Jakarta, Gizmologi – Peran kecerdasan buatan alias AI kini sudah semakin banyak diterapkan. Mulai dari aplikasi sederhana hingga yang lebih kompleks, performa AI bakal lebih baik ketika digabungkan bersama hardware yang mumpuni. Untuk itu, ASUS memaparkan sejumlah keunggulan laptop ROG mereka yang pas untuk digunakan sembari bereksperimen dengan AI.

Melalui sebuah acara luring yang diadakan 25 Oktober lalu, ASUS Indonesia ingin membuktikan bila jajaran laptop Republic of Gamers (ROG) mereka tidak hanya unggul untuk bermain game saja. Kombinasi prosesor generasi terbaru, GPU yang mumpuni dan hardware lainnya bisa bekerja optimal untuk memberikan dukungan penggunaan aplikasi berbasis AI yang pas dalam penggunaan harian.

ASUS sendiri terus memperbarui produk ROG secara berkala dalam berbagai jenis, mulai dari smartphone, laptop, hingga komponen hardware tertentu seperti GPU ROG Matrix GeForce RTX 4090 sebagai GPU terkencang dan paling premium dari ASUS. Berikut adalah empat keunggulan laptop ROG yang membuatnya pas untuk digunakan saat bereksperimen bersama AI.

Baca juga: ROG Matrix GeForce RTX 4090, Varian Kartu Grafis Asus Terkencang dan Termahal

Gunakan Kombinasi Hardware Terbaik

Keunggulan Laptop ROG dengan AI

Tak dapat dipungkiri, penggunaan jenis hardware terbaru tentu bisa memberikan dampak besar terhadap performa AI. Dan salah satu keunggulan laptop ROG adalah selalu hadir dengan hardware paling modern pada setiap generasinya, termasuk setiap kelas harga sekalipun. Dipasangkan bersama memori DDR5 dan penyimpanan berjenis PCIe Gen4 yang tentu dapat membantu kinerja prosesor.

Laptop ROG terbaru selalu hadir dalam penawaran terbaik dan terbaru dari masing-masing prosesor Intel maupun AMD, masing-masing hingga Intel Core generasi ke-13 maupun AMD Ryzen 7000 Series, yang kemudian dipasangkan bersama GPU NVIDIA GeForce RTX 40 Series. Dengan begitu, pengguna dapat memanfaatkan laptop ROG untuk menjalankan, mengolah, hingga melatih sistem kecerdasan buatan mereka secara lokal.

Lengkap dengan ROG Intelligent Cooling

Keunggulan Laptop ROG dengan AI

Ketika sedang melakukan eksperimen bersama AI, tentu kamu bisa menghabiskan waktu cukup lama dalam prosesnya. Untuk itu, penting agar sebuah laptop bisa berikan performa tinggi secara lebih stabil, di mana keunggulan laptop ROG lainnya adalah penggunaan sistem pendingin yang diklaim paling canggih lewat ROG Intelligent Cooling.

Untuk menyebarkan panas dari inti komponen di dalam laptop, terdapat kipas Arc Flow yang bisa alirkan udara tanpa noise tinggi, serta kombinasi heatsink dan penggunaan liquid metal. Sistem pendingin laptop ROG juga dapat dikendalikan secara mudah memanfaatkan software, di mana noise pada pendingin dapat diatur ketika ingin suasana lebih senyap.

Bagi seri laptop ROG kelas premium seperti ROG Zephyrus Duo 16, hadir dengan Active Aerodynamic System (AAS) yang terintegrasi dengan layar kedua, memastikan aliran udara lebih baik. Sementara seri lain seperti ROG Strix 16/18 dibekali dengan tiga kipas alias Tri-Fan serta heatsink lebih lebar untuk performa lebih optimal dalam semua aktivitas.

Keunggulan Laptop ROG dengan MUX Switch

Keunggulan Laptop ROG dengan AI

Semua laptop ROG rilisan 2022 juga sudah dibekali dengan MUX Switch, yakni microchip yang bisa mengatur pemrosesan grafis ke GPU diskrit secara langsung, tanpa melibatkan GPU bawaan prosesor. Dengan begitu, pengolahan grafis bisa berjalan secara lebih optimal, memanfaatkan hardware terbaik di dalam laptop.

Bila dihubungkan dengan AI, MUX Switch berguna terutama ketika aplikasi ingin memanfaatkan performa grafis untuk pemrosesan gambar tertentu atau gaming. Sehingga aplikasi atau game bisa sepenuhnya memanfaatkan opsi GPU tertinggi dalam sebuah perangkat.

Punya Software Armoury Crate Khusus

Keunggulan laptop ROG lainnya yang pas untuk pemrosesan AI adalah dengan memanfaatkan Armoury Crate. Ini adalah sebuah aplikasi khusus yang hadir di semua laptop ROG, ditujukan sebagai pusat kendali utama untuk fitur maupun performa perangkat. Juga mengintegrasikan sejumlah jenis perangkat ROG lainnya ke dalam sebuah tampilan yang lebih ringkas.

Melalui Armoury Crate, pengguna laptop ROG dapat mengatur tingkat performa laptop sesuai keinginan, bahkan tuning secara manual, hingga ke hal-hal yang lebih teknis seperti mengubah clock speed pada CPU dan GPU. Fan curve alias sistem pendingin juga bisa diutak-atik sendiri, bahkan sebagian inti pada CPU juga bisa dinonaktifkan bila perlu.

Semua keunggulan laptop ROG tersebut dinilai pas untuk mendukung berbagai skenario dan kondisi eksperimen AI bagi masing-masing pengguna. Mulai dari teknologi stable diffusion sampai pemanfaatan AI dalam aplikasi harian seperti AI noise cancellation ketika lakukan panggilan video.

Artikel berjudul Empat Keunggulan Laptop ROG Ini Pas Untuk Penggunaan AI yang ditulis oleh Prasetyo Herfianto pertama kali tampil di Gizmologi



from Gizmologi https://ift.tt/JIhKWcD
via IFTTT