Jakarta, Gizmologi – Samsung Indonesia secara resmi hadirkan penawaran trio flagship mereka pada akhir Februari lalu. Membawa setup kamera yang superior hingga pembesaran zoom 100x, nantinya kualitas kamera Galaxy S23 Series bakal meningkat lewat pembaruan perangkat lunak (software update) yang sudah siap hadir.

Ini memang bukan pertama kalinya kualitas kamera smartphone Samsung meningkat setelah software update, terutama pada lini flagship-nya. Ketika pertama kali Samsung hadirkan smartphone dengan sensor beresolusi tinggi lewat Galaxy S20 Ultra, smartphone tersebut mengalami isu fokus yang cukup mengganggu. Isu tersebut baru mereda setelah Samsung menggelontorkan sejumlah pembaruan kepada para penggunanya.

Meski membawa setup sensor kamera yang sangat lengkap, kamera Galaxy S23 Ultra pun masih dikeluhkan oleh sejumlah pengguna. Salah satunya shutter yang kurang instan, di mana ketika tombol foto ditekan, kamera tidak langsung mengambil gambar alias terdapat jeda tertentu. Nantinya, isu tersebut bakal hilang, dengan sedikit konsekuensi.

Baca juga: Review Samsung Galaxy S23 Ultra: Flagship Android Terbaik (Awal) 2023

Kualitas Perekaman Video Juga Ditingkatkan

Kamera Samsung Galaxy S23 Ultra 5G

Informasi terkait software update yang bawa perbaikan kamera Galaxy S23 Series sendiri terbit langsung dari situs Samsung Community Korea. Seorang moderator resmi menginformasikan bila update tersebut termasuk ke dalam pembaruan yang hadir di bulan Maret—tentu ketersediaannya bisa berbeda di wilayah lainnya secara global, termasuk di Indonesia.

Memanfaatkan Google Translate, ada sejumlah penyesuaian maupun perbaikan yang dibawa untuk tingkatkan performa kamera Galaxy S23 Series. Terkait masalah delay pada shutter, nantinya ketika pengguna menekan tombol shutter, foto akan langsung diambil secara instan meski fokus belum berhasil didapat. Sebelumnya, kamera akan lakukan proses fokus lebih dulu, baru gambar akan berhasil diambil.

Namun bila pengguna masih inginkan sistem sebelumnya yang proses fokus lebih dulu, opsi untuk mengembalikannya bisa ditemukan lewat Camera Assistant. Samsung juga perbaiki bug di mana muncul garis-garis berwarna hijau di sisi kiri foto saat mengambil dengan kamera belakang. Noise pada langit dalam pencahayaan sedang ke rendah juga telah disesuaikan saat diambil dalam mode resolusi tinggi. Begitu pula dengan ketajaman gambar.

Sementara untuk video, kamera Galaxy S23 Series bakal bisa hasilkan perekaman lebih bagus ketika fitur Super Steady aktif. Ketika gunakan sensor ultra-wide, bakal muncul peringatan untuk mengambil pada kondisi pencahayaan cukup—mirip seperti notifikasi yang muncul saat rekam video dengan mode sinematik pada sejumlah iPhone terbaru. Stabilisasi gambar juga ditingkatkan dalam mode perekaman FHD 60fps dengan Auto FPS off.

Apakah hasil tangkapan gambarnya bakal ikutan meningkat secara keseluruhan? Kita nantikan saja kehadiran software update pada unit Galaxy S23 Series resmi Indonesia ya.

Kamera Galaxy S23 Series Ditingkatkan Oleh AI

Kamera Samsung Galaxy S23 Ultra 5G

Dibandingkan rilisan tahun lalu, sejatinya spesifikasi kamera Galaxy S23 & S23 Plus di atas kertas masih sama persis, kecuali kamera depannya yang gunakan sensor 12MP. Sementara untuk kamera Galaxy S23 Ultra, ada perubahan pada sensor utamanya. Gunakan sensor baru beresolusi 200MP dengan ukuran sensor lebih besar dan mendukung multi-directional PDAF.

Kamera Galaxy S23 Ultra bisa hasilkan foto dalam resolusi penuh, resolusi 50MP dengan penggabungan empat piksel individu menjadi 1 superpiksel, atau mode 12MP yang gabungkan total 16 piksel. Meski sensor lainnya sama, kualitas kameranya memiliki peningkatan yang cukup terlihat. Hal ini tentu bisa terjadi berkat penggunaan chipset yang punya ISP lebih baik, dan dengan algoritma software baru.

Peningkatan yang ada membuat kamera Galaxy S23 Series pas untuk abadikan beragam momen, termasuk menonton konser musik yang kini semakin banyak diadakan secara offline. Penasaran dengan bagaimana kualitas kamera Galaxy S23 Ultra saat digunakan untuk menonton konser? Yuk cek video My Gadget My Adventure berikut ini!

Artikel berjudul Kamera Galaxy S23 Series Bakal Semakin Baik Lewat Software Update Berikut Ini yang ditulis oleh Prasetyo Herfianto pertama kali tampil di Gizmologi



from Gizmologi https://ift.tt/vxLfTDQ
via IFTTT