Jakarta, Gizmologi – Setiap tahunnya, Google merilis sejumlah seri smartphone-nya lewat lini Pixel. Selain kabar terkait kehadiran Pixel Fold untuk pertama kalinya, rumor terkait desain dan spesifikasi Google Pixel 7a juga mulai bermunculan. Diduga siap rilis dalam beberapa pekan mendatang, tepatnya saat Google I/O di bulan Mei 2023.

Sebelumnya, foto render Google Pixel 8 Series sudah sempat bermunculan. Tidak seperti generasi sebelumnya, kabarnya versi Pro bakal mengusung layar yang lebih flat. Perubahan desain tersebut memang pernah diaplikasikan oleh vendor lainnya, sebut saja Samsung dengan Galaxy S23 Series yang kini punya desain layar flat kecuali varian tertingginya.

Google Pixel a series hadir untuk mereka yang menginginkan smartphone Google terbaru, dengan sejumlah fitur-fitur utama yang penting, namun dengan beberapa penyederhanaan pada aspek lainnya. Pixel 6a, misalnya, walaupun membawa desain baru, namun masih gunakan sensor kamera yang sama sejak Pixel 2. Walaupun tetap dilengkapi fitur kamera seperti Night Sight sampai Magic Eraser.

Baca juga: Seorang Penumpang Kereta Kedapatan Sedang Menggunakan Google Pixel Fold

Google Pixel 7a Punya Desain Mirip Pixel 7

Google Pixel 7a

Render Google Pixel 7a sendiri diunggah oleh OnLeaks dan MySmartPrice. Secara tampilan, terlihat mirip seperti perubahan yang dibawa dari Pixel 6 ke Pixel 7. Membawa desain modul kamera belakang yang khas, pemilihan warnanya diubah, tak lagi dibuat berwarna hitam pekat saja. Terkait warna, ada dua varian yang bakal berbeda.

Google Pixel 7a bakal hadir dalam tiga warna berbeda, yakni putih, hitam, serta warna biru muda yang benar-benar baru, diklaim menggantikan opsi warna Sage. Ketiga warna Google Pixel 7a ini memiliki camera bar berwarna abu-abu. Untuk warna hitamnya, terlihat sedikit lebih cerah dibandingkan opsi Pixel 6a sebelumnya.

Secara desain, Google Pixel 7a memang terlihat mirip seperti Pixel 7 standar. Perbedaan utama pada bagian depan, adalah keempat sisi bezel yang dibuat lebih tebal. Wajar, mengingat harga jual yang memang lebih terjangkau. Terkait spesifikasi, sudah pernah dibocorkan sebelumnya, membawa peningkatan pada sektor layar.

Bakal Punya Sensor Kamera Baru

Sebelum render Google Pixel 7a muncul dengan tiga opsi warna baru, awal Maret kemarin sempat bocor foto produk live-nya, sekaligus beberapa bocoran spesifikasi yang dibawa. Pada sektor layar, smartphone Google terbaru satu ini bakal tetap memiliki dimensi kompak 6,1 inci, dengan panel OLED beresolusi 1080p. Yang baru adalah nilai refresh rate-nya, naik menjadi 90Hz.

Chipset-nya pun ikutan diperbarui, sudah menggunakan Tensor G2 yang setara Pixel 7 Series. Cip tersebut harusnya bisa meningkatkan durasi pemakaian dengan efisiensi yang lebih baik, selain performa lebih kencang. Lalu bagaimana dengan sektor kameranya? Kabar baiknya, sensor kamera Google Pixel 7a akhirnya mengalami peningkatan secara hardware.

Membawa setup dua kamera, sensor utamanya bakal beresolusi 64MP, dengan jenis sensor Sony IMX787, ditemani dengan sensor 12MP ultra-wide. Juga disebutkan pada rumor jika akhirnya Google Pixel 7a bakal mendukung teknologi wireless charging. Benar atau tidaknya, kita nantikan saja jelang Google I/O ya.

Artikel berjudul Bocoran Terbaru Google Pixel 7a, Tampil dalam Warna Baru yang ditulis oleh Prasetyo Herfianto pertama kali tampil di Gizmologi



from Gizmologi https://ift.tt/7MkDNJF
via IFTTT