Jakarta, Gizmologi – Apple disinyalir sedang menyiapkan iPhone SE generasi keempat. iPhone versi murah ini kabarnya bakal membawa desain baru dengan kehadiran port USB Type-C dan Face ID.

Penerus dari iPhone SE 3 ini kabarnya bakal memiliki desain baru, tak seperti model pendahulunya. Menurut analis ternama Ming-Chi Kuo, iPhone SE 4 bakal didasarkan pada desain iPhone 14.

“Tentang SE 4 – ya, secara efektif ini adalah turunan iPhone 14. Tapi masih lebih bagus dari desain iPhone 8 yang lama,” kata Ming-Chi Kuo dalam cuitan tersebut, Selasa (15/8/2023).

Tak hanya perubahan tampilan, iPhone SE 4 kemungkinan akan menghadirkan port USB Type-C baik untuk mengisi ulang baterai maupun transfer data. Bila ini akurat, maka iPhone SE 4 bakal menjadi iPhone pertama yang mengusung USB Type-C.

Keputusan Apple untuk membuang port Lightning miliknya kemungkinan besar dikarenakan undang-undang Uni Eropa, yang mewajibkan setiap perusahaan teknologi untuk menggunakan port universal seperti USB Type-C, sebagaimana dikutip dari XDA Developers.

Selain aspek desain, iPhone SE 4 tidak akan mengusung fitur Touch ID yang hadir di semua lini iPhone SE. Perangkat ini akan mengadopsi Face ID seperti di iPhone X. Meski membawa sederet pembaruan, iPhone SE 4 dilaporkan akan tetap mempertahankan konfigurasi kamera belakang tunggal seperti yang ada pada model saat ini.

Baca Juga: Kurang Diminati, Apple Tunda Produksi iPhone SE 4

Produksi iPhone SE 4

iPhone SE 4

Menariknya iPhone SE 4 disebut bakal dibekali fitur Action Button. Sebuah fitur baru yang kabarnya juga bakal melengkapi iPhone 15 Pro dan iPhone 15 Pro Max.

Rencananya, iPhone SE 4 bakal dirilis paling cepat pada 2025 mendatang. Meski demikian, informasi ini masih sebatas rumor, sehingga kepastiannya baru akan diketahui saat Apple mengumumkan iPhone versi murah ini secara resmi.

Mengingat, sempat menunda produk ini beberapa kali lantaran varian iPhone SE kurang diminati. Bagaimana Gizmo friends, tertarik untuk menanti iPhone SE generasi terbaru ini?

Artikel berjudul iPhone SE 4 Bakal Punya Port USB Type C dan Face ID yang ditulis oleh Aditya Fajar pertama kali tampil di Gizmologi



from Gizmologi https://ift.tt/EUhIMWv
via IFTTT