Jakarta, Gizmologi – Samsung dikabarkan ingin mengganti aplikasi Google Search dengan Microsoft Bing sebagai mesin pencari utama di perangkatnya. Tentunya informasi tersebut langsung membuat Google panik.

Melansir laporan New York Times, Samsung sedang mempertimbangkan perjanjian dengan Google agar mesin pencarinya jadi default di ponsel dan tablet Samsung. Perjanjian ini menghasilkan USD 3 miliar per tahun untuk Google, yang terancam hilang jika Samsung beralih ke Bing.

Laporan tersebut juga mengungkapkan, bahwa negosiasi terkait perjanjian tersebut masih berlangsung, dan Samsung bisa saja tetap memilih bertahan dengan Google. Untuk menjaga Samsung agar tidak berpaling ke mesin pencari lain, Google pun memerintahkan karyawannya untuk menyiapkan materi untuk dipromosikan ke Samsung.

Mengingat, Microsoft juga terus berusaha untuk menambahkan fitur AI ke mesin pencari Bing-nya. Hal tersebut bisa menjadi alasan Samsung untuk berpaling dari Google.

Baca Juga: Siap Saingi Google, Microsoft Luncurkan Bing Berbasis AI!

Microsoft Bing Bakal Gantikan Google Search

Google Search - Microsoft Bing
dok. 9to5Google

Di sisi lain, Google diketahui sedang mengerjakan proyek baru dengan nama kode Magi. Proyek tersebut akan menambahkan beberapa fitur AI yang dikembangkan termasuk chatbot ke dalam mesin pencari Google Search.

Lebih dari 160 desainer, engineer, dan eksekutif Google dikerahkan untuk mengembangkan proyek Magi. Bahkan sang CEO Google Sundar Pichai telah mengisyaratkan bahwa layanan pencariannya akan segera menambahkan AI dalam waktu dekat.

Kabarnya Google akan mengumumkan Proyek Magi secara publik pada musim gugur mendatang, bersamaan dengan konferensi pengembang Google I/O 2023 pada 10 Mei mendatang. Nantinya Magi akan dirilis secara terbatas untuk satu juta pengguna di AS, sebelum dipublikasikan secara global pada akhir tahun 2023.

Selain menambahkan fitur AI di Search, Google juga sedang menggarap mesin pencari baru yang ditenagai kecerdasan buatan. Itu termasuk generator seni AI-nya sendiri yang disebut GIFI. Ada juga AI untuk membantu orang mempelajari berbagai bahasa yang disebut Tivoli Tutor, dan Searchalong yang akan menambahkan chatbot yang bekerja bersama Chrome.

Artikel berjudul Samsung Mau Gantikan Google Search dengan Microsoft Bing yang ditulis oleh Aditya Fajar pertama kali tampil di Gizmologi



from Gizmologi https://ift.tt/dNPivZS
via IFTTT