Dalam beberapa tahun terakhir, ASUS selau menghadirkan inovasi laptop ultra-portable terbarunya secara rutin melalui lini Zenbook. Kali ini, telah hadir ASUS Zenbook S 13 OLED (UX5304) sebagai penawaran laptop ultra-portable terbarunya. Di balik bobot yang hanya 1 kilogram dan ketebalan kurang lebih 1 cm, ada banyak fitur unggulan yang dibawanya.

Dalam dimensinya yang sangat ringkas, ASUS memiliki tantangan tersendiri untuk dapat mengintegrasikan hardware powerful, mulai dari komponen internal sampai ketersediaan port demi konektivitas prima. Tidak hanya itu, material ramah lingkungan juga turut digunakan. Dan tetap menghasilkan sebuah perangkat yang Slim & Sophisticated—sesuai dengan huruf “S” pada namanya.

Sesuai dengan namanya, ASUS juga menghadirkan kemampuan visual terbaik melalui layarnya. Sementara performanya sendiri sudah tervalidasi Intel® Evo™ platform, berikan jaminan kualitas terbaik. Berikut adalah sejumlah keunggulan yang dimiliki oleh ASUS Zenbook S 13 OLED (UX5304)!

Sangat Portable dengan Bobot 1 Kg

ASUS Zenbook S 13 OLED

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, Zenbook S 13 OLED (UX5304) mengunggulkan portabilitas yang maksimal, sehingga pas bagi para pengguna yang gemar bekerja secara mobile. Selain ketebalan bodinya yang hanya setara smartphone di kisaran 1 cm, bobotnya juga hanya 1 kilogram saja. Tidak akan memberatkan penggunanya, bagaimana pun cara membawanya seperti menggunakan backpack atau totebag sekalipun.

Baca juga: Kisah ASUS 10 Tahun Bergelut Jualan Laptop di Indonesia, Dari Marketshare 1,5% Jadi 40%

Untuk bisa meraih profil yang tipis dan ringkas, ASUS menerapkan sejumlah teknik dan penggunaan material khusus. Misalnya, kamera IR FHD pada Zenbook S 13 OLED (UX5304) memiliki ukuran lebih kecil dan ditanam langsung ke dalam bagian bezel layar lewat proses CNC. Panel OLED-nya sendiri juga lebih tipis, membuat bagian tersebut 30% lebih tipis dibandingkan generasi Zenbook ultra-portable sebelumnya.

ASUS Zenbook S 13 OLED

ASUS Zenbook S 13 OLED (UX5304) juga mempunyai papan sirkuit dengan lapisan lebih sedikit, kerapatan kabel tinggi, serta transistor lebih banyak untuk kinerja optimal dalam ruang lebih ringkas. Begitu pula bagian motherboard yang dirancang presisi, dapat menampung dua kipas tipis untuk pendinginan optimal. Sementara material magnesium-aluminium daur ulang pada bagian keyboard deck dibuat dengan proses CNC, dan bagian touchpad menggunakan penutup kaca sangat tipis.

Beberapa teknik dan jenis material khusus tersebut membuat Zenbook S 13 OLED (UX5304) bisa hadir dalam profil yang sangat istimewa, tanpa mengesampingkan durabilitas. Juga ramah lingkungan, dirancang agar tidak meninggalkan jejak karbon lebih banyak hingga berhasil mengantongi sertifikasi EPEAT® Gold.

ASUS Zenbook S 13 OLED

Selain magnesium-aluminium daur uang, tombol dan speaker pada Zenbook S 13 OLED (UX5304) juga terbuat dari plastik daur ulang.  Bahkan boks atau kemasannya bisa didaur ulang 100%, atau dimanfaatkan sebagai dudukan laptop. Bodi laptop ini juga menggunakan bahan plasma ceramic aluminium dengan pemrosesan hanya dengan air murni dan listrik. Menghasilkan bodi bebas korosi, durabilitas tinggi, tanpa memerlukan senyawa organik, asam kuat atau logam berat.

Gunakan Layar ASUS Lumina OLED Berstandar Tinggi

ASUS Zenbook S 13 OLED

Sesuai dengan namanya, laptop ini juga tentu mengunggulkan tampilan visual dari layarnya. Layar Zenbook S 13 OLED (UX5304) dibekali dengan ASUS Lumina OLED, diklaim sebagai standar layar laptop terbaik saat ini. Dengan dimensi 13,3 inci, resolusi 2.8K dan rasio layar 16:10, bekerja menjadi lebih nyaman dengan visual OLED yang memukau.

ASUS Lumina OLED sendiri membawa standar paling tinggi, termasuk pada tingkat akurasi warna. Di mana Zenbook S 13 OLED (UX5304) sudah mengantongi warna gamut DCI-P3 100%, tersertifikasi PANTONE Validated Display, mendukung teknologi HDR dan juga sertifikasi VESA DisplayHDR True Black untuk kontras tinggi. Membuatnya sangat pas untuk para kreator konten.

Selain kualitas visual, ASUS juga tidak lupa untuk mementingkan kesehatan mata penggunanya. Fitur Eye Care pada Zenbook S 13 OLED (UX5304) mampu mengurangi spektrum cahaya biru secara otomatis tanpa mengorbankan tampilan visual, efektif untuk penggunaan jangka panjang. Juga sudah sesuai dengan standar sertifikasi dari TUV Rheinland, di mana Zenbook S 13 OLED (UX5304) juga sudah membawa layar anti-flicker.

Konektivitas dan Port Bebas Kompromi

ASUS Zenbook S 13 OLED

Umumnya, laptop ultra-portable memiliki keterbatasan pada sektor konektivitas, seperti jumlah port yang minim atau jenisnya yang terbatas. Namun tidak pada Zenbook S 13 OLED (UX5304), di mana tetap disediakan beragam jenis port yang dibutuhkan untuk banyak jenis pengguna. Sehingga tidak perlu membawa dongle atau adaptor yang bakal merepotkan.

Di sisi sebelah kiri, terdapat port HDMI 2.1 berukuran penuh, yang ditemani dengan dua port USB-C dengan standar Thunderbolt 4 (mendukung tampilan eksternal 4K, pengisian daya cepat, sampai kecepatan transfer data 40Gbps). Sementara di sebelah kanan Zenbook S 13 OLED (UX5304), masih bisa ditemukan port USB-A 3.2 Gen 2 dan 3,5mm audio combo jack.

ASUS Zenbook S 13 OLED

Untuk konektivitas nirkabel, Zenbook S 13 OLED (UX5304) sudah mendukung WiFi 6E generasi terbaru dan Bluetooth 5.3. Bagian touchpad gunakan teknologi ErgoSense, memiliki ukuran 9,5% lebih besar, dan sudah memiliki lapisan anti sidik jari yang mudah dibersihkan. Tawarkan navigasi yang nyaman serta responsif.

Kamera IR FHD di bagian atas layar Zenbook S 13 OLED (UX5304) sudah mendukung teknologi AI noise-cancelling agar tampilan tetap jernih, sekaligus bisa dimanfaatkan untuk proses login melalui Windows Hello secara instan. Dipadukan dengan sistem audio yang ditingkatkan oleh Harman Kardon, Dolby Atmos, serta ASUS Audio Booster, pengguna bakal bisa menikmati konten multimedia maupun lakukan meeting virtual secara lebih nyaman.

Performa Tinggi dengan Intel® Evo™ Platform

Dimensinya yang ramping nan tipis tidak mencegah ASUS untuk hadirkan sebuah laptop dengan performa yang optimal. ASUS Zenbook S 13 OLED (UX5304) hadir dengan prosesor 13th Gen Intel® Core™ i7-1355U, gunakan konfigurasi CPU 10 inti dengan 12 thread, dengan masing-masing inti CPU mendukung frekuensi tinggi sampai 5GHz.

ASUS Zenbook S 13 OLED - benchmark

Prosesor tersebut dipasangkan dengan RAM 16GB DDR5, serta penyimpanan internal 1TB PCIe 4.0 NVMe M.2 SSD. Adanya sertifikasi Intel® Evo™ platform memastikan bila Zenbook S 13 OLED (UX5304) telah memiliki standar tinggi untuk performa komputasi hingga daya tahan baterainya. Juga telah mendukung sejumlah fitur modern seperti Intel Quick Sync yang memungkinkan proses encoding maupun decoding video lebih instan.

Kombinasi hardware pada Zenbook S 13 OLED (UX5304) membuat laptop ini pas untuk beragam jenis pengguna, dan bisa dimanfaatkan untuk menjalankan banyak aplikasi alias multitasking dengan leluasa. Tentunya ASUS Zenbook S 13 OLED (UX5304) sudah menjalankan Windows 11 Home yang memiliki tampilan antarmuka modern, serta memberikan opsi sambungan yang mudah dengan perangkat seperti smartphone secara nirkabel.

Baterai Awet Seharian

ASUS selalu berhasil untuk menghadirkan sejumlah laptop tipis dan ringan dengan kapasitas baterai ekstra lega, dan Zenbook S 13 OLED (UX5304) termasuk salah satunya. Walaupun tipis, di dalamnya terdapat baterai berkapasitas 63WHrs, yang bisa dibilang di atas rata-rata laptop ultra-portable. Dipadukan bersama prosesor yang modern, tentu laptop ini bisa digunakan sepanjang hari.

Dari hasil pengujian dengan PCMark 10 Battery Test, Zenbook S 13 OLED (UX5304) bisa memutar video non-stop hingga 13 jam 41 menit. Durasi yang cukup lama, dan tentunya bisa lebih lama lagi bila skenario penggunannya lebih ringan atau sederhana. Membuat pengguna Zenbook S 13 OLED (UX5304) tak melulu harus membawa charger ketika sedang bepergian.

Kesimpulan

ASUS Zenbook S 13 OLED

Kehadiran ASUS Zenbook S 13 OLED (UX5304) bisa dibilang cukup revolusioner, di mana melalui sebuah perangkat yang ringkas dan ringan, ASUS bisa hadirkan tampilan layar memukau, performa tinggi, konektivitas yang lengkap sampai baterai besar untuk durasi pemakaian yang lama. Semua dikemas dalam boks yang 100% dapat didaur ulang, selain beberapa material bodi laptop yang juga gunakan material ramah lingkungan.

Tampil dalam warna Basalt Grey, harga Zenbook S 13 OLED (UX5304) tergolong cukup rasional berkat fitur-fitur unggulan yang berhasil dibawanya. ASUS juga menyertakan masa garansi 2 taun secara global, ditambah 1 tahun ASUS VIP Perfect Warranty untuk memberikan rasa aman yang sangat cukup bagi penggunanya.

Spesifikasi ASUS Zenbook S 13 OLED (UX5304)

Main Spec. Zenbook S 13 OLED (UX5304)
CPU Intel® Evo™ Platform, Intel® Core™ i7-1355U Processor 1.7 GHz (12MB Cache, up to 5.0 GHz, 10 cores, 12 Threads)
Operating System Windows 11 Home
Memory 16GB DDR5
Storage 1TB PCIe® 4.0 NVMe™ M.2 Performance SSD
Display 13,3-inch ASUS Lumina OLED, 2.8K (2880 x 1800) 16:10, 60Hz, 0.2ms, 100% DCI-P3, PANTONE Validated, 550nits, VESA CERTIFIED Display HDR True Black 500, Low Blue Light, Anti-Flicker
Graphics Intel® Iris Xe Graphics
Input/Output 1x USB 3.2 Gen 2 Type-A, 2x Thunderbolt™ 4 supports display + power delivery, 1x HDMI 2.1 TMDS, 1x 3.5mm Combo Audio Jack
Connectivity Wi-Fi 6E(802.11ax) (Triple band) 2*2 + Bluetooth® 5.3
Camera 1080P FHD IR Camera for Windows Hello
Audio AI noise-canceling technology, Dolby Atmos, Hi-Res certification, Smart Amp Technology
Battery 63WHrs, 2S2P, 4-cell Li-ion
Dimension  29.62 x 21.63 x 1.09 ~ 1.18 cm
Weight 1 Kg
Colors Basalt Grey
Price Rp23.999.000
Warranty 2 tahun garansi global dan 1 tahun ASUS VIP Perfect Warranty

Artikel berjudul ASUS Zenbook S 13 OLED (UX5304), Laptop OLED 13,3” Paling Tipis & Ringan nan Ramah Lingkungan yang ditulis oleh Prasetyo Herfianto pertama kali tampil di Gizmologi



from Gizmologi https://ift.tt/FjCpmyM
via IFTTT