Jakarta, Gizmologi – Gamer Minecraft tidak akan dapat memainkan game teresbut di versi current gen milik Sony, yakni Playstation 5. Setidaknya sampai saat ini, game tersebut hanya dapat berjalan melalui  versi Playstation 4. Hal tersebut diketahui setelah Phil Spencer, CEO Xbox Games Studio, mengungkapkan kepada publik bahwa Sony belum juga mengirimkan development kit kepada studio mereka.

Dikutip dari IGN.com, Spencer berujar, “Sony enggan mengirimkan kit pengembangan untuk Playstation 5, yang di saat bersamaan mereka mengirimkannya kepada developer lain, yang mana itu menempatkan kami dalam posisi kurang menguntungkan dibandingkan developer lain.”

Kondisi demikian disinyalir karena game Minecraft berada di bawah bendera Xbox. Pesaing utama Sony dalam ranah perangkat konsol. Bisa jadi Sony merasa keberatan untuk membuka ‘rahasia dapur’ mereka ke pada rival utamanya. Padahal, menurut Spencer, Sony dapat mengirimkan development kit ke Microsoft semudah mereka melakukannya ke developer lain.

Baca juga: Xbox Series S Black Carbon Punya Storage 1TB

Minecraft di Bawah Bendera Microsoft

Minecraft merupakan salah satu game paling sukses saat ini dengan total gamer aktif mencapai angka 14 juta gamer di seluruh dunia sejak hadirnya di tahun 2011. Pada tahun 2023 ini diperkirakan ada kenaikan gamer hingga mencapai angka 17 juta. Kesuksesan tersebut digapai berkat keunikan permainan dan komunitas yang terbangun dengan baik.

Game ini sendiri dikembangkan oleh Mojang Studios yang berbasis di Swedia. Dan pada tahun 2014, Intellectual Property (IP) dari Mojang maupun Minecraft resmi diakuisisi oleh Microsoft seharga US$2,5 juta. Dan sampai kini pengembangan Minecraft ada di bawah tanggung jawab Microsoft. Dalam perkembangannya, game ini telah mendapatkan banyak spin-off dari versi utamanya.

Game ini juga dapat dimainkan di beragam konsol dan perangkat, seperti Windows PC, Mac, Linux Playstation, Xbox, hingga Android. Kemudahan itu pula yang membuat game ini dapat bertahan hingga dalam jangka waktu lama untuk tetap dimainkan.

 

Artikel berjudul Tidak Ada Minecraft versi Playstation 5, Sony Belum Kirimkan Development Kit ke Microsoft! yang ditulis oleh Ronggo pertama kali tampil di Gizmologi



from Gizmologi https://ift.tt/4lOaeKT
via IFTTT