Jakarta, Gizmologi – Perusahaan teknologi finansial (fintech) PT Cashlez Worldwide Indonesia Tbk (CASH) baru saja mengadakan Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) beberapa waktu lalu. Dalam rapat tersebut, diumumkan perubahan susunan anggota dewan komisaris maupun direksi perusahaan. Sekaligus strategi dan apa saja yang ingin dicapai setidaknya sepanjang tahun 2023.

Cashlez sendiri telah eksis di Indonesia sejak beberapa tahun terakhir, sudah merilis aplikasi kasir pertamanya di 2018, lalu berhasil mendapatkan izin resmi sebagai payment gateway dari Bank Indonesia sejak 2019 lalu. Sejak itu, perusahaan telah menargetkan jumlah hingga triliunan transaksi. Sekaligus membantu UMKM untuk mempermudah proses transaksi kepada semua pelanggannya.

Dalam RUPST yang digelar Senin (26/6) lalu, Irianto Kusumadja selaku Presiden Direktur PT Cashlez Worldwide Indonesia Tbk. mengatakan, perubahan susunan keanggotaan kali ini ditujukan agar manajemen CASH dapat menghadapi tantangan lebih baik ke depannya. Karena kini didukung oleh tenaga profesional pada masing-masing bidang untuk hadirkan transformasi yang dibutuhkan, demi peningkatan kinerja perusahaan.

Baca juga: Kinerja Meningkat, Cashlez Targetkan 10 Triliun Transaksi Payment Gateway di 2021

Tarik Sejumlah Direksi dari GoTo Hingga MNC

RUPST Cashlez - 001

Ki-Ka: Robert Kurniawan (Direktur), Irianto Kusumadjaja (Presiden Direktur), Aseanto Oudang (Presiden Komisaris), Hendrik Adrianto (Direktur) dalam Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan & Public Expose PT Cashlez Worldwide Indonesia Tbk

Lebih lanjut, Irianto mengatakan bila transformasi diperlukan pasca recovery ekonomi sejak adanya situasi pandemi yang melanda sejak 2020. Dalam rapat tersebut, Edy Suryanto Sulistyo diperkenalkan sebagai Komisaris Perseroan baru, dikenal sebagai founder dari Loket.com serta sejumlah perusahaan maupun produk web lainnya. Ia juga termasuk salah satu petinggi Gojek yang berhasil kembangkan GoPlay, sekaligus penasihat untuk beberapa ICO terkemuka di Indonesia.

Selain itu, juga ada Komisaris Independen baru yakni David Fernando Audy. Ia memiliki pengalaman di Venture Capital dan di sejumlah perusahaan terkemuka lainnya, seperti CEO PT MNC Tbk, Direktur PT Global Mediacom Tbk, Pendiri Okezone.com, CEO Global TV Indonesia, CEO INEWSTV, sampai CEO WeChat Indonesia.

Selain di Cashlez, David juga menjabat sebagai Komisaris Independen di sejumlah perusahaan lain seperti PT Matahari Department Store Tbk dan PT Multipolar Tbk. Juga ditunjuk Direktur Bisnis baru yakni Robert Kurniawan, yang sebelumnya memiliki pengalaman di sejumlah perusahaan seperti GoTo, Zenius, sampai Erajaya Active Lifestyle.

Penunjukan tiga anggota dewan baru ini diharap dapat membantu Cashlez sebagai perusahaan start-up untuk menjadi lebih besar di Indonesia, mampu mewujudkan pertumbuhan organik maupun anorganik di tengah persaingan perusahaan penyedia jasa pembayaran di Tanah Air.

Siap Terapkan Strategi Baru Untuk Gaet UMKM

cashlez card

Pada RUPST Cashlez, juga disebutkan bila pihaknya berencana untuk mengincar penambahan setidaknya 10 ribu merchant baru sampai akhir tahun. “Strategi yang kami jalankan saat ini adalah bagaimana kami bisa mengaktifkan kembali merchant yang sempat off untuk bisa mencapai target, baik dari sisi transaksi dan merchant,” tambah Irianto.

Saat ini, sudah ada lebih dari 16 ribu merchant yang tergabung dengan Cashlez. Lewat target penambahan merchant tersebut, Cashlez mencantumkan target kenaikan pendapatan hingga Rp150 miliar secara konsolidasi di tahun ini. Sejumlah strategi bakal diterapkan, termasuk fokus untuk peningkatan hubungan terhadap UMKM supaya bisa semakin banyak yang menjadi mitra perusahaan.

Sejumlah cara yang siap dilakukan adalah dengan meningkatkan kerja sama strategis dengan beragam pihak, mulai dari pemerintah daerah, Kemenparekraf, sampai bank pembangunan daerah. Cashlez juga membidik kenaikan pendapatan hingga 20% di tahun 2023. Sementara di tahun sebelumnya, start-up fintech satu ini berhasil meraih pendapatan senilai Rp128,9 miliar.

Artikel berjudul Ubah Manajemen, Cashlez Targetkan Penambahan 10 Ribu Merchant di 2023 yang ditulis oleh Prasetyo Herfianto pertama kali tampil di Gizmologi



from Gizmologi https://ift.tt/tFASqCJ
via IFTTT