Jakarta, Gizmologi – Permainan atau game yang biasa kita mainkan baik dalam perangkat desktop maupun smartphone, memang bisa menghasilkan cuan ketika ditekuni secara serius. Biasa disebut sebagai atlet esport, mereka dapat mencapai karier yang menjanjikan dengan keuntungan berlimpah. Meski juga membawa risiko tersendiri, termasuk kesehatan.

Tak sedikit para atlet atau pemain esport yang mengalami perundungan secara masif, yang kemudian mempengaruhi kesehatan mentalnya, selain masalah-masalah lain seperti kesehatan fisik. Untuk itu, Coda Indonesia mencoba berperan lebih jauh terkait hal tersebut. Melanjutkan program #MainSehatBarengCoda dengan memberikan edukasi kesehatan untuk semua kalangan gamer, sembari melakukan penelitian ilmiah tersendiri.

Selain itu, Coda Indonesia juga tengah menjalankan program pemulihan kepada dua atlet esport Indonesia. Coda sendiri mungkin lebih dikenal lewat platform voucher digital, Codashop yang berikan banyak opsi dari berbagai judul game favorit. Tidak hanya itu, juga berikan sejumlah voucher berlangganan untuk beragam platform entertainment, termasuk platform streaming musik maupun video.

Baca juga: Dukung Atlet Esport, CODA Serukan Cara Bermain Game Secara Sehat

Siap Berikan Program Pemulihan Kesehatan Untuk Atlet Esport

Coda Indonesia #MainSehatBarengCoda Press Conference

Program #MainSehatBarengCoda sendiri memang telah diluncurkan sejak Oktober 2022 lalu. Kini, program tersebut dilanjutkan dengan adanya penelitian ilmiah seputar kesehatan atlet esport, sekaligus berikan program pemulihan cedera. Saat ini, sedang dijalankan perawatan intensif terhadap mantan atlet esport muda Diky ‘Tuturu’ serta atlet esport profesional Delvin ‘Lanaya’. Bekerja sama dengan Sport Medicine, Injury & Recovery Center (SMIRC) RS Pondok Indah Bintaro Jaya.

Kedua tokoh yang cukup dikenal dalam dunia esport tersebut mengalami cedera yang berbeda, di mana keduanya diberikan serangkaian program terapi fisik mulai dari stretching dan correction exercise, sampai terapi modalitas seperti cryotherapy hingga ultrasound. Sebagai salah satu peserta program pemulihan, Diky mengatakan bila ia kini sudah bisa bermain lebih lama tanpa timbul rasa nyeri seperti sebelumnya.

Dr. Andi Kurniawan, SpKO selaku ketua peneliti, mengimbau kepada para atlet esport serta masyarakat untuk melakukan pencegahan cedera. Salah satu cara termudah adalah dengan melakukan stretching sebelum, saat, dan setelah bermain. Tidak lupa untuk memberi jeda yang cukup ketika bermain guna mengistirahatkan mata.

Rurie Wuryandari, Corporate Affairs Director Coda Indonesia mengatakan bila pihaknya bakal mengajak para atlet esport Indonesia yang ingin ikut dalam program edukasi #MainSehatBarengCoda, terutama mereka yang membutuhkan pemulihan cedera. Sebagai salah satu partisipasi nyata dalam membantu ekosistem esport di Indonesia agar terus berkembang secara sehat dan berkelanjutan.

Coda Indonesia Terus Berkontribusi Terhadap Industri Gaming

Coda Indonesia #MainSehatBarengCoda Press Conference

Lebih lanjut terkait program lanjutan #MainSehatBarengCoda, penelitian ilmiah dilakukan oleh sejumlah ahli kesehatan, bertujuan untuk merumuskan lanskap cedera yang bisa dialami oleh para atlet esport, mengidentifikasi pola bermain dan risiko kesehatan yang bisa timbul, serta menemukan pemikiran baru untuk bisa dijadikan dasar dalam pembuatan program edukasi lebih efektif.

Penelitian ilmiah tersebut bakal menjadi yang pertama di Indonesia dalam bidang wellness atau well-being pada esport, di mana nantinya bakal diterbitkan di sejumlah jurnal medis internasional. Diharapkan agar dapat digunakan oleh para atlet esport maupun masyarakat sebagai acuan dasar terkait cara bermain yang sehat, aman, serta produktif.

Program #MainSehatBarengCoda sendiri adalah satu dari sekian kontribusi Coda Indonesia terhadap industri gaming maupun konsumennya. Sepanjang 2022, Coda Indonesia telah menjadi sponsor kejuaraan MPL Indonesia, mendukung Piala Presiden Esport, dan meluncurkan sejumlah program promo menarik.

Sambut Ramadan, Coda Indonesia juga berikan program promo khusus bagi pelanggan Codashop. Juga baru saja diluncurkan “Codacash”, e-wallet Codashop yang bisa dimanfaatkan sebagai metode pembayaran mudah dengan cashback maupun diskon tambahan.

Artikel berjudul Coda Indonesia Adakan Penelitian Ilmiah, Beri Program Pemulihan Kepada Atlet Esport yang ditulis oleh Prasetyo Herfianto pertama kali tampil di Gizmologi



from Gizmologi https://ift.tt/jY93cGr
via IFTTT