Jakarta, Gizmologi – YouTube dikabarkan bakal mematikan fitur Stories di platformnya pada 26 Juni mendatang. Lantaran fitur stories yang merupakan jenis postingan sementara di YouTube kurang populer.

Selayaknya Instagram Stories, fitur Stories di YouTube merupakan konten efemeral yang bisa menghilang setelah tujuh hari. Fitur ini hanya tersedia untuk pengguna yang memiliki lebih dari 10.000 subscriber.

“Meskipun Stories menghilang, kami melihat bahwa postingan Community dan YouTube Shorts merupakan alternatif bagus yang dapat menghadirkan koneksi dan percakapan dengan audiens yang berharga,” kata Community Manager YouTube Meaghan Sulliva dalam postingan blognya, Selasa (30/5/2023).

Setelah fitur Stories dimatikan, YouTube ingin kreator memanfaatkan fitur lain untuk mengunggah konten yaitu Community Posts dan Shorts. Platform milik Google ini baru saja memperluas akses untuk Community Posts dan menambahkan opsi untuk menghapus konten setelah waktu tertentu.

Baca Juga: 5 Fitur Baru YouTube Premium, Bisa Nobar Virtual Lebih Gampang

YouTube akan lebih fokus ke Shorts

Fokus ke Shorts YouTube matikan Stories
Fitur YouTube Stories kurang populer

Selain update teks, kreator juga bisa membagikan polling, kuis, foto, dan video di Community Posts, yang bisa diakses lewat tab Community di channel YouTube. Nyaanya kedua fitur tersebut memang jauh lebih populer digunakan oleh konten kreator di YouTube ketimbang Stories yang bersifat sementara.

Menurut YouTube, postingan di Community sangat cocok untuk membagikan kabar terbaru sekaligus sebagai tempat diskusi antara konten kreator dengan followers. Sementara itu, Shorts dinilai lebih bisa mendatangkan traffic dan subscriber ketimbang Stories.

Walaupun Stories sudah menjadi produk gagal, YouTube malah meraih kesuksesan bersama Shorts. Fitur kloningan TikTok ini memiliki 1,5 miliar penonton bulanan pada Juni 2022, kurang dari setahun sejak diluncurkan pada Juli 2021.

YouTube juga mencari cara untuk meyakinkan kreator konten tradisional untuk membuat konten video pendek. Pada Februari lalu, YouTube mulai membagikan pendapatan iklan dari Shorts dengan kreator mengikuti kebijakan monetisasi baru.

Artikel berjudul Fokus ke Shorts, YouTube Matikan Fitur Stories per 26 Juni yang ditulis oleh Aditya Fajar pertama kali tampil di Gizmologi



from Gizmologi https://ift.tt/vJQdPye
via IFTTT