Jakarta, Gizmologi – Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia dan Indosat Ooredoo Hutchison (Indosat) berkolaborasi melalui program IDCamp x Kadin Challenge. Melalui program tersebut, KADIN mencari talenta digital di Indonesia untuk mengembangkan sistem yang bermanfaat bagi sektor pertanian perikanan, serta Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) dalam negeri.

Mengusung tema “Menuju Indonesia Emas 2045”, President Director and CEO Indosat Ooredoo Hutchison, Vikram Sinha, mengatakan program tersebut menunjukkan komitmen Indosat dan Kadin Indonesia untuk memenuhi kebutuhan talenta digital di Indonesia.

“Program ini menunjukkan komitmen Indosat dan Kadin Indonesia untuk memenuhi kebutuhan talenta digital di Indonesia dengan mengedepankan kolaborasi yang berkelanjutan,” ujar Vikram di Menara Kadin, Senin (10/4).

Perlu diketahui, Kadin Tech Challenge telah diikuti lebih dari 3.000 peserta dari kota Solo, Medan, Medan, Makassar, dan sekitarnya. Para peserta diberi keleluasaan mengembangkan berbagai sistem baik berupa database, sistem berbasis web, ataupun aplikasi, yang dapat meningkatkan industri pertanian, perikanan, dan UMKM.

Baca Juga: IOH Kembali Gelar IDCamp 2022, Buka Kelas Programer untuk Metaverse

IDCamp x KADIN Challenge

IDCamp x KADIN Challenge
President Director and CEO Indosat Ooredoo Hutchison, Vikram Sinha dan Ketua Umum Kadin Indonesia, Arsjad Rasjid

Para peserta dapat mengikuti tantangan ini sejak 10 April hingga Agustus 2023. Setelahnya mereka akan melewati proses penjurian dan pengumuman pemenang akan dilakukan pada Agustus 2023.

“Kami senang melihat antusiasme para peserta dan kami semakin optimis bahwa Indonesia akan menjadi pusat kekuatan talenta digital di Asia Pasifik,” sambungnya.

Dalam program tersebut, Ketua Umum Kadin Indonesia, Arsjad Rasjid menjelaskan ketiga sektor di atas masih membutuhkan banyak dukungan agark dapat bergerak lebih maksimal. Mengingat UMKM memiliki kontribusi besar dalam mendominasi struktur usaha Indonesia serta menyerap 97 persen tenaga kerja.

Sementara bidang Pertanian dan perikanan juga memiliki peran penting untuk menjaga ketahanan pangan. Hal inilah yang mendasari inisiasi transformasi digital agar lebih produktif di tiga sektor tersebut.

“Tidak hanya berfokus pada peningkatan keterampilan para peserta, program ini juga menawarkan prospek untuk integrasi langsung ke dalam industri, salah satunya melalui IDCamp X Kadin Tech Challenge ini,” pungkasnya.

20 Produk terbaik akan mendapatkan hadiah masing-masing sebesar 2.000 Dicoding Points yang dapat digunakan untuk belajar di Dicoding Academy atau ditukar dengan hadiah di Dicoding Rewards. Tak ketinggalan, kesempatan untuk bekerja sama dengan KADIN.

Artikel berjudul IDCamp x KADIN Challenge, Cari Talenta Digital Bidang Perikanan dan Pertanian yang ditulis oleh Aditya Fajar pertama kali tampil di Gizmologi



from Gizmologi https://ift.tt/9oN8KRf
via IFTTT