Jakarta, Gizmologi – Paint Cocreator menjadi fitur AI generatif terbaru yang mengisi aplikasi Paint milik Microsoft. Aplikasi ini merupakan hasil kolaborasi dengan model AI bernama DALL-E. Seluruh pengguna dengan akun Microsoft nantinya dapat menjajal fitur di aplikasi bawaan sistem operasi Windows ini.

Model AI DALL-E mampu bekerja untuk menghasilkan gambar realistis dan berbeda mengandalkan perintah deskriptif yang dibuat pengguna. Tuliskan saja gambar yang diinginkan, semisal naga, kuda terbang, mobil balap, atau apapun, maka nantinya Cocreator akan membantu mewujudkannya langsung di dalam aplikasi Paint.

Akses penggunaan fitur Paint Cocreator juga sangat mudah. Melalui aplikasi Paint yang diperbarui, pengguna dapat langsung menemukan logo Cocreator di kanan atas di sebelah fitur Layers. Penulisan deskripsi serta pilihan gaya yang dikehendaki juga bisa langsung dipilih untuk hasil yang diharapkan.

Sayangnya sampai tulisan ini dibuat, Microsoft masih membatasi negara yang mendapat jatah fitur AI ini. Amerika Serikat, Perancis, Inggris Raya, Australia, Kanada, Italia, dan Jerman menjadi wilayah yang sudah bisa menikmatinya. Belum ada keterangan kapan wilayah lain akan mendapat update fitur Cocreator.

Para pengguna yang tertarik pun harus mengisi waiting list terlebih dahulu, menunggu antrian sebelum mendapat approval dari Microsoft. Sementara itu, bahasa yang digunakan pun masih terbatas pada bahasa Inggris saja.

Baca juga: Pengguna Windows 10 Sudah Bisa Gunakan Microsoft Copilot

Paint Cocreator Gunakan Sistem Kredit Poin

paint cocreator
Kreasi AI akan dibatasi kredit poin, mungkin agar perintah yang diberikan tidak asal-asalan.

Apabila pernah menggunakan fungsi AI pada Bing maka kita akan mendapati batasan penggunaan berdasarkan pada sistem poin. Poin ini akan habis ketika kita memberikan perintah dan mendapatkan hasil kreasi dari generatif AI. Dan cara mendapatkan poin baru bisa dilakukan dengan memanfaatkan fitur pencarian atau aplikasi lain dari Microsoft.

Konsep serupa ternyata juga diaplikasikan pada Paint Cocreator ini. Microsoft akan memberikan kredit 50 poin ketika pengguna pertama kali memanfaatkan fitur tersebut di dalam aplikasi. Kredit poin ini akan dapat dilihat di pojok kanan dalam tampilan aplikasi. Dan tentu saja akan berkurang ketika digunakan.

Belum diketahui bagaimana cara pengguna untuk mendapatkan poin lain dalam penggunaan aplikasi tersebut. Tapi sepertinya tidak akan jauh berbeda dengan apa yang terjadi pada Bing AI, dimana pengguna perlu untuk memanfaatkan aplikasi dan fitur bawaan milik Microsoft di perangkat mereka.

Microsoft juga begitu memerhatikan etika berkreasi dalam aplikasi Paint. Mereka telah menyematkan content filtering untuk memberikan batasan kreasi apa saja yang diperbolehkan. Pembatasan sederhana seperti gambar yang ofensif, tidak pantas, atau bertujuan memprovokasi tidak akan dibuat oleh sistem AI di sini.

Pengguna juga dapat memberikan feedback apabila menemukan visual hasil kreasi Paint Cocreator yang menjurus pada pelanggaran etika komunitas. Oh iya, seluruh kreasi visual yang dibuat tidak akan masuk dalam penyimpanan digital atau online, dan sepenuhnya jadi milik pengguna. Kecuali memang pengguna sendiri yang mengunggahnya ke penyimpanan online.

Artikel berjudul Microsoft Paint Cocreator, AI Generatif Baru untuk Mudahkan Pengguna Paint yang ditulis oleh Ronggo pertama kali tampil di Gizmologi



from Gizmologi https://ift.tt/om1vI7J
via IFTTT