Jakarta, Gizmologi – Sejak diluncurkan beberapa tahun lalu, Acer melalui lini Aspire Vero mencoba hadirkan lini perangkat yang lebih ramah lingkungan, mulai dari monitor hingga laptop. Dalam waktu dekat, Acer siap pamerkan seri laptop Aspire Vero 16 terbaru pada gelaran tahunan Consumer Electronics Show (CES) 2024.

Sebelum benar-benar memperkenalkannya secara gamblang, Acer mengumumkan komitmen perusahaan terhadap netralitas karbon untuk lini spesial tersebut. Nantinya, perangkat laptop terbaru Vero 16 (AV16-51P) bakal lebih disesuaikan dengan siklus pakai lebih lama demi upaya mengurangi jejak karbon. Di mana kredit karbon berkualitas tinggi bakal dimanfaatkan demi mencapai netralitas karbon.

Hal ini dipertegas oleh Jerry Kao, COO Acer Inc yang mengatakan bila produknya dirancang dengan mengutamakan visi ‘conscious technology’ demi membantu mengatasi tantangan yang disebabkan oleh perubahan iklim. “Perusahaan juga menegaskan komitmen untuk menggunakan 100% listrik terbarukan pada tahun 2035 mendatang, dan net-zero emissions di tahun 2050 dengan bergabung ke RE 100,” jelasnya lewat sebuah rilis yang diterima Gizmologi (8/12).

Baca juga: Intip Desain Laptop Acer Art-Painted One Piece, Dijual Terbatas

Kandungan Plastik Daur Ulang di Aspire Vero 16 Terbaru Lebih Tinggi

Acer Aspire Vero 16

Meski masih belum menyebutkan spesifikasi dan harga Acer Aspire Vero 16 terbaru, Acer telah mengumumkan sejumlah langkah baru atau peningkatan yang dibawa sebagai kontribusi lebih jauh pada pengurangan emisi. Membawa konsep eco-conscious, agar dapat mengurangi jejak karbon dari sisi manufaktur hingga pengemasan.

Pada produknya sendiri, Acer Aspire Vero 16 terbaru dibuat dengan kandungan plastik PCR (daur ulang) hingga 60%, naik dari sebelumnya yang hanya 30%. Bodi atau permukaan laptop tetap dirancang tanpa menggunakan material pewarna apa pun, dengan touchpad yang juga terbuat dari campuran plastik PCR di lautan, sama seperti generasi sebelumnya.

Acer Aspire Vero 16

Lalu pada komponen di dalamnya, Aspire Vero 16 terbaru bakal mendukung prosesor Intel Core Ultra terbaru yang lebih efisien daya. Dengan fitur tambahan seperti Intel AI Boost yang membawa neural processing unit (NPU) terintegrasi, performanya bakal naik dengan konsumsi daya yang juga dibuat lebih rendah.

Aspire Vero terbaru juga sudah dikemas dengan 100% kemasan daur ulang tersertifikasi dari FSC, dan perangkat sepenuhnya menggunakan baut standar untuk mempermudah proses perbaikan dan upgrade. Tak hanya itu, Acer ikut bermitra dengan perusahaan logistik yang menggunakan biofuel, untuk pengiriman berbagai produk untuk rute tertentu demi mengurangi emisi.

Siap Diungkap Penuh Pada Gelaran CES 2024

Acer Aspire Vero 16

Semua upaya yang dilakukan oleh Acer dilakukan untuk mengurangi emisi, menghasilkan kredit karbon berkualitas tinggi demi mencapai netralitas karbon. Informasi lebih lengkap terkait Acer Aspire Vero 16 bakal diungkap sepenuhnya pada gelaran CES 2024 yang bakal berlangsung di Las Vegas, Januari mendatang.

Saat ini, konsumen di Indonesia dapat membeli Acer Aspire Vero 14, sebagai salah satu laptop paling ramah lingkungan dengan performa tinggi dan harga terjangkau. Sudah tersertifikasi Intel Evo, membawa prosesor Intel Core i5-1335U dengan RAM 16GB dan penyimpanan berjenis SSD seluas 512GB. Kini dapat ditemukan di sejumlah e-commerce seharga Rp9 jutaan saja.

Dengan software khusus bernama VeroSense, pengguna dapat memilih empat profil berbeda mulai dari Performance hingga Eco+ untuk menghemat penggunaan energi, sekaligus membuat baterai laptop dapat bertahan hingga 12 jam. Laptop ini juga dirancang pas untuk bekerja di mana saja, lewat webcam beresolusi full HD dan mikrofon yang sudah mendukung AI Noise Reduction.

Artikel berjudul Perkuat Langkah Netral Karbon, Acer Siap Rilis Aspire Vero 16 Lebih Ramah Lingkungan yang ditulis oleh Prasetyo Herfianto pertama kali tampil di Gizmologi



from Gizmologi https://ift.tt/MEpbT6I
via IFTTT