Jakarta, Gizmologi – Ketika Xiaomi 13 Series tidak kunjung hadir secara resmi di Tanah Air, nampaknya masyarakat Indonesia bakal kebagian versi flagship yang berbeda. Pasalnya, baru-baru ini telah muncul bocoran spesifikasi Xiaomi 13T Series, yang juga ditandai dengan adanya sertifikasi TKDN resmi sebagai syarat rilis resmi.

Sepanjang tahun 2023, Xiaomi Indonesia baru meluncurkan sejumlah opsi smartphone Android kelas entri terbaru, serta Redmi Note 12 Series yang tersedia dalam tiga varian berbeda. Untuk flagship-nya sendiri, Xiaomi justru baru menurunkan harga Xiaomi 12. Kini semakin menarik sebagai pilihan smartphone flagship kompak yang mudah digenggam dalam satu tangan.

Dalam beberapa tahun terakhir, Xiaomi hadirkan lebih dari satu opsi flagship. Selain dengan seri angka, juga ada Xiaomi T Series yang umumnya dijual dengan harga lebih murah. Namun tetap dapat memberikan pengalaman menggunakan flagship. Lalu seperti apa bocoran spesifikasi Xiaomi 13T Series yang baru saja muncul di media sosial?

Baca juga: Harga Xiaomi 12 Kembali Turun, Jadi Flagship Kompak Harga Rp6 Jutaan

Spesifikasi Xiaomi 13T Series Sama-sama Dibekali Kamera Leica

bocoran Spesifikasi Xiaomi 13T

Rumor terkait spesifikasi Xiaomi 13T Series sendiri dicuitkan oleh pengguna Twitter, SnoopyTech. Dalam dua cuitan berbeda, ia mengunggah bocoran spesifikasi Xiaomi 13T & 13T Pro. Ya, seperti tahun sebelumnya, Xiaomi bakal hadirkan opsi flagship terjangkau dalam dua seri berbeda. Umumnya memiliki sedikit perbedaan hardware, termasuk pada sektor kameranya.

Untuk bocoran spesifikasi Xiaomi 13T sendiri, SnoopyTech sebutkan bila smartphone Xiaomi terbaru tersebut bakal mengusung layar CrystalRes AMOLED dengan refresh rate tinggi hingga 144Hz. Tak hanya itu, juga bakal mengusung chipset 4nm kelas flagship. Sehingga bisa diasumsikan kalau nantinya bakal gunakan cip terbaik Qualcomm seperti Snapdragon 8 Gen 2. Dipasangkan bersama RAM 8GB dan penyimpanan internal 256GB.

Kapasitas baterai Xiaomi 13T dikabarkan bakal mencapai 5,000 mAh, dengan dukungan fast charging 67W. Menariknya, spesifikasi Xiaomi 13T Series bakal diperkuat oleh kamera dari Leica—meski tak disebutkan spesifikasi masing-masing sensor, baik secara resolusi maupun jumlah sensornya. Siap rilis 1 September mendatang, dengan harga 599 Euro atau sekitar Rp9,8 jutaan.

Selain varian standar, spesifikasi Xiaomi 13T Pro juga ikut dibocorkan. Perbedaan utama terdapat pada jenis chipset 4nm yang digunakan, kemungkinan bakal gunakan seri Dimensity 9200 dari MediaTek. Kapasitas memorinya juga lebih lega di 12+512GB, serta mendukung fast charging 120W. Bakal dijual seharga 799 Euro, atau sekitar Rp13 jutaan.

Tanda Kehadiran Xiaomi 13T di Indonesia

Sertifikat TKDN - Xiaomi 13T
Sertifikat TKDN Xiaomi 13T (Sumber: Alvin @sondesix)

Khusus Xiaomi 13T, sertifikasi TKDN-nya pun sudah terbit sejak 23 Juni lalu, tercatat lewat model “Xiaomi 2306EPN60G”. Sudah mendukung 5G, smartphone ini sudah memenuhi standar TKDN dengan nilai 37,20%. Apakah bakal rilis sesuai dengan bocoran tanggal di atas? Kita nantikan saja kebenarannya.

Sebagai informasi, Xiaomi hadirkan seri 12T 5G pada akhir tahun 2022 lalu. Yang dihadirkan hanya satu varian saja, mengunggulkan kamera 108MP dengan OIS, serta penggunaan chipset MediaTek Dimensity 8100-Ultra. Saat itu, Xiaomi meluncurkannya dengan harga Rp6,599 juta, namun kini sudah bisa didapat lebih murah, sekitar Rp6,1 jutaan di e-commerce lokal.

Karena bocoran harga di atas menggunakan kurs Euro, besar kemungkinan Xiaomi 13T yang hadir di Indonesia nantinya dijual dengan harga lebih murah. Situasi serupa juga baru saja muncul dari saudara Xiaomi, POCO, yang baru saja meluncurkan duo POCO X5 Pro & F5 di Tanah Air. Membawa banderol harga lebih murah bahkan dibandingkan India.

Artikel berjudul Bocoran Spesifikasi Xiaomi 13T Bawa Kamera Leica, Sudah Lolos TKDN yang ditulis oleh Prasetyo Herfianto pertama kali tampil di Gizmologi



from Gizmologi https://ift.tt/MKLqCyG
via IFTTT