Jakarta, Gizmologi – Dalam setiap periode tertentu, sejumlah lembaga riset umumnya merilis hasil penilaian kualitas jaringan seluler yang tersedia di Indonesia. Pada akhir tahun 2023 ini, giliran Opensignal yang merilis hasil uji dari lima operator seluler Indonesia. Di mana masing-masing memiliki keunggulannya tersendiri.

Melalui laporan terbarunya yang dipublikasikan pada pekan ini (20/12), Opensignal menganalisa pengalaman jaringan seluler secara keseluruhan dari semua pengguna jaringan di Indonesia, yang terbagi dalam lima operator yakni 3, Indosat, Smartfren, Telkomsel, dan XL. Dari pengujian yang dilakukan dalam periode 90 hari mulai 1 Agustus lalu, ditemukan sejumlah temuan menarik dari masing-masing operator.

Hasil riset Opensignal ini juga bisa digunakan sebagai acuan apakah sebuah operator berhasil memberikan peningkatan kualitas jaringan seluler terhadap para konsumennya. Termasuk dengan penambahan jaringan BTS, hingga perluasan cakupan area 4G maupun 5G, termasuk dengan menghapus jaringan 3G demi mengakomodir kebutuhan akses internet yang lebih baik. Apakah juaranya adalah operator pilihan Gizmo friends?

Baca juga: Kominfo Siapkan Insentif 5G, Biar Internet Indonesia Ngebut

Telkomsel Mendominasi Peringkat Unggul Jaringan Seluler

Mikrofon
Ilustrasi (foto: pixabay/terimakasih0)

Dari riset terbaru Opensignal, ditemukan bila operator Telkomsel tetap unggul dalam hal kecepatan jaringan, baik unduh (download) maupun unggah (upload), dengan nilai masing-masing rata-rata 26,1Mbps dan 11,1Mbps. Kecepatan unduh Telkomsel selisih 3,3Mbps lebih cepat dari pengguna XL, yang menduduki posisi kedua. Tidak hanya itu, pengguna operator Telkomsel juga merasakan pengalaman video on-demand maupun live paling memuaskan dengan koneksi selulernya.

Wajar saja, mengingat dua jenis konten tersebut sangat membutuhkan kecepatan internet, selain sejumlah faktor lain seperti latensi. Menariknya, untuk bagian pengalaman video on-demand dan live terbaik, yang menempati posisi kedua bukanlah XL, namun 3 dengan selisih skor lebih rendah. Bagaimana untuk cakupan terbaik? Opensignal juga tetap memberikan juara kepada Telkomsel.

riset opensignal desember 2023

Seperti yang terlihat pada metrik di atas, Telkomsel mendapatkan skor tertinggi dari para penggunanya dalam hal pengalaman yang diterima ketika melakukan perjalanan di area yang diharapkan bakal tetap mendapatkan jaringan seluler, dengan skor 8,54 dari 10 poin. Baik 3 dan Indosat IOH sama-sama menduduki posisi kedua di 4,76 poin, sementara Smartfren menjadi yang paling bawah dengan skor tidak sampai setengahnya dari penempat posisi ketiga yakni XL.

Selain tingkat kepuasan pengalaman, lain lagi dengan ketersediaan. Kelima operator mampu meraih skor lebih dari 95% dalam hal proporsi waktu tertinggi untuk tetap terhubung ke sinyal seluler. Namun begitu, Smartfren menjadi yang paling unggul dengan skor 98,8%. Salah satu faktor penyebabnya karena Smartfren menjadi operator yang secara eksklusif berada dalam jaringan 4G.

Merger 3 & Indosat Torehkan Dampak Positif

Integrasi Jaringan Indosat jelang Idul Fitri

Bagaimana dengan operator yang memiliki kualitas aplikasi suara over-the-top terbaik? Mengingat selain dalam bentuk teks, kini panggilan suara bisa melalui sambungan internet, maupun kirim pesan suara dalam bentuk voice note seperti melalui WhatsApp dan Facebook Messenger. Yang unik, 3 menjadi satu-satunya operator di Indonesia yang berhasil meraih peringkat baik dengan skor 80,2 poin. Sementara keempat operator lainnya memiliki skor berkisar 78,9% hingga 79,8%.

Dua operator lainnya mendapatkan peringkat terbaik untuk bagian yang juga berbeda. Yakni XL sebagai operator yang mampu memberikan kualitas pengalaman bermain game multiplayer terbaik dengan peningkatan kualitas tertinggi. Sementara Indosat IOH masih tidak terkalahkan dalam hal kualitas konsisten. Di mana penggunanya merasa cukup puas ketika menjalankan beragam aplikasi seluler yang umum diakses lewat smartphone. Termasuk panggilan video maupun mengunggah gambar ke media sosial.

Opensignal juga menyampaikan bila merger antara dua operator Indonesia, 3 dan Indosat telah memberikan dampak positif pada pengalaman jaringan seluler penggunanya masing-masing. Selain itu, usulan merger antara dua pemain terkecil di Indonesia, XL dan Smartfren yang muncul sejak 2021, kini kembali dibahas. Diharapkan oleh Kemenkominfo dalam menghasilkan pemanfaatan spektrum seluler lebih efisien.

Artikel berjudul Riset Opensignal: Kecepatan Internet Telkomsel Paling Kencang, Indosat IOH Paling Konsisten yang ditulis oleh Prasetyo Herfianto pertama kali tampil di Gizmologi



from Gizmologi https://ift.tt/ilrF6kp
via IFTTT