Jakarta, Gizmologi – Tren donasi digital kian diminati masyarakat, Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) mencatat total donasi digital yang disalurkan melalui GoPay mencapai Rp154 miliar pada 2022. Salah satu alasannya karena mudah dan bisa dilakukan tanpa ada batasan (seamless).

Managing Director GoPay Budi Gandasoebrata mengatakan masyarakat mengadopsi kebiasaan baru pada masa pandemi, termasuk untuk berdonasi secara digital. Tahun lalu, meski aktivitas berangsur normal, animo masyarakat terhadap donasi digital tercatat tinggi, terutama pada Ramadan.

“Sepanjang 2022, kami melihat BAZNAS merupakan salah satu lembaga amal zakat yang dipercaya dan banyak digunakan pengguna GoPay untuk berbagi kebaikan kepada sesama. Melalui donasi,zakat, infak, maupun sedekah,” imbuh Budi dikutip dari siaran pers, Jumat (31/3/2023).

Tingginya animo masyarakat untuk berdonasi digital kembali mengantarkan GoPay meraih penghargaan Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) sebagai Mitra Pengumpulan Zakat melalui Fintech Terbaik. Penghargaan Baznas Award yang diberikan pada 23 Maret 2023 ini merupakan yang keempat kalinya diterima GoPay sejak 2019.

Baca Juga: GoTo Catat Pertumbuhan Bisnis Finansial GoPay hingga Rp1,192 Triliun

Zakat dan Donasi Digital Lewat Gopay

Donasi Digital Lewat Gopay
Bayar Zakat dan donasi digital lewat Gopay

Ketua BAZNAS RI Prof. Dr. KH. Noor Achmad menegaskan bahwa donasi secara digital memegang peranan penting dalam membantu masyarakat. Adapun BAZNAS sebagai satu-satunya lembaga yang diresmikan pemerintah untuk melakukan pengelolaan zakat, mendukung modernisasi dan digitalisasi pengelolaan zakat nasional.

“Kami mengucapkan terima kasih kepada para muzaki di seluruh Indonesia. Zakat, infak, dan sedekah mereka dinantikan oleh masyarakat yang membutuhkan. Bertepatan dengan momen Ramadan, mari kita bersama-sama meningkatkan zakat kita yang kini semakin dipermudah dengan keberadaan platform terpercaya seperti GoPay,” tuturnya.

Dikatakannya, selama pandemi peningkatan masyarakat berinfak dan bersedekah begitu luar biasa. Bahkan angkanya melebihi 40 persen, dengan mayoritas berasal dari kalangan anak-anak muda.

Ke depan, pihaknya bersama GoPay melalui Gerakan Cinta Zakat Baznas akan terus membantu masyarakat mewujudkan kesejahteraan yang merata setelah masa pandemi dengan mengedukasi kemudahan donasi dan zakat digital.

Selain berdonasi, pengguna GoPay yang ingin membayar zakat dengan mudah di bulan Ramadhan cukup membuka fitur GoTagihan yang terdapat di aplikasi Gojek, pilih menu “Zakat” lalu masukkan jumlah yang ingin dibayarkan. Masyarakat juga dapat menyalurkan zakatnya via GoPay melalui 400 yayasan yang bekerja sama dengan GoPay.

 

Artikel berjudul BAZNAS Catat Tren Donasi Digital Lewat GoPay Capai Rp154 Miliar yang ditulis oleh Aditya Fajar pertama kali tampil di Gizmologi



from Gizmologi https://ift.tt/G5ip36I
via IFTTT