Jakarta, Gizmologi – Peningkatan traffic di momen Idulfitri 1444H/2023 berhasil diantisipasi oleh Smartfren dengan memberikan layanan prima kepada para pelanggannya. Keberhasilan tersebut tidak lepas dari antisipasi dan analisis yang dilakukan berdasarkan pada momen yang sama di tahun 2022 lalu.

“Momen Ramadan, Idulfitri dan mudik tahun ini terjadi peningkatakan akses internet yang lebih tinggi. Pemicunya selain karena sudah tidak adanya aturan PPKM juga karena perubahan perilaku dan pola penggunaan internet di masyarakat,” jelas Agus Rohmat, VP Network Operation Smartfren.

Peningkatan akses layanan data operator di momen lebaran 2023, mencapai 14% dibandingkan tahun sebelumnya yang berada pada angka 10%. Peningkatan traffic paling besar terjadi di Jawa Tengah sebesar 23%, disusul Jawa Timur 13%, dan Jawa Barat 10%.

Peningkatan layanan data Smartfren sesuai dengan kebutuhan digital masyrakat yang mencakup kebutuhan layanan transportasi onlinee-commerce, sistem pembayaran, serta komunikasi real-time menggunakan aplikasi.

“Saat ini semakin banyak kebutuhan dan kegiatan sehari-hari yang mengandalkan koneksi internet. Tentu saja Smartfren terus melakukan peningkatan kapasitas jaringan dan optimisasi jaringan sehingga pelanggan dapat menikmati kualitas terbaik dari jaringan internet Smartfren kapan pun dan di mana pun berada,” tambah Agus Rohmat.

Baca juga: Smartfren Kantongi Frekuensi 10Mhz Buat Tambahan Jaringan 5G

Smartfren Sambut Era 5G

Operator merah ini juga terus melakukan peningkatan pelayanan kepada pengguna dengan menerapkan teknologi-teknologi baru. Salah satunya dengan mengimplementasikan delivery network di sejumlah titik yang dapat mengoptimalkan akses internet penggalanggan dan memperkecil latensi.

Menurut Agus teknologi tersebut juga berguna bagi gamer. “Bagi pelanggan yang memiliki aspirasi terhadap berbagai judul esports populer, teknologi ini akan memberikan pengalaman positif saat bertanding online menggunakan jaringan Smartfren,” ujar Agus Rohmat.

Perusahaan pun telah melakukan sejumlah inisiatif lain guna meningkatkan kualitas layanan telekomunikasi. Salah satunya adalah dengan memacu proses fiberisasi atau pemasangan serat optik untuk menyambut era 5G.

Fiberisasi ini merupakan teknologi yang harus diimplementasikan guna meningkatkan kapasitas layanan telekomunikasi, terutama di wilayah-wilayah yang traffic datanya tinggi. Peningkatan coverage juga dilakukan, antara lain dengan penambahan sejumlah total 4.000 BTS di seluruh wilayah operasionalnya.

Artikel berjudul Smartfren Berhasil Antisipasi Lonjakan Traffic di Momen Idulfitri 1444H yang ditulis oleh Ronggo pertama kali tampil di Gizmologi



from Gizmologi https://ift.tt/F04RjIl
via IFTTT