China, Gizmologi – Setelah rumornya sudah bermunculan sejak beberapa pekan lalu, akhirnya OnePlus mengadakan sebuah acara peluncuran di negara asalnya, demi memperkenalkan flagship terbarunya yakni OnePlus 12. Sekuel dari flagship yang tidak jadi hadir resmi di Indonesia tersebut membawa peningkatan yang cukup masif.

Seperti yang kita ketahui, kini hubungan antara OnePlus dan OPPO semakin erat. Hal tersebut membuat rilisan produk dari masing-masing brand memiliki ciri khas keunggulan yang dibagikan satu sama lain. Sebut saja OPPO Find N3 yang kini dilengkapi dengan alert slider, atau smartphone OnePlus yang ikutan menggunakan sensor kamera superior dengan campur tangan Hasselblad.

Lewat OnePlus 12, brand asal China satu ini mencoba menghadirkan lebih banyak keunggulan, termasuk beberapa fitur yang sempat ada di seri-seri sebelumnya namun sempat hilang di OnePlus 11. Tampilan eksteriornya sendiri masih cukup mirip, dengan sedikit perbedaan terutama pada peletakan lampu LED flash dan logo Hasselblad yang kini dibuat lebih minimalis.

Baca juga: OnePlus Open, Alternatif OPPO Find N3 Untuk Pasar Global

Kembali Mengusung Wireless Charging

OnePlus 12

Masih terkait eksterior, desain OnePlus 12 kini disempurnakan dengan tiga opsi warna baru, termasuk warna Emerald Green yang memiliki corak khusus di seluruh sisi bodi belakangnya. OnePlus 12 pun akhirnya kembali memiliki IP rating—meski bukan IP68 yang bisa menyelam, tetapi IP65 sudah cukup untuk membuat smartphone tahan dari siraman air yang kencang.

Untuk teknologi pengisian daya, OnePlus 12 mendukung 100W fast charging lewat kabel, dan akhirnya juga mendukung wireless charging hingga 50W (plus reverse wireless charging 10W untuk mengisi perangkat lain secara nirkabel). OnePlus juga mampu membuat kapasitas dua baterai di dalamnya meningkat, kini mencapai 5,400 mAh dan merupakan kapasitas terbesar di smartphone OnePlus saat ini.

OnePlus 12

Sejak generasi tahun lalu, kualitas kamera smartphone OnePlus sudah jauh lebih baik. Kali ini, kamera OnePlus 12 juga tentu bisa sangat bersaing dengan flagship rilisan 2024. Sensor utamanya kini gunakan jenis sensor baru yakni Sony LYTIA 808, serupa dengan yang digunakan pada OnePlus Open dengan layer ganda yang diklaim setara kualitas sensor 1 inci.

Sensor tersebut beresolusi 50MP f/1.7 dan sudah didukung oleh OIS. Sementara dua sensor lainnya adalah Sony IMX581 ultra-wide 48MP dengan autofokus, serta Omnivision 64MP telefoto OIS berjenis periscope yang bisa berikan 3x optical zoom maupun 6x lossless zoom.

Harga OnePlus 12 Mulai Rp9 Jutaan

OnePlus 12

Pada bagian layar OnePlus 12 mengusung dimensi yang cukup besar di 6,82 inci, gunakan panel jenis baru dari BOE yang bisa menyala hingga 4500 nits saat menampilkan konten HDR. Layar tersebut beresolusi QHD+, punya refresh rate adaptif 1-120Hz, dan punya standar tinggi untuk mencegah adanya emisi cahaya biru berlebih yang dapat membahayakan mata.

Dalam peluncurannya, OnePlus 12 juga didemokan bila layarnya tetap aman untuk digunakan meski di bawah cuaca yang sedang turun hujan. Dirilis akhir tahun, tentunya sudah mengusung cip Snapdragon 8 Gen 3, lengkap dengan opsi RAM hingga 24GB dan penyimpanan internal hingga 1TB. Opsi konektivitasnya pun sudah future-proof dengan dukungan Wi-Fi 7, sampai sensor inframerah yang masih ada.

Di negara asalnya, OnePlus 12 hadir dengan ColorOS 14, namun versi global bakal mengusung Oxygen 14 dan sama-sama berbasis Android 14. Harga OnePlus 12 sendiri dibanderol mulai CNY4,299 (Rp9,3 jutaan) untuk versi terendah dengan memori 12/256GB, hingga CNY5,799 (Rp12,5 jutaan) pada versi 24/1TB. Versi globalnya sendiri disebut bakal diluncurkan bulan Januari 2024 mendatang.

Artikel berjudul OnePlus 12 Bawa Sensor Sony LYTIA & Layar Hingga 4500 Nits yang ditulis oleh Prasetyo Herfianto pertama kali tampil di Gizmologi



from Gizmologi https://ift.tt/KFhoe4k
via IFTTT