Jakarta, Gizmologi – Platform dompet digital DANA berkolaborasi dengan perusahaan pengiriman uang antar negara RIA Money Transfer. Hal tersebut dilakukan untuk mempermudah pekerja migran Indonesia dalam melakukan transaksi transfer dari luar negeri atau remitansi ke tanah air.

Direktur Penempatan Non-Pemerintah Kawasan Asia dan Afrika Badan Perlindungan Pekerja Migran Indonesia (BP2MI), Sri Andayani mengungkapkan arus transaksi devisa masuk yang dari pekerja migran cukup tinggi. Namun sayangnya, rata-rata pekerja migran yang tidak berbadan hukum itu belum memiliki rekening bank (unbankable).

“Banyak dari keluarga PMI belum memiliki rekening, sehingga alternatif pengiriman uang yang masuk ke Dana bisa menjadi solusi pada saat ini. Kemudahan pembukaan akses keuangan oleh Dana juga memberikan manfaat bagi peningkatan inklusi keuangan,” ucap Sri Andayani saat menghadiri kerja sama Dana bersama Ria Money Transfer, Selasa (27/6).

Dalam kesempatan itu, Chief of Product Dana Indonesia, Rangga Wiseno menuturkan, berbagai inovasi Dana saat ini bermuara pada kebutuhan para pengguna. DANA pun menyadari kalau mereka membutuhkan layanan transfer uang antar negara, dengan mudah.

Baca Juga: Pengguna DANA Kini Bisa Bertransaksi dengan Kode QR di Malaysia

Layanan Remitansi DANA untuk Pekerja Migran

Remitansi

Sehingga DANA pun bekerja sama dengan RIA Money Transfer untuk memberikan layanan Inbound Remittance atau layanan kiriman uang dari luar negeri kepada penerima di Indonesia. Di mana saat ini, layanan remitansi lewat Dana dan Ria Money Transfer dapat dilakukan oleh pekerja migran Indonesia di beberapa negara, di antaranya Malaysia, Arab Saudi, Singapura, Hong Kong, dan Taiwan.

“Melalui kerja sama ini, kami percaya bahwa keikutsertaan Daan dan Ria Money Transfer dalam mendukung penyelenggaraan remitansi mampu berperan serta dalam memberikan solusi keuangan serta membuka berbagai kesempatan baru di kehidupan pekerja migran maupun keluarganya,” ucap Rangga.

Harapannya, efisiensi yang ditawarkan dompet digital Dana ini dapat menstabilkan performa remitansi di masa yang akan datang serta ikut meningkatkan literasi maupun inklusi keuangan masyarakat. Apalagi, merujuk pada data Bank Indonesia PMI telah menyumbang devisi negara hingga USD 9,71 miliar atau Rp 145,5 triliun.

Sehingga besar harapannya, inovasi DANA dalam membantu transaksi keuangan pekerja migran dalam mengirimkan uang ke tanah air, Bagi keluarga penerima remitansi yang ingin tarik tunai bisa melakukan penarikan di Alfamart, Pegadaian, dan Lawson.

Artikel berjudul DANA Permudah Transaksi Remitansi Pekerja Migran ke Indonesia yang ditulis oleh Aditya Fajar pertama kali tampil di Gizmologi



from Gizmologi https://ift.tt/9fRFl23
via IFTTT