Jakarta, Gizmologi – Banyak perusahaan lokal Indonesia yang mulai memprioritaskan tenaga kerja terampil agar mudah beradaptasi dan segera mengimplementasikan inisiatif transformasi digital. Berdasarkan laporan Q4 2022 Global Workplace Learning Skills Index, menunjukkan keterampilan digital meningkat pesat.

Menurut Head of Indonesia Market Udemy, Giri Suhardi mengungkapkan, banyak perusahaan lokal yang mencari pekerja profesional di bidang teknologi. Seiring dengan permintaan tersebut, Udemy telah memiliki total pembelajar aktif (active users) di Indonesia yang mencapai lebih dari 500.000 orang.

“Perusahaan-perusahaan di Indonesia mulai memaksimalkan saluran digital seperti situs web dan aplikasi (mobile app) untuk membangun visibilitas brand, meningkatkan pendapatan bisnis, dan juga berinteraksi dengan pelanggan,” ujar Giri dalam keterangannya, Rabu (7/3/2023).

Melihat bahwa keterampilan teknologi mendominasi, Udemy mencatat ada lima keterampilan terpopuler yang dibutuhkan perusahaan lokal di Indonesia. Beberapa di antaranya, Software Testing yang mengalami peningkatan sebesar 148% dibanding kuartal sebelumnya, Java, Git, dan Spring Boot.

Hal ini menjawab semakin banyaknya perusahaan yang mengandalkan teknologi untuk mendorong bisnis mereka. Alhasil permintaan terhadap tenaga profesional yang terampil dalam mengembangkan, menguji, dan mengelola sistem perangkat lunak (software) terus meningkat.

“Sebagai contoh, software testing adalah keterampilan yang paling banyak dipelajari oleh karyawan di Indonesia pada kuartal keempat tahun lalu. Hal ini menunjukkan bahwa banyak perusahaan sedang berusaha memastikan bahwa aplikasi atau perangkat lunak mereka bebas dari error atau kecacatan sehingga nantinya dapat memberikan pengalaman yang optimal bagi pengguna,” paparnya.

Perusahaan Lokal Banyak Mengadopsi Teknologi Digital

Perusahaan Lokal
Perusahaan Lokal lebih cepat adopsi digital

Di sisi lain, Udemy juga menyoroti bagaimana soft skill di luar bidang teknis seperti bisnis maupun marketing juga mengalami peningkatan, Udemy melihat, keterampilan seperti presentasi mengalami peningkatan sebesar 105%, merupakan satu-satunya soft skill yang termasuk dalam lima keterampilan terpopuler pada kuartal keempat tahun 2022.

Udemy Workplace Learning Skills Index juga mengidentifikasi, banyak karyawan maupun pekerja yang mengambil kelas tambahan untuk belajar bisnis dan marketing. Menurut pandangan para pemimpin perusahaan lokal, karyawan yang memiliki keterampilan tersebut dinilai dapat mempercepat pertumbuhan dan menjaga keunggulan kompetitif.

Udemy menyediakan akses ke lebih dari 200.000 kursus berkualitas kepada 59 juta pembelajar dan 14.000 pelanggan Udemy Business secara global dengan harga yang terjangkau, sehingga memudahkan individu dan organisasi untuk mempelajari keterampilan teknologi dan power skill dari mana saja di seluruh dunia. Kursus-kursus ini diajarkan oleh lebih dari 70.000 instruktur dalam 75 bahasa, termasuk bahasa Indonesia.

Artikel berjudul Riset Udemy: Perusahaan Lokal Semakin Cepat Adopsi Digital yang ditulis oleh Aditya Fajar pertama kali tampil di Gizmologi



from Gizmologi https://ift.tt/k6mKoDw
via IFTTT