Jakarta, Gizmologi – ASUS memang dikenal cukup banyak merilis seri laptop, tidak hanya pada lini premium Zenbook, namun juga beberapa tipe yang dihadirkan lewat lini Republic of Gamers (ROG). Menjadi yang terbaru, ASUS Indonesia memperkenalkan seri TUF Gaming A16 Advantage Edition (FA617). Hadir gunakan kombinasi CPU & GPU mutakhir dari AMD.

Dari namanya sendiri, sudah bisa dikenali kalau laptop gaming ASUS yang satu ini merupakan seri gaming kelas atas. Seri ASUS TUF dikenal dengan daya tahannya yang di atas rata-rata, sementara AMD Advantage merupakan sebuah standar khusus untuk sebuah laptop gaming premium. Bisa dibilang, bentuk lain dari platform Intel Evo khusus laptop dengan kemampuan grafis lebih tinggi.

Baca juga:Kisah ASUS 10 Tahun Bergelut Jualan Laptop di Indonesia, Dari Marketshare 1,5% Jadi 40% 

Diluncurkannya seri TUF Gaming A16 Advantage Edition juga merupakan wujud dari suksesnya penjualan laptop gaming ASUS di Tanah Air. Muhammad Firman, Head of Public Relations ASUS Indonesia memaparkan bila pasar laptop gaming premium masih terus tinggi. Khusus untuk laptop gaming harga lebih dari Rp20 juta, ASUS mendominasi khususnya untuk laptop layar 16 inci dengan angka persentase mencapai 38%. Melampaui Acer di 23% dan Lenovo di 21%.

TUF Gaming A16 Advantage Edition Jadi Laptop Gaming Tangguh Nan Efisien Daya

ASUS TUF Gaming A16 Advantage Edition (FA617)

Dalam sebuah kesempatan luring (16/3), dijelaskan bila ASUS TUF Gaming A16 Advantage Edition menjadi penerus dari seri TUF Dash F15 2022. Ada beberapa peningkatan utama yang dibawa. Selain dari CPU dan GPU, juga pada bagian layar, kapasitas baterai, serta dimensi. Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, TUF Gaming A16 Advantage Edition merupakan laptop AMD Advantage pertama dengan standar militer.

Lebih tepatnya, laptop ini telah berhasil mengantongi sertifikasi MIL-STD-810H, berhasil melalui berbagai pengujian ekstrem mulai dari uji ketahanan fisik, getaran, benturan, sampai suhu ekstrem. Dimensinya sendiri memiliki ketebalan di kisaran 2,21 – 2,68cm, dengan bobot yang relatif ringan di 2,2 kilogram saja.

ASUS TUF Gaming A16 Advantage Edition (FA617)

Yang menjadi nilai jual utama dari TUF Gaming A16 Advantage Edition tentunya ada pada bagian performanya. Laptop ini dibekali dengan kombinasi CPU AMD Ryzen 7 seri 7735SHS dengan GPU AMD Radeon RX7600S. Keduanya dirancang powerful sekaligus efisien, di mana CPU-nya sendiri gunakan konfigurasi 8 core 16 thread dengan arsitektur terbaru Zen 3+.

Selain performa tinggi, nilai jual lainnya adalah efisiensi daya. TUF Gaming A16 Advantage Edition diklaim bisa digunakan hingga 13,4 jam tanpa charger bila diperlukan. Pasalnya, laptop gaming ASUS satu ini juga dilengkapi iGPU AMD Radeon 680M yang sudah mumpuni untuk aplikasi harian, sementara CPU-nya memiliki base TDP sebesar 35W saja. Menjadi salah satu prosesor laptop gaming yang paling efisien.

Performa yang tinggi juga dipasangkan dengan sistem pendingin mutakhir, di mana TUF Gaming A16 Advantage Edition memiliki dua kipas Arc Flow, lima heat pipe bermaterial tembaga, serta heatsink yang memiliki fin dengan ketebalan 0,1mm. Jenis kipas sudah disesuaikan agar bisa dinginkan suhu perangkat dengan tingkat kebisingan minimal, sementara thermal coverage-nya sudah mencapai 45%.

Harga ASUS TUF Gaming A16 Advantage Edition Mulai Rp20 Jutaan

ASUS TUF Gaming A16 Advantage Edition (FA617)

ASUS TUF Gaming A16 Advantage Edition Hadir dalam dua opsi warna berbeda, yakni Off Black dan Sandstorm yang mendekati warna emas. Meski punya layar 16 inci, dimensinya tergolong kompak berkat rasio layar ke bodi mencapai 90% yang bisa dicapai lewat bezel-nya yang tipis. Da dua opsi panel yang bisa dipilih; FHD+ 165Hz, atau QHD+ 240Hz yang memenuhi standar AMD Advantage.

Layar TUF Gaming A16 Advantage Edition sendiri sudah menggunakan rasio 16:10 yang juga pas untuk para kreator konten. Laptop ini hadir dengan RAM 16GB DDR5 4800MHz, storage 512GB PCIe 4.0 NVMe M.2 SSD. Lalu untuk kebutuhan kerja modern, terdapat webcam 720p yang dipasangkan dengan dua mikrofon berteknologi AI noise-cancelling.

Baterai TUF Gaming A16 Advantage Edition sendiri berkapasitas cukup besar di 90Whr, dan tentunya sudah mendukung pengisian daya melalui port USB-C. Harga ASUS TUF Gaming A16 Advantage Edition sendiri dibanderol Rp20,299 juta untuk varian FHD+ 165Hz, dan Rp22,990 juta untuk varian QHD 240Hz yang sudah 100% standar AMD Advantage.

Artikel berjudul ASUS Luncurkan TUF Gaming A16 Advantage Edition, Pertama Berstandar Militer yang ditulis oleh Prasetyo Herfianto pertama kali tampil di Gizmologi



from Gizmologi https://ift.tt/VdDv4bR
via IFTTT