Jakarta, Gizmologi – Platform keamanan Samsung Knox sudah berusia 10 tahun, terhitung sejak diperkenalkan pertama kali tahun 2013 di ajang Mobile World Congress (MWC). Satu dekade kehadiran sistem keamanan ini diperingati Samsung dengan menghadirkan babak baru melalui perangkat Samsung Knox Matrix. 

Platform ini dibangun dari konsep menyatukan perangkat-perangkat Samsung agar terhubung dalam satu ekosistem utuh yang dapat melindungi satu sama lain – serta penggunanya.

Sistem Samsung Knox Matrix bekerja untuk melindungi satu sama lain dalam jaringan yang tepercaya. Jika satu elemen terpapar resiko, maka sistem akan mengisolasinya dari ekosistem untuk melindungi elemen lainnya. Melalui kehadiran platform ini, Samsung dapat menciptakan smart home yang semakin baik.

Sebelum ekosistemnya terbentuk secara utuh, Samsung akan mendemonstrasikannya secara bertahap di waktu mendatang, diawali dengan produk Samsung Galaxy. Samsung menjanjikan bahwa perangkat ponsel dan tablet yang kompatibel dengan platform ini baru akan tersediia pada tahun 2024 mendatang.

Kemudian selanjutnya akan disusul dengan produk lainnya dari jajaran televisi, laptop, kulkas, mesin cuci, dan lain sebagainya. Platform ini akan mengelola semua perangkat dalam sebuah blockchain pribadi yang memudahkan pengguna.

Baca juga: 7 Alasan Samsung Galaxy S21 FE Layak Beli di 2023

Samsung Knox Matrix Miliki 3 Fitur Penting

samsung knox matrix
Model kerja Knox Matrix yang saling terhubung di antara perangkatnya.

Saat ini ada tiga fitur penting yang menyokong kesuksesan Samsung Knox Matrix. Pertama adalah Trust Chain, yang membuat perangkat-perangkat saling memantau ancaman. Lalu Credential Sync, untuk mengamankan informasi pengguna saat data dipindahkan antar perangkat. Terakhir ialah Cross Platform SDK, akan memungkinkan perangkat di berbagai sistem operasi dan platform (termasuk tetapi tidak terbatas pada Android, Tizen, dan Windows) untuk bergabung dengan Knox Matrix dengan standar keamanan yang konsisten. Dengan cara ini, pengguna dapat menjaga perangkat tetap aman, bahkan di dunia yang sangat terhubung.

Sebelum menjadi sistem baru ini, Samsung sebelumnya telah memperkenalkan Samsung Knox Vault, solusi keamanan utama yang mengisolasi data paling sensitif pengguna untuk memastikan data tersebut tidak jatuh ke tangan yang salah.

Evolusi sebelumnya termasuk TrustZone, yang menyediakan lingkungan yang aman di dalam sistem operasi utama untuk menjalankan aplikasi dan proses yang sensitif secara terpisah dari perangkat lunak biasa. Dengan demikian, aktivitas bekerja dan bermain dapat berjalan berdampingan dengan aman di perangkat yang sama.

Artikel berjudul Perangkat Samsung Knox Matrix Akan Tersedia Mulai Tahun 2024 yang ditulis oleh Ronggo pertama kali tampil di Gizmologi



from Gizmologi https://ift.tt/DBCFwv0
via IFTTT