Jakarta, Gizmologi – Pembaruan Windows 11 bakal membawa sejumlah peningkatan salah satunya, Microsoft Paint yang kini didukung teknologi kecerdasan buatan atau artificial initelligence/AI. Tools AI ini memungkinkan pengguna menghasilkan gambar yang mirip dengan Image Creator Bing.

Dengan begitu, Microsoft Paint akan menjadi aplikasi berbasis AI yang dapat memiliki kemampuan untuk menghasilkan kanvas berdasarkan perintah teks. Pengguna juga dapat mentransfer gambar itu ke kanvas untuk melakukan penyesuaian, yang belum diketahui pasti bagaimana cara kerjanya.

Sayangnya, fitur ini tidak didorong untuk masuk pada update Windows 11 dalam waktu dekat. Yang pasti, tim Microsoft sedang berada dalam tahap percobaan karena perusahaan berupaya menemukan lebih banyak cara untuk memasukkan AI ke dalam berbagai aplikasi, sebagaimana dikutip dari Windows Central, Senin (28/8/2023).

Belum diketahui secara pasti kapan AI di Paint akan hadir. Microsoft sendiri akan mengadakan acara khusus pada bulan September, yang sangat mungkin mereka mengumumkan produk dan fitur-fitur baru, dan meluncurkan komputer Surface baru.

Fitur baru ini hanyalah salah satu dari banyak fitur yang dilaporkan akan muncul di Windows 11. Selain itu, Microsoft juga sedang bereksperimen untuk menghadirkan fitur AI ke Foto, aplikasi Kamera, dan Snipping Tools.

Baca Juga: Permudah Aktivitas, Microsoft Hadirkan Fitur Copilot AI Generatif di BingChat

Tools AI di Microsoft Paint

Tools AI di Microsoft Paint

Melalui opsi Snipping Tool memungkinkan pengguna untuk melakukan screenshot, di mana ia akan bisa mendeteksi teks dalam sebuah gambar. Fitur ini mirip dengan bagaimana iPhone memungkinkan pengguna menyalin teks dari gambar.

Tidak begitu mengherankan melihat Microsoft menerapkan lebih banyak tools AI ke dalam produknya. Mengingat raksasa teknologi itu juga sudah berinvestasi besar di OpenAI dengan menggabungkan ChatGPT ke Bing.

Artinya, jika Microsoft menghadirkan AI ke aplikasi Paint Windows 11, ini bisa lebih bermanfaat bagi aplikasi tersebut lantaran ia makin ketinggalan dari aplikasi yang lebih profesional seperti Photoshop dan Canva.

Artikel berjudul Microsoft Paint Bakal Gunakan AI di Update Windows 11 yang ditulis oleh Aditya Fajar pertama kali tampil di Gizmologi



from Gizmologi https://ift.tt/Fih4AvM
via IFTTT