Jakarta, Gizmologi – Kemunculan trailer Grand Theft Auto atau GTA VI pada awal Desember lalu bukanlah akhir kepastian dari Rockstar Games kepada publik yang menanti sekuel itu sekian lama. Nyatanya trailer tersebut justru menjadi awal kehebohan lain dari game tersebut, seperti rekor penonton Youtube sampai tertangkapnya leaker deretan foto resmi dari developer.

Baru-baru ini seorang bernama Arion Kurtaj resmi ditetapkan kepolisian Inggris sebagai tersangka dalam kasus pembobolan data game kepada publik. Kurtaj yang berusia 18 tahun disinyalir menjadi bagian dari Lapsus$, nama dari sebuah kelompok hacker internasional. Dalam aksinya, Kurtaj berhasil mendapatkan 90 klip yang belum dirilis secara resmi.

Bahkan dikutip dari BBC, setelah dilakukan pemeriksaan oleh dokter, Kurtaj ternyata didiagnosis memiliki autisme. Sehingga pada akhirnya dia pun mendapat perawatan sekaligus penahanan di rumah sakit seumur hidup kecuali ada keputusan bahwa dirinya tidak lagi berbahaya bagi publik.

Hal yang membuat tercengang ialah bagaimana ia melakukan prosesi pembobolan data GTA VI yakni menggunakan TV hotel, telepon selular, dan Amazon Fire Stick. Aksi Kurtaj terhadap Rockstar Games bukanlah yang pertama kali dia lakukan. Sebelumnya dia juga pernah melakukan penyerangan terhadap data Nvidia, Microsoft, dan Samsung.

Baca juga: 17 Game Gratis Dari Epic Games Store, Cuma di Bulan Ini!

GTA VI Pecahkan Rekor Viewers di Youtube Rockstar Games

gta vi
Tanpa leaker, kita belum tentu tahu gameplay GTA VI lebih awal.

Aksi pembobolan data oleh Kurtaj mungkin memberi kebahagiaan kepada publik maupun fans GTA VI untuk segera mendapatkan kepastian mengenai sekuel tersebut. Tapi Rockstar Games justru perlu merogoh kocek senilai US$5 juta untuk menangani kasus tersebut. Termasuk memperbaiki sistem keamanan mereka agar tidak perlu lagi ada kebocoran di masa mendatang.

Game GTA VI sendiri direncakan rilis pada tahun 2025 mendatang. Masih ada cukup waktu untuk melakukan pengembangan hingga game ini matang dilempar ke pasaran. Dengan optimisme bahwa game ini akan laku besar. Salah satu indikasinya ialah antusiasme publik untuk melihat trailer pertama game.

Ya, game ini berhasil mencatatkan rekor penonton di Youtube Rockstar Games dengan angka 93 juta viewers dalam 24 jam pertama waktu rilisnya. Mengalahkan rekor Mr.Beast dengan 52 juta viewers lewat video “$1 vs $250,000 Vacation!”. Hingga tulisan ini dibuat, total viewers sudah mencapai 157 jutaan. Itu baru dari kanal Rockstar Games saja dan belum dari kanal video game lain yang banyak bertebaran di Youtube.

Jika semuanya ditotal, mungkin bisa mencapai angka 300 juta viewers untuk informasi terkait GTA VI saja, baik dari trailer, video reaksi, maupun  prediksi yang dibuat. Luar biasa!

Artikel berjudul Kehebohan GTA VI, Leaker Autis Tertangkap Polisi Hingga Pecahkan Rekor Youtube! yang ditulis oleh Ronggo pertama kali tampil di Gizmologi



from Gizmologi https://ift.tt/6Y1m3Oj
via IFTTT