Jakarta, Gizmologi – Diklaim sebagai yang pertama hadir di Indonesia, LG WashTower bukan hanya menghadirkan desain yang unik, tetapi juga sederet kecanggihan berbasis AI (Artificial Intelligence) yang membuatnya lebih dari mesin cuci biasa.

Mesin cuci front loading ini memang terbilang unik dari sisi desain. Bentuknya mirip dua mesin cuci yang ditumpuk ke atas sehingga membuatnya tinggi seperti menara. Tak heran jika LG menamainya sebagai WashTower.

Masing-masing pintu perangkat home appliance ini memiliki peranan berbeda, yakni mesin cuci dan pengering secara terpisah. Konsep desain seperti ini diklaim LG sebagai upaya menghemat tempat.

Selain itu konsep mesin cuci bertumpuk seperti ini juga dianggap memberi kemudahan dalam instalasi, di mana saluran air besih dan pembuangannya tidak berpencar.

LG WashTower hadir dalam dua model, yakni LG WT2117NHB dan LG WT1410NHEG yang masing-masing kapasitasnya 21 kilogram plus mesin pengering 17 kilogram dan 14 kilogram plus mesin pengering 10 kilogram. Untuk harganya, LG WT2117NHB dibanderol Rp40 juta dan WT1410NHEG Rp 35 juta.

Fitur Canggih LG WashTower

Bukan sekedar mengandalkan desain yang memberikan fungsi hemat tempat, LG WashTower juga didukung berbagai fitur canggih. Apa saja?

  • Center Control: Ditempatkan tepat di antara keduanya, fitur ini merupakan panel kandel untuk menjalankan fungsi dari masing-masing perangkat secara keseluruhan. Mencuci maupun mengeringkan pakaian jadi lebih mudah hanya dengan satu panel yang terintegrasi.
  • Intelligence Direct Drive (AI DD): Berbasis AI, fitur ini mampu memproses puluhan ribu data terkait optimasi pencucian dan memanfaatkan deep learning dengan berbagai sensor di dalamnya.
  • Smart Pairing: Fitur yang membuat mesin cuci dan mesin pengering saling terintegrasi. Ketika diaktifkan, fitur ini membuat mesin pengering secara otomatif membuat pilihan proses pengeringan paling tepat, sesuai kebutuhan pencucian sebelumnya.
  • TurboWash 360: Fitur yang memungkinkan gerak drum dan beberapa saluran air berkolaborasi melepaskan noda yang menempel pada pakaian dan membuat deterjen mampu menembus serat pakaian secara sempurna.
  • Prepare to Dry: Membuat mesin pengering pakaian mampu meningkatkan suhu air dalam mesin, sehingga mempercepat proses pengeringan pakaian.

Menurut Lenka Peruba, Product Marketing Washing Machine for LG Electronics Indonesia, dilibatkannya teknologi AI membuat mesin cuci LG WashTower bisa mengingat hingga 20 ribu program pencucian. Setelah mengenali mode pencucian akan berbeda-beda sesuai dengan bahan pakaian.

“Dia tahu jenis bahan, berat kilogram yang kita masukkin ke dalam mesin cuci tersebut. Mode pencucian berbeda berdasarkan apa yang dipelajari dari bahan pakaian yang dicuci,” ujarnya.

Nah, meskipun divisi mobile-nya sudah pamit dari pasar smartphone, ternyata LG tetap menyediakan aplikasi ThinQ untuk smartphone lain, di mana sebelumnya ekslusif tersedia di smartphone LG. Dengan begitu, aplikasi ini bisa diunduh perangkat apa pun yang berbasis Android maupun iOS.

“Dengan menggunakan aplikasi ini, penggunaan mesin cuci bisa dilakukan melalui smartphone. Bukan cuma mesin cuci ini saja, tetapi ThinQ juga bisa terintegrasi dengan berbagai perangkat LG lainnya, seperti kulkas, TV, amplifier, dan sebagainya,” jelasnya kepada Gizmologi di sela peluncuran LG WashTower di Jakarta, Jumat (7/4/2023).

LG WashTower

Baca juga: Monitor Gaming LG OLED 240Hz Pertama di Dunia Dibanderol Mulai Rp17 Juta

Nah, buat kamu yang penasaran seperti apa kecanggihan dari LG WashTower, bisa langsung datang ke Cristal Outdoor Senayan City, Jakarta Selatan. Karena LG membuka pameran produk ini hingga 9 April 2023 nanti.

Artikel berjudul Meluncur Resmi di Indonesia, Inilah Sederet Kecanggihan Mesin Cuci LG WashTower yang ditulis oleh Chandra Wirawan pertama kali tampil di Gizmologi



from Gizmologi https://ift.tt/elCUxBL
via IFTTT