Jakarta, Gizmologi – Boleh percaya atau tidak, tapi Tokopedia mencatat kenaikan penjualan layangan di platformnya hingga 4,5 kali lipat. Hal ini terjadi seiring musim kemarau yang terjadi di sebagian besar wilayah di Indonesia berlangsung pada Juli-Agustus 2023.

Corporate Affairs Lead Tokopedia, Antonia Adega mengatakan tren pembeli layangan online ini naik bersamaan dengan beberapa produk kelengkapan cuaca panas yang ikut menjadi makin laris. Tokopedia mencatat penjualan ini meningkat pesat dibandingkan rata-rata transaksi bulanan sepanjang 2023.

“Selama puncak musim kemarau yang panas di bulan Juli 2023, dibandingkan transaksi rata-rata bulanan di Tokopedia sepanjang 2023, penjualan layangan meningkat hampir 4,5 kali lipat,” ujar Antonia dalam keterangannya, Rabu (23/8/2023).

Ada pun penjualan beberapa jenis layangan yang laris manis di antaranya merupakan layangan hias kemudian layangan koang yang terjual lebih dari 6 kali lipat. Penjualan benang gelasan pada layangan juga tercatat melonjak lebih dari 2,5 kali lipat.

Tokopedia juga mencatat, Lampung, Jawa Barat dan Kalimantan Selatan adalah beberapa wilayah dengan kenaikan tertinggi transaksi produk layangan dengan rata-rata kenaikan lebih dari 6 kali lipat. Beberapa UMKM lokal perajin layangan di Tokopedia, seperti DealzBunny dan Warung Yoga, mengalami kenaikan penjualan hingga berkali lipat di puncak musim kemarau.

Selain itu, Antonia mengungkapkan penjualan produk lainnya, seperti peralatan untuk aktivitas camping juga makin dilirik. Data internal Tokopedia menunjukkan, survival kit, tenda, senter camping, alat masak camping dan sleeping bag menjadi perlengkapan camping paling populer.

“Masyarakat bisa mendapatkan berbagai produk aktivitas outdoor seperti camping dan voli di Tokopedia dengan mudah dan terjangkau karena ada diskon hingga 70% di halaman Sportacular,” tambahnya.

Baca Juga: 14 Tahun Tokopedia: Punya 14 Juta Penjual, 1,8 Miliar Produk dan Jangkau 99% Kecamatan

Penjualan Layangan di Tokopedia

Penjualan Layangan di Tokopedia

Selain itu, penjualan sayur dan buah juga mengalami peningkatan hampir 2 kali lipat karena membantu tubuh tetap terhidrasi, khususnya di musim kemarau yang panas. Di musim kemarau bercuaca panas, camilan manis nan menyegarkan seperti es krim menjadi lebih digemari.

Antonia mengatakan di Tokopedia, makanan ringan seperti es krim, puding dan jelly mengalami peningkatan transaksi lebih dari 2 kali lipat selama puncak musim kemarau di bulan Juli 2023, dibandingkan transaksi rata-rata bulanan sepanjang 2023.

“Masyarakat bisa mengunjungi Tokopedia NYAM! untuk mendapatkan makanan dan minuman siap santap termasuk di musim kemarau supaya tidak perlu panas-panasan keluar rumah. Pesanan bisa dikirim dalam waktu sesuai preferensi termasuk same day maupun instan,” pungkasnya.

Data internal Tokopedia juga menunjukkan, penjualan buku naik hampir 4 kali lipat selama puncak musim kemarau di bulan Juli 2023, dibandingkan transaksi rata-rata bulanan sepanjang 2023. Antonia mengatakan melalui kampanye Bookarnaval, Tokopedia mempermudah masyarakat mendapatkan berbagai buku dengan promo menarik, mulai dari flash sale dan diskon sampai 90 persen.

Artikel berjudul Panas-Panas Gini Penjualan Layangan di Tokopedia Naik Sampai 4 Kali Lipat yang ditulis oleh Aditya Fajar pertama kali tampil di Gizmologi



from Gizmologi https://ift.tt/DA9Le1t
via IFTTT