Jakarta, Gizmologi – Apple dikenal selalu menggelar dua acara berskala besar setiap tahunnya. Kalau di akhir tahun meluncurkan seri iPhone dan produk lainnya, awal hingga tengah tahun adalah waktunya Worldwide Developers Conference alias WWDC 2023. Siap digelar 5 Juni mendatang, apa saja yang bakal diumumkan nanti?

Sesuai namanya, WWDC 2023 umumnya merupakan acara yang digelar khusus bagi para pengembang atau developer. Semasa pandemi, acara ini selalu digelar secara daring. Begitu pula dengan WWDC 2023 nanti, namun begitu Apple mengundang sejumlah developer untuk hadir secara tatap muka langsung di Apple Park pada tanggal tersebut.

Berlangsung mulai 5 – 9 April, acara puncak WWDC 2023 biasanya diadakan pada hari pertama. Tentunya dipastikan bila Apple bakal perkenalkan versi terbaru dari sistem operasi perangkatnya secara menyeluruh. Yakni mulai dari iOS, iPadOS, macOS, watchOS dan tvOS. Susan Prescott, VP Worldwide Developer Relations pada Apple sebutkan bila gelaran tahun ini merupakan yang terbesar dan diklaim bakal jadi yang paling seru.

Baca juga: Bayar Layanan Apple di Indonesia Bisa Pakai ShopeePay

WWDC 2023 Siap Tampilkan Sejumlah Pembaruan OS Produk Apple

Apple WWDC 2023

Sebelum WWDC 2023 digelar, Apple juga memberikan kesempatan bagi para pelajar untuk mengikuti lomba Swift Student Challenge yang bisa dimenangkan dengan hadiah menarik dan kesempatan untuk mengunjungi Apple Park secara langsung. Lalu untuk kita semua para pengguna perangkat Apple, setidaknya bisa melihat lebih awal gambaran pembaruan OS yang bakal didapat tahun ini.

Selain debutnya iOS 17 pertama kali, juga bakal ada iPadOS 17, macOS 14, tvOS 17 dan watchOS 10 untuk smartwatch Apple. Untuk iOS sendiri, kabarnya tidak ada perubahan yang terlampau jauh dibandingkan iOS 16. Namun sejumlah rumor menyebutkan bila nantinya bakal ada beberapa fitur yang paling banyak dinanti oleh para penggunanya.

Rumor lainnya menyebutkan bila Apple akan merombak App Store, memungkinkan sistem sideload aplikasi untuk perangkat yang terjual di Eropa. Apakah bakal ada pengumuman perangkat baru? Dari rumor yang beredar sejak beberapa pekan lalu, ada kemungkinan WWDC 2023 bakal memperkenalkan Mac Pro versi baru dengan cip rilisan Apple. Maupun MacBook Air varian lain, diduga dengan layar lebih besar di 15 inci.

Meski begitu, juga ada kemungkinan bila tidak ada pengumuman peluncuran perangkat baru sama sekali. Bila melihat ke tahun lalu, Apple memang memanfaatkan WWDC 2022 untuk memperkenalkan MacBook Air dan MacBook Pro baru. Namun tidak setiap tahun, dan bisa jadi WWDC 2023 bakal berbeda.

Headset VR Apple Batal Tampil di WWDC 2023

Render Apple VR headset
Render VR headset Apple

Selain sejumlah rumor di atas, rumor yang cukup kuat adalah Apple bakal memperkenalkan perangkat AR/VR perdananya, bakal hadir sebagai sebuah perangkat premium dengan banderol harga setidaknya melampaui USD3000 atau Rp40 jutaan. Perangkat tersebut bakal menjalankan RealityOS, dan hadir untuk menikmati konten video termasuk video conference.

Namun berdasarkan kabar terbaru yang disampaikan oleh analis yang sudah expert dalam berita Apple, Ming-Chi Kuo, baru saja mencuitkan sebuah kabar bila Apple memundurkan jadwal produksi massal headset professional terbarunya tersebut hingga 1-2 bulan. Membuat kehadirannya berkisar pada kuartal ketiga tahun ini.

Ia menyebutkan, Apple pesimis bila perangkat jenis baru tersebut bisa ciptakan momentum yang sama masifnya seperti peluncuran iPhone baru. Dengan mundurnya waktu produksi, ada kemungkinan bila Apple baru akan memperkenalkannya bersamaan dengan iPhone baru di akhir tahun nanti. Kita nantikan saja kebenarannya ya.

Artikel berjudul Siap Kenalkan iOS 17, WWDC 2023 Bakal Ungkap VR Headset Pertama Apple yang ditulis oleh Prasetyo Herfianto pertama kali tampil di Gizmologi



from Gizmologi https://ift.tt/4XZEmew
via IFTTT