Jakarta, Gizmologi – Samsung memang diketahui sedang menyiapkan flagship terbarunya yakni Galaxy S24 Series, dikabarkan bakal meluncur lebih cepat pada Januari 2024. Namun begitu, render Galaxy A55 justru sudah bermunculan. Memperlihatkan sejumlah perubahan pada segi desain, sekaligus mengindikasikan spesifikasi yang kurang lebih sama terutama pada sektor kamera.

Kehadiran render Galaxy A55 bisa jadi pertanda bila vendor asal Korea Selatan satu ini juga tengah menyiapkan sebuah penyegaran pada salah satu smartphone mid-range paling populer versi GSMArena tersebut. Di Indonesia sendiri, Samsung Galaxy A54 hadir dengan banderol harga Rp5 jutaan. Memberikan pengalaman flagship dengan jaminan pembaruan software yang cukup lama serta IP rating yang membuatnya tahan air.

Baca juga: 5 HP Populer di Awal Desember 2023, Ada Samsung Galaxy A54

Seperti render-render akurat sebelumnya, desain render Galaxy A55 kali ini hadir lewat OnLeaks yang bekerja sama dengan situs MySmartPrice. Dihadirkan beberapa foto dari sudut berbeda, termasuk sebuah video 3D yang menampilkan desain Galaxy A55 dari semua sisi. Apa saja yang membuatnya berbeda?

Desain Render Galaxy A55 Indikasikan Penggunaan Metal

Dari video di atas serta beberapa gambar yang diunggah di situs MySmartPrice, terlihat sejumlah perbedaan pada render Galaxy A55. Secara dimensi, disebutkan masih kurang lebih sama, dengan ketebalan sama persis yakni 8.2mm. Yang paling terlihat berbeda adalah sisi samping atau frame yang dibuat flat, membuatnya semakin menyerupai iPhone.

Tidak hanya itu, render Galaxy A55 juga mempertunjukkan garis antena di sisi samping—menandakan penggunaan material metal, alias naik dari plastik polikarbonat pada generasi sebelumnya. Di sisi sebelah kanan, juga terlihat sudut lekuk menarik khusus pada area tombol volume dan power. Belum pernah ada di smartphone Samsung yang sudah dirilis sebelumnya, dan mungkin bakal menjadi ciri khas baru.

render galaxy a55

Perbedaan kecil lain hanya terlihat di sisi bawah, di mana lubang speakernya kini hanya dibuat satu saja dan memanjang, alih-alih terdiri dari sejumlah lubang kecil. Sisanya, render Galaxy A55 masih terlihat kurang lebih sama. Mulai dari tampilan layar depan, sampai peletakan tiga sensor kamera belakang beserta lampu LED-nya.

Peletakan port USB-C dan slot kartu SIM juga masih dibuat sama persis, masing-masing di sisi bawah dan atas perangkat. Selain mengunggah render Galaxy A55, situs MySmartPrice juga sebutkan bocoran spesifikasi smartphone Samsung kelas menengah yang bakal meluncur dalam waktu dekat ini.

Bakal Punya Chipset Baru dengan GPU AMD

render galaxy a55

Dalam dimensi yang kurang lebih sama, disebutkan bila layar Galaxy A55 berukuran 6,5 inci. Ukuran tersebut sedikit lebih besar dibandingkan 6,4 inci pada Galaxy A54, sehingga bisa jadi ketebalan bezelnya bakal berkurang—sebuah hal yang banyak dikeluhkan oleh masyarakat saat ini. Selain ukuran, spesifikasinya masih sama dengan resolusi full HD+ dan refresh rate 120Hz.

Kamera depan 32MP, kamera belakang 50MP OIS + 12MP ultra-wide + 5MP macro, RAM 8GB dan penyimpanan internal hingga 256GB masih dibawa dari generasi sebelumnya. Begitu pula dengan kecepatan pengisian daya 25W yang kini sudah tergolong sedikit lambat bila dibandingkan dengan kompetitornya, terutama untuk mengisi daya baterai 5,000 mAh.

Namun yang baru adalah penggunaan cip seri terbaru, diduga merupakan Exynos 1480 yang belum diluncurkan secara resmi. Cip tersebut bakal membawa peningkatan performa, terutama membawa GPU AMD khusus yang bisa tingkatkan kemampuan grafis hingga pengolahan AI. Apakah harga Galaxy A55 bakal sama? Kita nantikan saja informasi resminya dalam beberapa pekan ke depan.

Artikel berjudul Render Galaxy A55 Tampilkan Desain Lebih Premium, Spesifikasi Masih Sama? yang ditulis oleh Prasetyo Herfianto pertama kali tampil di Gizmologi



from Gizmologi https://ift.tt/iBJIO37
via IFTTT