Jakarta, Gizmologi – Jaringan 5G telah masuk di Indonesia sejak tahun 2021 silam, namun penyebaran operasionalnya masih belum maksimal. Menjawab tantangan itu, vendor telekomunikasi ZTE bakal ikut fokus untuk implementasi pembangunan jaringan 5G di tanah air.

Telecom Solution Architect & Business Consultant ZTE Indonesia, Iman Hirawadi memaparkan salah satu penyebab belum meratanya penyebaran jaringan 5G di Indonesia. Hal ini dikarenakan keberadaan spektrum yang belum memadai.

“Operator masih menggunakan frekuensi yang sama dengan 4G, sedangkan frekuensi yang dipakai oleh 4G sendiri sudah cukup padat,” ungkap Imam kepada awak media di Jakarta, belum lama ini.

Sebagai contoh di negara lain, penyebaran 5G didukung spektrum baru di 700MHz, 3500MHz, dan milimeter wave 26GHz-28GHz. Untuk itu ZTE dan operator seluler masih menanti alokasi spektrum dari pemerintah untuk mendukung penyebaran 5G.

Di sisi lain, ZTE menjabarkan beberapa teknologi 5G yang akan sangat signifikan meningkatkan layanan telekomunikasi lebih optimal. Mengingat hadirnya teknologi 5G akan sangat mendukung para pengguna dari golongan individu maupun golongan perusahaan, sehingga mampu untuk mempercepat transformasi digital.

“Kami akan melakukan eksplorasi pembangunan jaringan transport 5G generasi berikutnya. Termasuk percepatan transformasi jaringan fiber cerdas untuk memberikan pengalaman layanan digital yang lebih baik,” ungkap Marketing Director, ZTE Indonesia, Kevin Fang.

Baca Juga: Gandeng ZTE, Telkomsel Bawa Sinyal 5G untuk Nelayan di Gorontalo

FMC Jaringan 5G di Indonesia

Jaringan 5G ZTE

Termasuk melihat tren terbaru mengenai kerja sama antara penyedia layanan seluler (mobile) dan tetap (fixed) melalui layanan Fixed Mobile Convergence (FMC). Di mana ZTE telah melakukan kerjasama dengan berbagai layanan seluler untuk melakukan percepatan transformasi jaringan fiber.

Apalagi kemampuan teknologi 5G, akan dapat secara signifikan meningkatkan layanan saat ini di segmen konsumen. Di mana beberapa opsi layanan yang optimal bagi perusahaan, seperti pertambangan, manufaktur, dan lainnya, untuk mempercepat transformasi digital.

Melalui kolaborasi ZTE dengan berbagai penyedia layanan seluler di Indonesia, perusahaan berharap dapat mendorong pertumbuhan di berbagai industri dan mencapai tujuan inklusi digital Indonesia,” pungkas Kevin.

Artikel berjudul ZTE Siap Implementasikan Teknologi Jaringan 5G di Indonesia yang ditulis oleh Aditya Fajar pertama kali tampil di Gizmologi



from Gizmologi https://ift.tt/sno6ebv
via IFTTT