Shanghai (China), Gizmologi – Di ajang MWC Shanghai 2023, Huawei mengumumkan akan meluncurkan satu set lengkap peralatan jaringan 5.5G komersial pada tahun 2024. Hal ini ditegaskan oleh Yang Chaobin, Direktur dan Presiden Produk & Solusi TIK Huawei  yang mengatakan perusahaan bermaksud peluncuran ini untuk menandai awal era 5.5G untuk industri TIK.

Dijelaskan lebih lanjut, penyebaran 5G berkembang pesat selama empat tahun terakhir dan sudah menghasilkan keuntungan finansial yang signifikan. Saat ini, ada lebih dari 260 jaringan 5G komersial di seluruh dunia, melayani lebih dari 1,2 miliar pengguna, dan sudah ada 115 juta gigabit pengguna 5G.

Dengan model layanan dan konten yang terus berkembang, terobosan dalam teknologi seperti 3D bebas kacamata menciptakan pengalaman imersif yang belum pernah ada sebelumnya bagi pengguna. Namun, layanan baru ini terus membutuhkan kemampuan jaringan 5G yang lebih kuat. Industri ini telah secara luas menyetujui bahwa 5.5G akan menjadi tonggak penting dalam evolusi 5G, dan akan semakin dekat.

Konsep Era 5.5G Ala Huawei

230629 9
Chaobin Yang, Board Member, President of ICT Products & Solutions, Huawei

Huawei mengusulkan konsep “Era 5.5G”, berdasarkan solusi end-to-end yang mengintegrasikan teknologi canggih yang komprehensif termasuk 5.5G, F5.5G, dan Net5.5G. Solusi ini akan melindungi investasi operator sebelumnya di 5G, sekaligus meningkatkan kinerja jaringan hingga 10 kali lipat.

Era 5.5G ini akan menghadirkan kecepatan downlink puncak 10 gigabit dan kecepatan uplink 1 gigabit untuk memenuhi kebutuhan layanan yang semakin beragam. Ini juga akan menyegarkan visi industri dengan menggunakan teknologi baru seperti IoT pasif untuk membuka pasar dengan 100 miliar koneksi IoT.

“Dengan jadwal standardisasi yang jelas, Era 5.5G sudah siap untuk verifikasi teknologi dan komersial. Pada tahun 2024, Huawei akan meluncurkan satu set lengkap peralatan jaringan komersial 5.5G untuk mempersiapkan penerapan komersial 5.5G. Kami berharap dapat bekerja sama dengan semua pelaku industri untuk memulai perjalanan baru menuju era 5.5G,” ujar Yang.

Gandeng Banyak Pemain Industri Kembangkan Solusi 5,5G

Huawei Passive IoT 55G
Passive IoT pada pabrik, salah satu case study pemanfaatan 5,5G

Sebagai advokat untuk solusi 5.5G end-to-end, Huawei telah bekerja sama dengan banyak pemain di seluruh industri dalam R&D dan verifikasi teknologi 5.5G utama. Kemajuan signifikan telah dicapai dalam proses verifikasi ini, khususnya untuk susunan antena sangat besar (ELAA) yang mendukung downlink 10 gigabit, akses spektrum fleksibel yang membantu mewujudkan uplink gigabit, dan IoT pasif yang dapat mengaktifkan 100 miliar koneksi IoT.

50G PON adalah teknologi utama lainnya yang dapat mengaktifkan kecepatan 10 gigabit untuk jaringan ultra-broadband F5.5G, dan diharapkan dapat digunakan secara luas di rumah, kampus, dan produksi di masa mendatang. Huawei telah bekerja sama dengan lebih dari 30 operator di seluruh dunia dalam verifikasi teknologi dan uji coba aplikasi untuk teknologi ini.

Selain pengembangan teknologi utama untuk jaringan akses nirkabel dan optik 5.5G, Yang mengumumkan bahwa perusahaan telah berupaya menerapkan teknologi asli AI ke jaringan inti 5.5G untuk terus meningkatkan kemampuan dan ketersediaan jaringan. Ini akan memungkinkan kemampuan AI dikirimkan ke ujung jaringan, sehingga mereka dapat melayani banyak industri dengan lebih baik. Net5.5G menjanjikan akses 10 gigabit, transportasi ultra-broadband, dan latensi tingkat mikrodetik melalui jaringan AI, memungkinkannya berfungsi sebagai fondasi jaringan generasi berikutnya untuk digitalisasi industri dengan menyediakan akses jaringan berkualitas tinggi.

Industri ini masih dalam tahap awal mengembangkan visi untuk 6G, dan baru saja memulai penelitian terkait teknologi utama. Inilah sebabnya mengapa banyak yang beralih ke 5.5G sebagai tonggak sejarah mereka untuk pengembangan di masa depan. Peningkatan 10 kali lipat dalam kemampuan jaringan di Era 5.5G diatur untuk memungkinkan banyak industri melepaskan produktivitas teknologi digital.

Artikel berjudul Begini Konsep Era 5,5G yang Bakal Dikomersialkan Huawei di 2024 yang ditulis oleh Bambang Dwi Atmoko pertama kali tampil di Gizmologi



from Gizmologi https://ift.tt/3s5jHeK
via IFTTT