Jakarta, Gizmologi – Inisiatif Hyperlocal Tokopedia terbukti mampu meningkatkan penjualan UMKM di Medan, Sumatera Utara hinggal 5 kali lipat. Bahkan menurut laporan e-Conomy SEA 2022 menyebutkan sektor digital diperkirakan akan terus tumbuh dan menjadi platform utama masyarakat Indonesia dalam memenuhi kebutuhan selama 2023.

Head of Corporate Affairs Tokopedia, Ekhel Chandra Wijaya, mengatakan, sejalan dengan laporan tersebut, ia juga melihat pertumbuhan transaksi online yang positif di berbagai daerah di Indonesia, seperti Sumatra Utara, termasuk Medan dan sekitarnya.

“Nias Selatan, Gunungsitoli, Toba Samosir, Padang Lawas dan Deli Serdang menjadi sejumlah wilayah dengan peningkatan transaksi tertinggi di Sumatra Utara pada Mei 2023 dibanding rata-rata bulanan selama 2023 (Januari-April),” kata Ekhel dalam keterangan yang diterima Gizmologi, Jumat (23/6/2023).

Hyperlocal mendekatkan penjual dengan pembeli dimanapun berada, agar pelaku usaha punya kesempatan sama untuk tumbuh, tanpa harus pindah ke ibukota. Salah satu manifestasi Hyperlocal, yaitu Kumpulan Toko Pilihan (KTP), halaman kurasi produk penjual terdekat dari lokasi pembeli.

Bahkan jumlah pembeli di kampanye Waktu Indonesia Belanja (WIB) Sumatera Utara, termasuk Medan dan sekitarnya meningkat hampir 1,5 kali lipat pada Mei 2023 dibanding rata-rata bulanan 2023 (Januari-April). Di mana pengiriman terjauh terjadi dari Medan (Sumatra Utara) ke Merauke (Papua).

“Promo yang paling sering digunakan oleh kebanyakan masyarakat di Sumut, termasuk Medan dan sekitarnya, dalam belanja online melalui Tokopedia, termasuk kampanye WIB, di sepanjang 2023 (Januari-Mei) adalah Bebas Ongkir dan Cashback,” jelas Ekhel.

Baca Juga: Rumah BUMN Laman Khusus Tokopedia Buat Akselerasi 30 Juta Produk UMKM

UMKM di Medan Cuan dari Hyperlocal Tokopedia

Hyperlocal Tokopedia

Menurut data Kementerian Koperasi dan UKM Republik Indonesia, kontribusi UMKM lokal terhadap PDB Indonesia meningkat setiap tahunnya, mencapai 60,3 persen pada tahun 2019. Pemerintah Indonesia juga menargetkan pertumbuhan wirausaha di Indonesia sebesar 4 persen pada tahun 2024.

“Kini Tokopedia telah menjadi rumah bagi sekitar 14 juta penjual yang hampir 100 persen pegiat UMKM. Mereka memasarkan lebih dari 1,8 miliar produk ke masyarakat di 99 persen kecamatan di Indonesia.”

Salah satu UMKM Medan sekaligus penjual di Tokopedia adalah Fog Apothecary. Fog Apothecary menjual produk essential oil, perawatan tubuh dan wewangian rumah berbahan alami. Sejak bergabung dengan Tokopedia pada 2018 dan mengikuti beragam kampanye–seperti turunan Hyperlocal yaitu KTP–bisnis Fog Apothecary kian tumbuh dan berkembang.

UMKM Medan ‘Fog Apothecary’ Berdayakan Ratusan Petani, Buat Essential Oil Ramah Kulit Sensitif Essential oil adalah minyak hasil ekstraksi jenis tanaman tertentu. Essential oil digunakan dalam terapi alternatif aromaterapi karena mampu memberikan efek psikologis, seperti menenangkan pikiran.

“Tokopedia melakukan berbagai upaya, salah satunya Hyperlocal, untuk mempermudah pelaku usaha khususnya UMKM menciptakan peluang lewat pemanfaatan kanal digital dari seluruh penjuru di Indonesia, seperti Sumatra Utara (Sumut),” pungkas Ekhel.

Artikel berjudul Hyperlocal Tokopedia Bikin UMKM di Medan Cuan 5x Lipat yang ditulis oleh Aditya Fajar pertama kali tampil di Gizmologi



from Gizmologi https://ift.tt/jIXr2Pd
via IFTTT