Jakarta, Gizmologi – Sedikit berbeda dari tahun-tahun pandemi sebelumnya, tahun ini masyarakat lebih leluasa untuk beraktivitas di luar rumah, berkat pengendalian COVID-19 yang sudah lebih baik. Namun nyatanya, hal tersebut tidak membuat Ramadan 2023 jadi lebih sepi dari transaksi digital. Alias masyarakat tetap memilih untuk berbelanja online.

Menjadi momen yang dinanti oleh para umat Muslim, Ramadan 2023 kini lebih banyak dihabiskan oleh momen-momen kebersamaan seperti buka bersama, sebelum hari H lebaran. Namun ternyata, jumlah transaksi di e-commerce tetap mendominasi. Hal tersebut juga dikonfirmasi oleh Tokopedia, baik untuk belanja hampers maupun ragam jenis kebutuhan lainnya.

Berdasarkan riset yang diadakan oleh The Trade Desk maupun Google, diketahui bila sekitar 9 dari 10 masyarakat Indonesia berencana untuk berbelanja pada saat Ramadan 2023. Sementara 80% dari masyarakat yang terbiasa untuk berbelanja secara digital, juga bakal mempertahankan bahkan meningkatkan intensitas penggunaan layanan digital sepanjang tahun.

Baca juga: Permudah Lapor SPT, Tokopedia Catat Kenaikan Nilai Transaksi Pajak Online

Fitur Dilayani Tokopedia Tingkatkan Transaksi Toko Antarpulau

Tokopedia Buka Bersama Ramadan 2023

 

Walaupun sudah lebih mudah untuk bertemu dan bertatap muka, Ramadan 2023 masih dipenuhi dengan kebiasaan umat Muslim dalam berbagai hampers. Nuraini Razak, Direktur Corporate Affairs Tokopedia mengatakan, “Tokopedia mencatat produk seperti hampers atau parsel, tepung dan buah menjadi sejumlah produk yang paling laris, dengan peningkatan rata-rata transaksi lebih dari dua kali lipat.”

Ia menambahkan, khusus untuk transaksi hampers lewat fitur Dilayani Tokopedia, tingkat penjualannya meningkat hampir 3,5 kali lipat. Fitur tersebut memanfaatkan fitur Hyperlocal, di mana barang dari penjual juga dibuat tersedia melalui gudang Tokopedia. Dengan begitu, bisa meraih pembeli yang lebih luas, dengan durasi pengiriman lebih cepat dan ongkos kirim lebih terjangkau bagi konsumen.

Selain hampers, data dari Tokopedia juga menunjukkan bila jenis barang lain yang tersedia lewat fitur Dilayani Tokopedia alami rata-rata peningkatan penjualan hampir dua kali lipat, di dua minggu pertama Ramadan 2023. Inisiatif Hyperlocal Tokopedia juga memungkinkan adanya peningkatan transaksi antarpulau.

Selama awal Ramadan 2023, tiga wilayah yakni Banyuasin (Sumatra Selatan), Kampar (Kepulauan Riau), dan Lombok Timur (NTB) menjadi beberapa wilayah dengan peningkatan transaksi antarpulau paling tinggi. Di sisi lain, Kuningan (Jawa Barat), Palangkaraya (Kalimantan Tengah) dan Tabanan (Bali) tercatat sebagai wilayah dengan peningkatan transaksi paling tinggi dengan metode pengiriman same day maupun instan.

Tokopedia Terus Berikan Promo Sepanjang Ramadan 2023

Tokopedia Buka Bersama Ramadan 2023

Selain tren berbagi hampers, Tokopedia juga sebutkan bila produk dalam kategori fesyen, otomotif, rumah tangga, perawatan diri, serta makanan dan minuman menjadi kategori yang paling laris pada dua minggu awal Ramadan 2023. Spesifik pada kategori fesyen, yang paling dicari adalah scarf Wanita, baju koko pria, serta busana muslim keluarga. Di mana masing-masing mendapatkan kenaikan transaksi hingga 6 kali lipat.

Data yang lebih menarik dari Tokopedia sebutkan bila produk spare part mobil, perawatan mobil dan produk interior mobil menjadi yang paling laris pada kategori produk otomotif. Menunjukkan bila lebih banyak masyarakat bakal melakukan perjalanan mudik, dengan mempersiapkan kendaraannya lebih dulu.

Untuk meramaikan belanja Ramadan 2023, Tokopedia bakal menggelar kampanye #LengkapiRamadan sampai 30 April mendatang. Bakal ada promo Ramadan diskon 90% serta cashback hingga Rp1 juta. Juga promo hemat lainnya dengan nilai hingga Rp750 ribu, dengan opsi pembayaran cicilan 0% lewat GoPayLater Cicil.

Artikel berjudul Ramadan 2023, Penjualan Hampers di Tokopedia Naik 3,5 Kali Lipat yang ditulis oleh Prasetyo Herfianto pertama kali tampil di Gizmologi



from Gizmologi https://ift.tt/OgTI5NF
via IFTTT