Jakarta, Gizmologi – Platform pembelajaran online, Coursera menghadirkan inisiatif baru dengan memanfaatkan fitur-fitur berbasis kecerdasan buatan (AI) untuk membuat pembelajaran online menjadi lebih personal dan interaktif. Selain itu Coursera juga menambah katalog besar konten pembelajaran hingga 2.000 materi dalam Bahasa Indonesia.

CEO Coursera, Jeff Maggioncalda mengatakan saat ini banyak kursus-kursus unggulan seperti The Science of Well-Being dari Yale University, Programming for Everybody dari University of Michigan hingga What is Data Science? dari IBM yang telah memanfaatkan AI. Berbekal kemampuan machine learning, kelas-kelas yang tadinya hanya tersedia dalam bahasa Inggris, akan dapat diakses oleh siapa saja yang berbahasa Indonesia.

“Ambisi Indonesia untuk memainkan peran penting di panggung global bergantung pada kemampuannya dalam mengembangkan tenaga kerja yang terampil. Untuk itu misi Coursera untuk menghadirkan akses pembelajaran yang setara kelas dunia, ” kata Jeff, Rabu (16/8/2023).

Coursera juga mengumumkan pelanggan baru dari kalangan perusahaan dan universitas, seiring dengan semakin banyaknya institusi di Indonesia yang menerapkan pembelajaran online untuk membekali karyawan dan siswa mereka dengan keterampilan digital. Dengan lebih dari 1,4 juta pembelajar dan 2,2 juta pendaftaran di platform ini, menjadikan Indonesia sebagai pasar terbesar kelima untuk Coursera di Asia Pasifik dan terbesar kedua di Asia Tenggara.

Adapun kursus yang dihadirkan oleh Coursera di antaranya, seperti Supervised Machine Learning: Regression and Classification dari DeepLearning.AI dan Stanford, Financial Markets dari Yale, dan Learning How to Learn dari Deep Teaching SolutionsKini, para pembelajar dapat mengakses bacaan kursush, subtitle video perkuliahan, kuis, penilaian, instruksi peer review, dan petunjuk diskusi-semuanya dalam bahasa Indonesia.

“Hal ini menandai sebuah momen penting karena kami menggunakan kekuatan AI untuk menjembatani kesenjangan bahasa dan pembelajaran bagi jutaan orang di seluruh negeri. Dengan lebih dari 2.000 kursus yang diterjemahkan oleh AI yang kini tersedia dalam Bahasa Indonesia, para pembelajar di Indonesia memiliki kesempatan yang belum pernah ada sebelumnya untuk mengakses para pengajar terbaik di dunia untuk mengembangkan keterampilan dalam menyongsong masa depan digital,” paparnya.

Baca Juga: JobStreet Ungkap Kebutuhan Perusahaan Akan Talenta Digital di Indonesia Sangat Tinggi

Coursera Gunakan AI Generatif buat Materi Kursus

Coursera, kelas interaktif
CEO Coursera, Jeff Maggioncalda

Lebih lanjut Coursera juga menghadirkan Coach (beta) untuk pelanggan Coursera Plus yang berupa asistem pembelajaran virtual berbasis AI generatif. Melalu cara ini, pengguna bisa memberikan feedback yang bisa dipersonalisasi ketika menjawab pertanyaan atau merangkum video materi.

Materi kursus yang dihadirkan telah diintegrasikan dengan ChatGPT-4 Plugin, sehingga memungkinkan pembelajar untuk mempersonalisasi konten sesuai bidang dan minat mereka.  “Kami mengadopsi teknologi yang sedang berkembang seperti AI generatif dalam mengubah cara kita belajar, mengajar, dan bekerja,” ujar Raghav Gupta, Managing Director, Asia Pasifik, Coursera.

Dijelaskan Gupta, inovasi platform untuk menjembatani kesenjangan digital dan membangun pengalaman belajar yang mudah diakses. Sebanyak 49 persen pembelajar di Indonesia menggunakan perangkat seluler untuk mengakses Coursera. Platform ini memungkinkan pembelajar untuk mengunduh kursus, menyinkronkan kemajuan dan kuis, membuat catatan dengan meng-highlight pada bagian yang penting, dan sinkronisasi kalender – dioptimalkan untuk konsumsi data yang rendah.

“Dengan lonjakan pekerjaan digital dan pekerjaan jarak jauh, kami sangat senang dapat memberdayakan pembelajar dan institusi di Indonesia dengan berbagai konten dan inovasi AI untuk membantu menjembatani kesenjangan antara desa-kota dan membangun tenaga kerja yang inklusif,” tambahnya.

Sejauh ini, Coursera telah bekerja sama untuk menghadirkan materi kursus maupun kelas daring untuk sejumlah perusahaan di Indonesia, seperti PLN, Asia Pulp & Paper (APP) Sinar Mas, hingga Bank Mandiri. Coursera juga terintegrasi dengan mata kuliah dari beberapa kampus, termasuk Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya, Universitas Indonesia, dan Indonesia Cyber Education (ICE) Institute.

Artikel berjudul Manfaatkan AI, Coursera Hadirkan 2.0000 Materi Kursus Interaktif yang ditulis oleh Aditya Fajar pertama kali tampil di Gizmologi



from Gizmologi https://ift.tt/5lEXKe0
via IFTTT