Jakarta, Gizmologi – Setiap tahunnya, vendor asal Korea Selatan, Samsung selalu meluncurkan lini flagship Galaxy S Series di awal tahun. Maka wajar bila rumor kehadiran flagship awal tahun depan sudah mulai bermunculan, termasuk bocoran render desain Galaxy S24 Ultra yang terlihat masih identik—namun membawa peningkatan positif pada sisi layar.

Samsung sendiri merilis Galaxy S23 Series lebih awal dibandingkan generasi sebelumnya. Dan kabarnya hal serupa bakal terulang tahun depan. Situs 9to5Google sendiri memprediksi bila Galaxy S24 Series siap diperkenalkan secara resmi, secepatnya pada 18 Januari 2024. Alias beberapa pekan lebih awal.

Selain render desain Galaxy S24 Ultra, situs Onleaks yang berkolaborasi bersama Smartprix juga mengunggah bocoran tampilan dari varian paling terjangkau dan kompak, Galaxy S24. Dibandingkan versi Ultra, perbedaannya lebih terlihat, di mana bagian frame dibuat lebih flat dan memiliki garis antenna khusus untuk sebuah fitur berbasis hardware, yakni ultra-wideband atau UWB.

Baca juga: Samsung Galaxy A05 & A05s Meluncur di Malaysia, Desain Lebih Premium

Punya Bezel Setipis iPhone 15 Pro

render desain Galaxy S24 Ultra

Seperti yang dapat Gizmo friends lihat pada bocoran render di atas, desain Galaxy S24 Ultra terlihat hampir persis dengan Galaxy S23 Ultra. Mulai dari sudut sisi samping, sampai peletakan sensor kamera belakangnya. Namun secara dimensi, Smartprix sebutkan bila dimensinya bakal dibuat sedikit lebih kompak, meski punya dimensi layar yang sama-sama berukuran 6,8 inci.

Faktor tersebut berhasil dicapai berkat bezel yang dikabarkan dibuat lebih tipis, bahkan bakal jadi salah satu yang tertipis nantinya. Keempat sisi bezel bakal dibuat simetris, dan kabarnya layar Galaxy S24 Ultra juga bakal dibuat flat dengan lengkungan kaca 2.5D di kedua sisinya. Sebuah tren yang juga “diikuti” oleh Google lewat Pixel 8 Series.

render desain Galaxy S24 Ultra

Selain desain Galaxy S24 Ultra, bocoran lainnya terkait spesifikasi meliputi resolusi layar WQHD+, penggunaan cip Snapdragon 8 Gen 3 for Galaxy, serta pembaruan sensor kamera. Disebutkan bila kamera 200MP pada Galaxy S24 Ultra bakal gunakan sensor baru dengan peningkatan pengambilan fokus. Sementara sensor 3x optical zoom-nya bakal beresolusi 50MP.

Juga disebutkan bila Galaxy S24 Ultra bakal mengikuti langkah Apple dengan menggunakan material titanium pada bingkainya, lengkap dengan garis antena untuk UWB. Dan untuk kemudahan penggunaan di luar ruangan, kecerahan maksimum juga bakal meningkat dari 1750 nits menjadi 2500 nits.

Desain Galaxy S24 Masih Mirip, dengan Bingkai Flat

render desain Galaxy S24

Selain desain Galaxy S24 Ultra, Onleaks dan Smartprix juga mengunggah render desain Galaxy S24 varian dasar. Lagi-lagi, terlihat sangat identik dengan generasi sebelumnya. Namun mudah terlihat bila desain bingkai alias frame-nya kini dibuat sepenuhnya flat, seperti iPhone 15 Series. Tak lagi sedikit melengkung seperti Galaxy S23. Juga dengan garis antena untuk fitur UWB.

Bezel yang lebih ramping, kabar baiknya juga bakal hadir ke varian yang lebih terjangkau satu ini. Secara dimensi, disebutkan bila bodinya bakal sedikit lebih tinggi, namun lebih ramping dalam genggaman. Dimensi layarnya sendiri bakal sedikit naik dari 6,1 menjadi 6,17 inci, berkat bezel yang lebih ramping. Bakal tetap mengusung panel AMOLED 120Hz dengan resolusi full HD+.

Tak seperti Galaxy S23, peletakan lampu LED di kamera belakang dibuat sedikit lebih turun—justru membuatnya semakin mirip dengan Galaxy A54. Sementara permukaan bodi belakangnya bakal memiliki permukaan soft matte, yang selain dapat menyembunyikan bekas sidik jari, juga membuatnya tidak licin.

Baik spesifikasi kamera maupun kapasitas baterai dan kecepatan pengisian daya pada Galaxy S24 dikabarkan bakal masih sama—hanya S24+ dan S24 Ultra saja yang mendukung pengisian daya 45W, seperti yang dicuitkan oleh pembocor informasi kenamaan, Ice Universe. Kita nantikan bocoran spesifikasi Galaxy S24 Series lebih jauh dalam beberapa waktu ke depan ya.

Artikel berjudul Render Desain Galaxy S24 Ultra Muncul, Diklaim Punya Bezel Layar Paling Tipis yang ditulis oleh Prasetyo Herfianto pertama kali tampil di Gizmologi



from Gizmologi https://ift.tt/HAxYwTt
via IFTTT