Jakarta, Gizmologi – Nvidia mengumumkan graphics processing unit (GPU) terbarunya untuk seri Workstation RTX. Line up baru ini meliputi RTX 5000 32GB, RTX 4500 24GB, dan RTX 4000 20GB.

Bob Pette selaku wakil presiden visualisasi profesional di NVIDIA mengatakan, sistem RTX workstation baru tersebut dirancang untuk pengembangan dan pembuatan konten di era AI generatif dan digitalisasi. Apalagi piranti ini didasarkan pada GPU NVIDIA RTX 6000 ADA Generation yang telah menggabungkan perangkat lunak NVIDIA AI Enterprise dan NVIDIA Omniverse Enterprise.

“Para profesional sekarang dapat menangani ini di desktop dengan workstation RTX terbaru yang ditenagai NVIDIA, memungkinkan mereka untuk membangun dunia digital yang luas di era baru AI generatif,” ungkap Bob dalam keterangan persnya, Selasa (15/8/2023).

Dijelaskan Bob, Workstation RTX yang baru menawarkan hingga empat GPU NVIDIA RTX 6000 ADA. Masing-masing dilengkapi dengan memori 48 GB, dan satu workstation desktop dapat menyediakan hingga 5.828 TFLOPS performa AI dan memori GPU 192 GB.

Sehingga piranti ini dapat disesuaikan bergantung pada kebutuhan pengguna. Apalagi sistem ini dapat dikonfigurasi dengan NVIDIA AI Enterprise atau Omniverse Enterprise untuk menjalankan beban kerja AI generatif yang menuntut dan beban kerja intensif grafis.

“NVIDIA AI Enterprise 4.0, yang diumumkan secara terpisah, kini menyertakan NVIDIA NeMo, kerangka kerja end-to-end untuk membangun dan menyesuaikan model dasar untuk AI generatif termasuk pustaka NVIDIA RAPIDS untuk ilmu data, serta kerangka kerja yang telah dilatih sebelumnya.”

Sementara itu, Omniverse Enterprise adalah platform untuk digitalisasi industri yang memungkinkan tim mengembangkan alur kerja 3D yang dapat dioperasikan dan aplikasi OpenUSD. Sebagai platform asli OpenUSD, Omniverse memungkinkan tim yang terdistribusi secara global untuk berkolaborasi dalam set data fidelitas desain lengkap dari ratusan aplikasi 3D.

Baca Juga: NVIDIA Boyong GeForce RTX 40 Series Buat Studio PC Konten Kreator

Workstation RTX series mendukung AI Generative

Workstation RTX series

Pengguna workstation juga dapat memanfaatkan NVIDIA AI Workbench baru, yang akan segera tersedia dalam akses awal, yang menyediakan ruang kerja terpadu dan mudah digunakan bagi pengembang untuk membuat, menyempurnakan, dan menjalankan model AI generatif hanya dengan beberapa klik.

“Pengguna dengan tingkat keahlian apa pun dapat dengan cepat membuat, menguji, dan menyesuaikan model AI generatif yang telah dilatih sebelumnya di PC atau stasiun kerja, lalu menskalakannya ke hampir semua pusat data, cloud publik, atau NVIDIA DGX Cloud.”

Secara terpisah, NVIDIA juga merilis tiga workstation desktop baru ADA Generation GPU yang terdiri dari NVIDIA RTX 5000, RTX 4500, dan RTX 4000, untuk menghadirkan AI terbaru, grafis, dan teknologi rendering real-time kepada para profesional di seluruh dunia.

Untuk ketersediaan dan harganya, Workstation RTX yang menampilkan hingga empat GPU RTX 6000 ADA, NVIDIA AI Enterprise, dan NVIDIA Omniverse Enterprise akan tersedia dari pembuat sistem mulai musim gugur.

Sementara GPU NVIDIA RTX 5000 tersedia dan dikirimkan dari HP dan melalui mitra distribusi global seperti Leadtek, PNY, dan Ryoyo Electro mulai hari ini. GPU NVIDIA RTX 4500 dan RTX 4000 akan tersedia pada musim gugur dari BOXX, Dell Technologies, HP dan Lenovo dan melalui mitra distribusi global.

Artikel berjudul Nvidia Rilis GPU Workstation RTX Series yang ditulis oleh Aditya Fajar pertama kali tampil di Gizmologi



from Gizmologi https://ift.tt/6G817ye
via IFTTT