Jakarta, Gizmologi – Setelah diperkenalkan di Indonesia pada awal Maret lalu secara langsung oleh Leica Geosystems Indonesia lewat “Leica Geo-Innovation Forum”, kini Leica Pegasus TRK sudah bisa didapatkan sebagai alat solusi pemetaan perkotaan. Karena sudah hadir melalui PT Datascrip selaku distributor resminya.

Leica Pegasus TRK sendiri merupakan sebuah inovasi teknologi yang memungkinkan kita untuk memonitor sarana maupun prasarana dalam pemetaan mobile. Hadir sebagai solusi pemetaan 3D sekaligus untuk digitalisasi aset pemetaan, produk ini dapat memecahkan sejumlah masalah di kota-kota besar. Termasuk pemanfaatan lahan yang tidak tepat, hingga pengelolaan aset data geografis yang kurang baik.

Padahal pengelolaan aset tersebut dinilai penting karena bisa berikan sejumlah manfaat, seperti penanggulangan pascabencana alam sampai perencanaan pembangunan dan pemanfaatan lahan yang tepat. Tidak hanya Leica Pegasus TRK, PT Datascrip hadir sebagai authorized distributor produk Leica Geosystems di Indonesia. Di mana sebelumnya sudah hadirkan solusi pemetaan perkotaan lewat Leiva BLK360 & Leica DSX.

Baca juga: Leica Geosystem BLK360, 3D Laser Scanner Buat Arsitektur hingga Metaverse

Leica Pegasus TRK Manfaatkan Sensor LiDAR Untuk Pemetaan 3D Instan

Leica Pegasus TRK
Leica Pegasus TRK

Solsui pemetaan lewat Leica Pegasus TRK dan dua seri produk lainnya sama-sama didukung oleh teknologi kecerdasan buatan (AI), sehingga bisa tingkatkan efisiensi pekerjaan pemetaan perkotaan. Karena menjadi opsi terbaru, Leica Pegasus TRK sudah dilengkapi dengan sensor LiDAR agar bisa mengumpulkan data dalam bentuk 3D secara real-time.

Data yang terkumpul termasuk informasi kondisi jalan, bangunan, jembatan, taman serta infrastruktur kota lainnya. “Dengan hadirnya Leica Pegasus TRK, melengkapi produk yang telah ada sebelumnya, kami berharap dapat membantu para ahli di bidang pemetaan perkotaan untuk mencapai tujuan mereka dengan lebih efektif dan efisien,” jelas Danag Kurniawan, Marketing Manager PT Datascrip lewat sebuah rilis (6/4).

Melalui Leica Pegasus TRK, pengguna dapat mengumpulkan data pemetaan 3D secara cepat nan akurat menggunakan mobil, sehingga cocok untuk proyek pemetaan besar seperti jalan raya, jembatan hingga bendungan. Kecepatan pengumpulan datanya sendiri diklaim bisa sampai 130km/jam. Sementara data yang berhasil tertangkap oleh sensor LiDAR secara real-time diproses dan diteruskan ke dalam perangkat tablet milik pengguna di dalam mobil.

Sistem navigasi GPS yang akurat juga diintegrasikan dengan Leica Pegasus TRK, agar posisi mobil bisa lebih akurat. Sistem pencatatan data inersia juga memungkinkan pengguna mengetahui percepatan, kecepatan, dan posisi mobil dengan sangat akurat.

Layanan Purnajual Dijamin Oleh PT Datascrip

Leica DSX
Leica DSX

Sebagai distributor resmi, PT Datascrip juga hadirkan Leica BLK360 sebagai laser scanner yang lebih portabel, memiliki desain ringkas dan ringan. Membawa empat kamera 13MP dan 5 bracket HDR, perangkat ini bisa memindai suatu struktur bangunan atau ruang dalam model 3D secara akurat dalam waktu 20 detik. Sehingga bisa dimanfaatkan oleh para insinyur sipil maupun kontraktor untuk memahami situasi lingkungan.

Selain itu, juga ada Leica DSX sebagai Ground Penetrating Radar (GPR) untuk solusi pemetaan bawah tanah. Alat tersebut bisa mengumpulkan informasi yang umumnya ditemukan di bawah tanah seperti jaringan kabel, jalur pipa, serta infrastruktur bawah tanah lainnya.

Solusi Pemetaan Leica Geosystems

PT Datascrip juga memberikan jaminan layanan purnajual, termasuk training penggunaan alat untuk produk-produk dari Leica Geosystems. “Ketiga solusi ini telah dilengkapi dengan teknologi AI terbaru yang dapat meningkatkan efisiensi pekerjaan pemetaan perkotaan, serta membantu proses digitalisasi aset pemetaan perkotaan dengan lebih cepat dan akurat,” tutup Danang.

Artikel berjudul Datascript Jadi Distributor Resmi Leica Pegasus TRK & Produk Leica Geosystems di Indonesia yang ditulis oleh Prasetyo Herfianto pertama kali tampil di Gizmologi



from Gizmologi https://ift.tt/vnlcTmJ
via IFTTT