Jakarta, Gizmologi – Aplikasi perpesanan instan, WhatsApp menggulirkan fitur baru chat lock yang memberikan kemampuan untuk memperketat privasi chat penggunanya. Fitur baru ini akan membantu Anda memasang gembok ekstra pada pesan WhatsApp.

Menurut laporan dari WABetaInfo, Chat Lock akan mengizinkan pengguna untuk mengunci pesan/chat di aplikasi WhatsApp dan menyembunyikannya. Kehadiran fitur baru ini bisa meningkatkan keamanan aplikasi.

Meta menyebut fitur baru WhatsApp ini sebagai ‘Chat Lock’ yang kini tengah dikembangkan. Fitur ini belum dirilis sepenuhnya, termasuk bagi para penguji beta WhatsApp, sebelum nantinya dirilis bagi semua pengguna WhatsApp.

Kendati demikian, sebuah sumber mengklaim bahwa fitur tersebut bakal siap dalam beberapa minggu ke depan, dan akan digulirkan pada update aplikasi WhatsApp berikutnya. Mengingat sebenarnya, saat ini sudah ada opsi untuk mengunci chat WhatsApp dengan menggunakan kode sandi atau sidik jari, termasuk FaceID bagi pengguna iPhone.

Hanya saja, kebanyakan pengguna justru menghindari fitur tersebut karena dianggap mengganggu. Lantaran harus membuka kunci WhatsApp setiap kali si pengguna mengakses atau membalas pesan.

Baca Juga: Tidak Bisa Akses WhatsApp Beta Karena “Out of Date”? Berikut Solusinya

Opsi Chat Lock di WhatsApp

WhatsApp Chat Lock

Berbeda dengan fitur baru Chat Lock di WhatsApp. Kehadiran fitur ini dapat menjadi opsi terbaik untuk mengatasi masalah keharusan membuka kunci WhatsApp, kapan pun kamu perlu menggunakannya.

Dengan update baru yang akan datang ini, pengguna hanya bisa mengunci obrolan yang ingin mereka jaga kerahasiaannya. WhatsApp Chat Lock akan menyimpan semua pesan pribadi kamu berada di ruang privat yang berbeda.

Pengguna hanya dapat mengakses pesan-pesan di ruang privat ini dengan sidik jari atau kode sandi. Hal ini bakal menjadi sangat berguna dalam membantu pengguna menjauhkan semua pesan pribadi atau sensitif dari obrolan normal kamu.

Setelah kamu mengunci obrolan dengan Chat Lock, obrolan secara otomatis akan berpindah ke layar Chat Lock. Terlebih saat pengguna menerima foto, video, atau file media apa pun lainnya dalam obrolan yang terkunci, file media ini juga tetap ada di Chat.

Namun, file media di bawah Chat Lock tidak disimpan di perangkat pengguna. Hal lain yang juga perlu diperhatikan tentang fitur ini adalah, jika pengguna mencoba mengakses Chat Lock, dan gagal berkali-kali, mereka harus menghapus obrolan untuk mengaksesnya.

Artikel berjudul WhatsApp Punya Fitur Chat Lock, Biar Orang Lain Gak Bisa Buka yang ditulis oleh Aditya Fajar pertama kali tampil di Gizmologi



from Gizmologi https://ift.tt/gGv4cOX
via IFTTT