Jakarta, Gizmologi – Memotret manusia, baik foto portrait maupun human interest, selalu menarik untuk dilakukan. Terlebih sebagian besar smartphone pun mendukung mode portrait. Namun menjadi tantangan tersendiri memotret night portrait, atau foto wajah di malam hari.

Pada dasarnya, salah satu tantangan besar dalam fotografi smartphone adalah kemampuan untuk mengambil gambar dalam kondisi malam atau minim pencahayaan dengan kualitas yang bagus. Cukup banyak pengguna smartphone yang mengeluhkan noise dan blur pada hasil gambar di malam hari. Termasuk ketika digunakan untuk memotret night potrait.

Baca juga: Mengabadikan Lanskap Taman Nasional Baluran dari Lensa Kamera Smartphone

Namun, stigma tersebut telah dipatahkan sejak kemunculan Kemampuan Nightography yang kian ditingkatkan kemampuannya pada Galaxy S23 Series 5G. Dengan Nightography, pengguna Galaxy S23 Series 5G bisa menikmati hasil gambar yang lebih cerah dan tajam, bahkan dalam kondisi low light.

Pada saat mengambil foto di malam hari menggunakan kamera smartphone, jumlah cahaya yang terperangkap sangat sedikit. Ini menyebabkan gambar menjadi lebih gelap dibandingkan pada siang hari atau di dalam ruangan. Tetapi, jika tingkat kecerahan pada foto ditingkatkan, maka akan menyebabkan munculnya noise, blur, dan warna yang kurang jelas.

Nightography pada Galaxy S23 memungkinkan foto-foto yang diambil pada kondisi cahaya rendah, seperti saat senja atau malam hari, menjadi lebih terang dan jelas tanpa mengorbankan kualitas foto dengan banyak noise atau kabur.Proses peningkatan kualitas foto ini sendiri kini mampu dijalankan dengan cepat berkat kehadiran chipset Snapdragon 8 Gen 2 for Galaxy melalui optimasi pada multi-frame pipeline dan akselerasi pada AI model.

Tips Foto Night Portrait dengan Galaxy S23 Series

Kamera Samsung Galaxy S23 Ultra 5G

Mengambil foto malam hari seperti night portrait cenderung lebih sulit dibanding siang hari. Hal ini salah satunya akan terasa ketika menentukan fokus pada gambar, di mana cahaya yang lebih minim membuat pemfokusan pada saat memotret di kondisi low light jadi lebih tricky ketimbang di siang hari.

Memahami hal tersebut, Samsung telah melengkapi fungsi kamera di Galaxy S23 Series 5G yang mendukung pemotretan di malam hari. Baik Auto, Night Mode, maupun Portrait bisa dipakai untuk memotret di kondisi low light. Namun jika ingin lebih memaksimalkan hasil, Pro Mode yang menawarkan pemfokusan yang lebih mudah, meski perlu pengaturan secara manual.

Menurut fotografer Gesit Wisnu Prakoso, terdapat berbagai teknik fotografi yang menarik digunakan untuk mengabadikan objek night portrait dalam kondisi low light, seperti silhouette portrait ataupun teknik foto low-key.

Kedua teknik fotografi ini sama-sama memanfaatkan sumber cahaya yang minim dalam kondisi lowlight. Bedanya silhouette portrait menangkap siluet dari objek, sementara low-key photography tak melulu harus menghasilkan gambar siluet. Namun, seperti kita capture foto di kondisi minim cahaya pada umumnya, memotret silhouette portrait maupun low-key photography memiliki tantangannya tersendiri, mulai dari penentuan angle, intensitas cahaya yang digunakan untuk mendapatkan efek siluet, hingga kemampuan dari perangkat yang digunakan.

“Low-key photography maupun silhouette portrait merupakan konsep foto yang menarik saat memotret dalam kondisi low light. Untuk mendapatkan silhouette portrait yang epic, hasil foto harus tajam dan minim noise sehingga latar belakang yang clear dan objek yang kita foto akan benar-benar terlihat smooth. Untungnya, Galaxy S23 Series 5G punya fitur Super Resolution Zoom yang memudahkan kita untuk mendapatkan komposisi gambar terbaik ketika ingin menangkap silhouette portrait,” kata Gesit saat ditemui di acara Earth Hour pekan lalu di kawasan Senayan, Jakarta.

Ia menambahkan, ada satu tips lagi yang bisa dimaksimalkan pengguna untuk mendapatkan fokus yang lebih tepat saat memotret dengan Galaxy S23 Series 5G, yaitu dengan menggunakan fitur Focus Enhancer. Jadi, ketika perangkat mendeteksi bahwa posisi kamera dengan objek yang akan difoto terlalu dekat, ikon Focus Enhancer akan muncul di bagian kiri bawah yang bisa langsung ditekan untuk diaktifkan.

Hasil Foto Night Portrait

Foto Night Portrait
Perbesaran 1 kali
oIvWpqf4raglUbzQ0Ryr6uwnrE3nsVdRjGH2MLkOpnYWIACi2Sl4deRRM LgpYhyvOMqiSON7FVEZ
Perbesaran 3x

bMwNm80LIQACAtO 1bJTJrOiSwqH8 l3ScugPLXHaWntyjLMeHTg

U6SZil8z631cRZfqA4ppppcRSO9BvN4o4VRfCIJP0Dbv1A35vVfFnJ1X JFZIlMlmBk 41i7Vlk8f4 yruQTYOs RdrkTbAkYkh8eaBorWLMnM1wG5KPwFDV25qzEUvbcAV8MtFVw=w2400

Human interest
JRu5E vDCuWxEUWg1N8pzr8fdDq0E1pwzIh54M
Memotret ojek online dengan teknik panning

Beberapa hasil foto night portrait dan human interest di malam hari menggunakan kamera Galaxy S23 Ultra bisa dicek di Google Photos

 

Artikel berjudul Tantangan Bikin Foto Night Portrait dengan Kamera Smartphone yang ditulis oleh Bambang Dwi Atmoko pertama kali tampil di Gizmologi



from Gizmologi https://ift.tt/IBC0Mn9
via IFTTT