China, Gizmologi – Ketika memperkenalkan smartphone layar lipat terbaiknya beberapa waktu lalu, Xiaomi juga kembali menghadirkan seri smartphone Redmi terbaru. Alih-alih menyasar segmen terjangkau, Redmi K60 Ultra hadir membawa spesifikasi yang sangat mentereng, serta dikabarkan bakal dirilis ulang sebagai Xiaomi 13T Pro untuk pasar global.

Ya, kebiasaan tersebut memang kerap terjadi sejak beberapa generasi sebelumnya, di mana seri Redmi tertentu hanya hadir untuk pasar China, kemudian diperkenalkan dalam penamaan yang lain untuk pasar yang lebih luas. Menariknya, selain mengunggulkan spesifikasi, Xiaomi juga memberikan jaminan pembaruan keamanan yang bisa setara dengan Samsung dan lebih lama dari Google.

Dalam sebuah unggahan di situs media sosial Weibo, disebutkan bila Redmi K60 Ultra setidaknya bakal mendapatkan 4 kali pembaruan versi OS, dan 5 tahun pembaruan keamanan. Selain itu, smartphone Xiaomi terbaru satu ini juga dijanjikan bakal jadi salah satu yang pertama mendapat MIUI 15.

Baca juga: Xiaomi Mix Fold 3, Pesaing Galaxy Z Fold5 dengan Dimensi Paling Tipis

Seri Xiaomi dengan Pembaruan OS Paling Lama

Redmi K60 Ultra

Menjalankan Android 13 sejak awal, artinya Redmi K60 Ultra siap menerima setidaknya versi Android 17 di masa mendatang. Ini adalah komitmen baru Xiaomi yang patut diapresiasi, berhasil menyalip Google yang hanya bisa berikan jaminan 3 tahun pembaruan OS.

Kabar lain yang beredar, Redmi K60 Ultra bakal diluncurkan sebagai Xiaomi 13T Pro pada 1 September mendatang. Ya, Xiaomi bakal meluncurkan seri smartphone flagship terbarunya untuk pasar global, dengan kembali menggandeng Leica sebagai partner pengembangan teknologi kamera smartphone mereka. Foto render Xiaomi 13T Pro pun sudah mulai bermunculan, tampil identik dengan sedikit perubahan pada opsi warna dan modul kamera.

Render Xiaomi 13T Pro
Bocoran render Xiaomi 13T Pro (Sumber: Mysmartprice)

Dibandingkan dengan Redmi K60 Ultra, kabarnya versi global bakal mengusung sistem kamera yang lebih canggih. Di mana Xiaomi menyematkan sensor Sony IMX707, sensor telefoto dengan pembesaran kurang lebih 3x optical zoom, dan sensor ultra-wide 13MP untuk kamera Xiaomi 13T Pro. Sementara spesifikasi lainnya masih dibuat sama persis, dan memang sudah setara dengan flagship masa kini.

Keunggulan Spesifikasi Redmi K60 Ultra

Redmi K60 Ultra

Diperkenalkan 15 Agustus lalu, Xiaomi Redmi K60 Ultra hadir dengan spesifikasi flagship, mengusung chipset Dimensity 9200+ terbaik dari MediaTek. Layarnya juga dibuat spesial, berukuran 6,67 inci dengan panel 12-bit, resolusi 1,5K, kecerahan maksimum 2600 nits serta refresh rate 144Hz.

Tak sampai di situ, Xiaomi bekerja sama dengan Pixelworks untuk menghadirkan sebuah cip khusus pendukung teknologi layarnya, disebut X7. Cip satu ini memungkinkan Redmi K60 Ultra untuk menjalankan lebih dari 30 game pada frame rate tertinggi 144fps, serta menginterpolasi lebih dari 100 judul game lainnya. Didukung dengan baterai 5,000 mAh yang mendukung fast charging 120W.

Bodi Redmi K60 Ultra juga sudah tersertifikasi IP68, membuatnya tahan air dan debu, pertama kali untuk seri Redmi. Karena tidak menggandeng Leica, Xiaomi menyematkan sensor Sony IMX800 dengan OIS pada kamera utamanya yang bisa merekam video 8K. Ditemani dengan sensor 8MP ultrawide dan 2MP makro, alias tanpa sensor telefoto.

Artikel berjudul Redmi K60 Ultra Dapat 4 Kali Update OS, Siap Jadi Xiaomi 13T Pro Versi Global? yang ditulis oleh Prasetyo Herfianto pertama kali tampil di Gizmologi



from Gizmologi https://ift.tt/PWzO8rN
via IFTTT