara langsung untuk Action Button milik iPhone 15 Series, serta peningkatan pada AirDrop. Di mana selain kontak, kamu bisa mengirim informasi lain seperti tiket film, boarding pass dan lainnya hanya dengan menempelkan dua iPhone yang kompatibel.

Kamera iPhone 15 Pro Bisa Rekam Spasial di iOS 17.2

iPhone 15 Pro

Seperti software update pada umumnya, iOS 17.2 bisa kamu unduh secara langsung lewat menu Settings – General – Software Update bila memang belum muncul secara otomatis. Pengguna iOS 17.1.2 versi sebelumnya rata-rata bakal membutuhkan data sekitar 1,2GB untuk mengunduhnya, serta ruang memori yang cukup demi proses update yang lancar.

Sama seperti iOS 17, iOS 17.2 kompatibel untuk iPhone rilisan 2018, alias iPhone Xs & Xr ke atas. Meski begitu, sejumlah fitur atau pembaruan hadir khusus untuk beberapa seri saja. Termasuk peningkatan kualitas kamera yang hanya hadir ke iPhone 15 Pro & 15 Pro Max.

Peningkatannya fokus kepada pembuatan video dan sensor telefotonya. Pengguna iPhone 15 Pro Series bakal mulai dapat merekam video spasial atau Spatial Video lewat iOS 17.2, di mana video yang dihasilkan memiliki efek kedalaman khusus, untuk dapat dilihat lewat Apple Vision Pro dengan efek tiga dimensi. Apple sebutkan bila satu menit durasi video spasial menghabiskan sekitar 130MB.

Sensor telefotonya juga bakal bisa mengambil fokus lebih cepat untuk obyek yang lebih kecil di jarak lebih jauh. Seperti yang kita tahu, iPhone 15 Pro Max menggunakan sensor telefoto jenis baru dengan 5x optical zoom. Sehingga wajar bila Apple masih bisa menyempurnakan sensor baru tersebut.

Artikel berjudul iOS 17.2 Hadirkan Fitur Journal & Sempurnakan Kamera iPhone 15 Pro yang ditulis oleh Prasetyo Herfianto pertama kali tampil di Gizmologi



from Gizmologi https://ift.tt/YnBjGru
via IFTTT