Malaysia, Gizmologi – Kalau di Indonesia baru saja hadirkan pembaruan warna untuk opsi kelas menengahnya, lain halnya di negara tetangga yakni Malaysia. Di mana Samsung baru saja menyegarkan dua opsi smartphone yang lebih terjangkau lewat Samsung Galaxy A05 & A05s. Keduanya tampil identik dengan beragam perbedaan luar dalam.

Desain yang identik memang disengaja oleh vendor asal Korea Selatan satu ini—saat memperkenalkan Galaxy A34 5G Awesome Lime Selasa (26/9) kemarin, pihak resmi mengatakan bila hal tersebut dapat membuat masyarakat bisa mengenali Samsung Galaxy A Series terbaru secara mudah. Meski memang, pemilik Galaxy S23 Series mungkin bakal sedikit kesal, karena juga terlihat identik.

Dari kedua varian yang diperkenalkan di Malaysia, tentu Galaxy A05s jadi opsi lebih tinggi. Meski identik, ada sejumlah perbedaan yakni pada sektor chipset serta jumlah kamera yang ada di belakang. Beberapa poin lainnya kurang lebih sama, di mana Samsung berikan dukungan kecepatan pengisian daya yang lebih ngebut dari generasi sebelumnya.

Baca juga: Melihat Galaxy A34 Awesome Lime Lebih Dekat, Bonus Paket Gaming Menarik

Sudah Mendukung Fast Charging 25W

Samsung Galaxy A05 A05s

Baik Samsung Galaxy A05 & Galaxy A05s memiliki cukup banyak kesamaan, termasuk desainnya yang memiliki permukaan bodi belakang flat serta bertekstur. Masing-masing sensor kamera dibuat timbul secara individu, sementara di sisi depan tampil sebuah layar besar dengan kamera depan berbentuk waterdrop notch. Dimensi layar duo Galaxy A05 berukuran 6,7 inci.

Untuk versi standar menggunakan resolusi HD+, sementara versi dengan imbuhan “S” lebih tajam dalam resolusi full HD+ dengan refresh rate 90Hz. Kesamaan lain juga ada pada versi software yang dijalankan, yakni One UI Core Edition berbasis Android 13. Serta kapasitas baterai Galaxy A05 series yang juga dibuat sama-sama 5,000 mAh.

Samsung Galaxy A05

Setara dengan Galaxy A34 maupun Galaxy A54, kecepatan pengisian dayanya juga sudah mendukung sampai 25W, lewat port USB-C tentunya. Meski begitu, Samsung tetap menghadirkan jack audio 3,5mm tepat di sebelah kiri port pengisian daya tersebut. Terkait kelengkapan sensor, keduanya sama-sama memiliki sensor akselerometer, sensor cahaya dan proximity.

Namun khusus pada Galaxy A05s, disematkan sebuah sensor sidik jari yang terintegrasi ke dalam tombol power. Keduanya sama-sama belum didukung oleh sensor NFC, dan tentunya belum 5G alias hanya mendukung dua kartu SIM 4G saja.

Kamera Galaxy A05 Series Punya Sensor Utama 50MP

Samsung Galaxy A05s

Kalau kamera Galaxy A05 hanya dibekali dengan dua sensor di belakang yakni 50MP sensor utama dan 2MP depth, A05s mendapatkan sebuah sensor tambahan 2MP untuk mengabadikan obyek terkecil alias makro. Di depan, A05 memiliki sensor 8MP, sementara A05s sedikit lebih tinggi di 13MP. Selain fitur kamera, chipset keduanya juga berbeda.

Karena menjadi opsi yang lebih terjangkau, Samsung Galaxy A05 dibekali dengan cip Helio G85 octa-core milik MediaTek. Sementara A05s seharusnya bakal lebih ngebut dan efisien daya berkat penggunaan cip Snapdragon 680 milik Qualcomm. Meski begitu, keduanya sama-sama dibekali dengan kapasitas RAM 6GB dan penyimpanan internal hingga 128GB.

Walaupun sudah dipajang pada situs resmi Samsung Malaysia, sayangnya harga Galaxy A05 & Galaxy A05s masih belum diumumkan. Mengacu pada harga dari perangkat generasi sebelumnya, seharusnya dibanderol mulai dari Rp1 jutaan. Kita nantikan saja pengumuman harga dan ketersediaannya di Indonesia ya.

Artikel berjudul Samsung Galaxy A05 & A05s Meluncur di Malaysia, Desain Lebih Premium yang ditulis oleh Prasetyo Herfianto pertama kali tampil di Gizmologi



from Gizmologi https://ift.tt/QscT15A
via IFTTT