Jakarta, Gizmologi – Aplikasi perpesanan WhatsApp mengenalkan fitur baru, yakni pesan video instan. Fitur ini memungkinkan pengguna untuk dengan mudah membuat dan berbagi video personal singkat secara langsung dalam chat.

Bisa dikatakan, pesan video instan punya cara kerja yang mirip seperti merekam voice note (pesan suara). Pesan video ini berdurasi hingga 60 detik, diyakini Meta cukup untuk menambahkan sentuhan personal pada interaksi pengguna.

“Kami bersemangat membangun fitur ini dengan pesan video instan baru. Kini, Anda bisa merekam dan membagikan video pendek pribadi langsung di chat (obrolan),” tulis WhatsApp dalam keterangan resmi yang diterima Gizmologi, Jumat (28/7/2023).

Untuk mengirim pesan video instan itu, seperti diungkap sebelumnya, semudah mengirim pesan suara. Pengguna WhatsApp hanya cukup mengetuk untuk beralih ke mode video, lalu tahan untuk merekam video.

Pengguna juga bisa mengusap ke atas untuk mengunci dan merekam video bebas genggam. Saat membuka obrolan WhatsApp, video secara otomatis terputar tanpa suara. Ketika video diketuk, video akan terputar dengan suara.

Baca Juga: WhatsApp Rilis Aplikasi Khusus Wear OS 3, Bisa Lakukan Panggilan Tanpa Smartphone

Kirim Pesan Video Instan di WhatsApp

WhatsApp Pesan Video Instan
Fitur Video Instan di Aplikasi Perpesanan WhatsApp

Pesan video instan itu, seperti jenis komunikasi lainnya yang dihadirkan WhatsApp, dilengkapi dengan enkripsi end-to-end untuk menjaga keamanan pesan yang dikirim ke pengguna lainnya.

“Menurut kami, ini akan menjadi cara yang menyenangkan untuk berbagi momen dengan semua emosi yang muncul dari video, untuk mengucapkan selamat ulang tahun kepada seseorang, menertawakan lelucon, atau membawa kabar baik,” ungkap WhatsApp.

Pesan video instan itu sudah mulai diluncurkan dan akan tersedia untuk semua pengguna WhatsApp dalam beberapa minggu ke depan. Fitur ini dirilis setelah WhatsApp mengumumkan aplikasi mandiri baru untuk Wear OS yang selama ini hanya mengandalkan notifikasi bagi pengguna untuk melihat pesan di smartwatch.

Artikel berjudul WhatsApp Gulirkan Fitur Pesan Video Instan yang ditulis oleh Aditya Fajar pertama kali tampil di Gizmologi



from Gizmologi https://ift.tt/dSJy6k0
via IFTTT