Jakarta, Gizmologi – Pasukan merah AMD kembali menghadirkan kartu grafis terbaru, Radeon PRO W7900 48 GB dan PRO W7800 32 GB. Kedua kartu grafis ini masuk dalam seri W7000, kelas paling powerful hingga saat ini. Seri PRO W7000 merupakan kartu grafis yang dipersiapkan untuk workstation, mendukung kebutuhan kerja berat dalam konsep desain dan sebagainya.

“AMD seri Radeon PRO w7000 merupakan kartu grafis paling kuat hingga saat ini, memberikan kinerja dan nilai luar biasa kepada profesional, kreator, dan seniman untuk menghasilkan desain profesional dan aplikasi kreatif,” ujar Scott Herkelman, Senior Vice President and General Manager, Graphics Business Unit.

Kartu grafis ini memang dibuat untuk memberikan kemampuan profesional dalam menangani pekerjaan yang besar, render lebih cepat, dan membuat desain model dengan kompleks lebih banyak. Termasuk ketika dibutuhkan untuk desain yang memiliki banyak poligon dan tekstur mendetail.

Dalam mengembangkan perangkat baru ini, AMD mengambil basis serupa seri Radeon RX7000 XTX yang lebih dulu hadir. Kartu grafis W7900 menawarkan kemampuan hingga 61 TFLOPS dengan kebutuhan daya mencapai 295 watt. Sementara W7800 berada di tingkat 45 TFLOPS (260 watt)Untuk mengurangi beban kerja dan panas yang keluar maka W7900 hadir dengan desain tiga kipas.

Baca juga: MSI Rilis Sejumlah Laptop dengan GPU NVIDIA RTX 40 Series, Pertama di Indonesia

Fitur dan Harga Rilis Kartu Grafis AMD

Pasukan merah menjadikan seri kartu grafis ini sebagai perangkat termurah dengan spesifikasi Navi 3x (96 unit komputasi) menggunakan arsitektur RDNA2. Harga resmi yang ditetapkan ialah US$2.499 (W7800) dan US$3.999 (W7900). Harga tersebut lebih murah dibandingkan brand hijau, RTX 6000, dengan segmentasi yang sama.  Keduanya akan dirilis pada kuartal 3 tahun 2023.

Berikut ini beberapa fitur dalam kartu grafis seri PRO W7000:

Arsitektur AMD RDNA 3 – Unit komputasi baru dapat digunakan untuk proses antara rendering, AI, dan raytracing secara paling efektif. AMD menawaran kinerja raytracing sekitar 50% lebih banyak per unit komputasi dibandingkan generasi sebelumnya3. Arsitektur AMD RDNA 3 juga menghadirkan optimalisasi untuk alur kerja AEC, D&M, dan M&E untuk rendering, pengeditan video, dan multitasking.

Desain Chiplet – Perangkat ini diklaim sebagai workstation GPU pertama di dunia dengan desain chiplet yang memberikan kinerja lebih tinggi dan efisiensi lebih besar daripada generasi sebelumnya. Ini termasuk Graphics Compute Die (GCD) 5nm baru yang menyediakan fungsionalitas inti GPU. Mencakup enam Memory Cache Die (MCD) 6nm baru, masing-masing dengan teknologi AMD Infinity Cache generasi kedua.

Dedicated AI Acceleration dan Second-Generation Raytracing – Instruksi AI baru dan peningkatan throughput AI memberikan kinerja lebih dari 2X lebih banyak daripada arsitektur AMD RDNA 2 sebelumnya4, sementara teknologi raytracing generasi kedua memberikan kinerja yang jauh lebih tinggi daripada generasi sebelumnya.

Memori Hingga 48 GDDR6 – Memungkinkan para profesional dan kreator untuk bekerja dengan model dan lingkungan 3D terbesar, mengedit dan melapisi garis waktu kompleks menggunakan format kamera sinema digital terbaru dan merender gambar fotorealistik, raytraced dengan kualitas tak tertandingi. Aplikasi profesional yang dapat memanfaatkan framebuffer yang lebih besar termasuk Adobe Premiere Pro dan After Effects, Autodesk 3ds Max dan Maya, Blender, Boris FX Sapphire, Dassault Systèmes SOLIDWORKS Visualize, DaVinci Resolve, Lumion, Maxon Redshift, dan banyak lagi.

AMD Radiance Display Engine dengan DisplayPort 2.1 – Mendukung resolusi tertinggi dan lebih dari 68 miliar warna, dan menawarkan dukungan untuk tampilan kecepatan refresh yang lebih tinggi dibandingkan dengan arsitektur AMD RDNA 2 dan penawaran kompetitif saat ini. Output tampilan mendukung tampilan generasi berikutnya dan opsi konfigurasi multi-monitor, menciptakan lingkungan visual yang sangat imersif.

Enkode/Dekode AV1 – Mesin media enkode/dekode ganda membuka pengalaman multi-media baru dengan dukungan enkode/dekode AV1 penuh yang dirancang untuk resolusi tinggi, gamut warna lebar, dan peningkatan rentang dinamis tinggi.

Artikel berjudul AMD Hadirkan Kartu Grafis Baru, Radeon Pro W7900 dan Pro W7800 yang ditulis oleh Ronggo pertama kali tampil di Gizmologi



from Gizmologi https://ift.tt/sLX1FT8
via IFTTT