Jakarta, Gizmologi – Beberapa pekan lalu, Intel telah mengumumkan jenis prosesor terbarunya yang siap hadir pada sejumlah PC maupun laptop di masa mendatang. Dan menjelang CES 2024, Lenovo curi start dengan memperkenalkan duo Lenovo ThinkPad X1 terbaru sekaligus IdeaPad Pro 5i dengan prosesor Intel Core Ultra.

Masing-masing adalah Lenovo ThinkPad X1 Carbon yang dikenal sebagai varian flagship dengan bodi tipis nan ringan, serta ThinkPad X1 2-in-1 dengan layar konvertibel. Keduanya sama-sama sudah membawa standar platform Intel Evo, dan membawa dukungan akselerasi AI khusus untuk memberikan pengalaman baru demi efisiensi lebih baik ketika bekerja dan bermain.

Menurut Jerry Paradise, VP Commercial Portofolio & Product Management, Lenovo Intelligent Devices Group, inovasi PC AI telah menjadi semangat perusahaan dalam merilis produk terbaru. “Laptop Lenovo ThinkPad X1 terbaru akan mengubah pengalaman pengguna dalam bekerja dan berinteraksi melalui kecepatan dan kecerdasan AI baru yang ditenagai oleh prosesor Intel Core Ultra.”

Baca juga: Lenovo ThinkBook Twist, Laptop Dua Layar Rp30 Jutaan Hadir Menyambut Tahun 2024

Keunggulan Lenovo ThinkPad X1 Series Terbaru

Lenovo ThinkPad X1 Series Intel Core Ultra 103

Baik Lenovo ThinkPad X1 Carbon 12th Gen dan ThinkPad X1 2-in-1 9th Gen memiliki spesifikasi yang kurang lebih sama, hanya berbeda form factornya saja, di mana seri X1 Carbon memiliki bobot ringan mulai 1,09 kilogram dengan ketebalan perangkat kurang dari 15mm. Memiliki layar 14 inci dengan Narrow Bezel display, serta opsi panel hingga 120Hz dengan resolusi 2.8K OLED touch. Dipasangkan bersama sistem audio yang diperkuat efek Dolby Atmos.

Untuk konektivitas terbaik dan pendukung sistem kerja work from anywhere, Lenovo ThinkPad X1 Series terbaru hadir dengan opsi webcam hingga resolusi 8MP yang terintegrasi dengan privacy shutter, opsi eSIM dan nano SIM, hingga jenis port variatif mulai USB-A, USB-C, serta HDMI full-sized. Lantas bagaimana dengan fitur kecerdasannya?

Lenovo ThinkPad X1 Series Intel Core Ultra 103

Dengan prosesor Intel Core Ultra yang sudah terintegrasi bersama Neural Processing Unit (NPU) khusus, aplikasi seperti Zoom, Microsoft Teams, Studio Effects, hingga Adobe Lightroom bisa memanfaatkan jenis prosesor terbaru ini agar aplikasi bisa berjalan secara lebih efisien, kencang, dengan daya lebih baik. Ditambah fitur Copilot yang tersedia di Windows 11, fitur AI untuk membantu pengguna laptop menyelesaikan pekerjaan lebih mudah.

Lenovo juga hadirkan fitur eksklusif ThinkPad pada jajaran Lenovo ThinkPad X1 terbaru. Mulai dari TrackPad 120mm yang lebih besar dengan tombol fisik, TrackPoint yang bisa berfungsi sebagai pintasan, hingga TouchPad Haptic berbasis kaca dengan haptic khusus sebagai opsi tambahan. Dan untuk manajemen termal serta konsumsi daya terbaik, hadir fitur Computer Vision di Lenovo Commercial Vantage.

Fitur tersebut membawa sejumlah kecanggihan tersendiri. Beberapa di antaranya seperti wake-on-approach yang membuat laptop otomatis menyala ketika mendeteksi wajah penggunanya, meredupkan monitor eksternal secara adaptif, sampai mengatur kualitas video pada webcam secara otomatis termasuk pada saat kondisi pencahayaan kurang.

Juga Hadirkan Laptop Konsumer dengan Intel Evo & Intel Core Ultra

Lenovo IdeaPad Pro 5i Intel Core Ultra 101-side

Selain Lenovo ThinkPad X1 Series terbaru, juga turut hadir Lenovo IdeaPad Pro 5i 16 inci yang menjadi laptop kelas konsumen pertama dengan Intel Evo berbasis prosesor Intel Core Ultra. Selain mengedepankan Intel AI, juga terdapat opsi GPU hingga NVIDIA GeForce RTC 4050 dengan TDP maksimum 115W, pas untuk para konten kreator.

Lenovo IdeaPad Pro 5i mengusung layar 14 & 16 inci dengan panel OLED yang mendukung cakupan warna 100% DCI-P3 dalam refresh rate 120hz. Selain membawa kamera IR FHD yang juga berfungsi sebagai sistem keamanan Windows Hello, juga disematkan baterai berkapasitas besar 84WHr, dan dapat terisi secara instan lewat teknologi Rapid Charge Express lewat port Thunderbolt 4. Hadir dalam warna Arctic Grey, dan memiliki bobot 1,46 kg (14 inci) hingga 1,95kg (16 inci).

Bagaimana dengan harga dan ketersediaannya? Untuk harga Lenovo ThinkPad X1 Carbon Gen 12, dibanderol mulai USD2,989 atau sekitar Rp46 jutaan. Sementara versi X1 2-in-1 Gen 2 mulai USD2,639 (Rp40 jutaan). Keduanya bakal mulai tersedia di Amerika Serikat pada Maret 2024 mendatang. Dan Untuk Lenovo IdeaPad Pro 5i 16 inci, sudah mulai tersedia dengan harga mulai USD1,149 (Rp17 jutaan).

Artikel berjudul Lenovo ThinkPad X1 Terbaru Hadir dengan Intel Core Ultra, Beri Pengalaman PC AI Terbaik yang ditulis oleh Prasetyo Herfianto pertama kali tampil di Gizmologi



from Gizmologi https://ift.tt/iIR4EWm
via IFTTT