Jakarta, Gizmologi – Setelah rumor akan kehadirannya bermunculan sejak beberapa hari lalu, akhirnya Samsung kembali meresmikan smartphone edisi terbatas. Yakni galaxy Z Flip5 Retro yang tampil dengan tampilan warna khusus, mencoba mereplikasi salah satu model ponsel lipat Samsung revolusioner rilisan 20 tahun lalu.

Sebelumnya, Samsung sendiri sudah menghadirkan flagship foldable terbarunya dalam dua versi berbeda. Untuk Z Flip5, sudah ada kolaborasi dengan BMW, lengkap dengan aksesori eksklusif. Sementara tahun ini, edisi Thom Browne hanya ada untuk Galaxy Z Fold5, yang lebih eksklusif dengan aksesori lengkap plus Galaxy Watch edisi spesial.

Dari kedua foldable Samsung yang diresmikan tahun ini, Samsung Galaxy Z Flip5 memang terlihat lebih menarik. Pasalnya secara desain, peningkatan langsung terlihat dari tampilan Cover Screen yang jauh lebih luas. Selain harganya yang juga lebih terjangkau dari versi Fold—bahkan tidak mengalami kenaikan harga dibandingkan dua generasi sebelumnya. Lalu apa saja perbedaan yang dibawa oleh Galaxy Z Flip5 Retro?

Baca juga: Samsung Galaxy S24 Series Akan Jadi Smartphone Paling Pintar dengan Seabrek Teknologi AI

Replikasi Warna dan UI, Berikan Bonus Stiker Aneka Logo Samsung

Samsung Galaxy Z Flip5 Retro

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, Samsung Galaxy Z Flip5 Retro hadir untuk “mengenang” sebuah ponsel lipat Samsung terdahulu yakni Samsung E700. Sebagai informasi, ponsel yang dirilis tahun 2003 ini bisa dibilang cukup revolusioner, karena menjadi ponsel Samsung perdana yang sudah didukung dengan antena built-in.

Samsung E700 lantas menjadi opsi menarik ketika saat itu dunia ponsel didominasi oleh Nokia. Seperti Galaxy Z Flip5 Retro, ponsel tersebut juga sudah dilengkapi dengan layar OLED di bagian luar, lengkap dengan kamera VGA. Meski OLED, hanya bisa menampilkan 256 jenis warna, dan Samsung memberikan tampilan font serta warna jam senada pada Galaxy Z Flip5 Retro.

Samsung Galaxy Z Flip5 Retro

Begitu juga warna bodi Galaxy Z Flip5 Retro yang mengombinasikan indigo blue serta aksen warna silver pada sekeliling bezel sampingnya. Di dalamnya, disematkan beberapa sentuhan antarmuka klasik, dengan animasi khusus yang merepresentasikan seri E700 terdahulu. Kalau versi standar punya kelengkapan sangat sederhana, yang satu ini dibuat jauh lebih spesial.

Selain dengan case Flipsuit, Samsung juga sematkan sejumlah Flipsuit card eksklusif, serta memberikan stiker dengan sejumlah logo Samsung yang berbeda-beda dari tahun-tahun sebelumnya. Pembeli Galaxy Z Flip5 Retro juga bakal mendapatkan collector card dengan lambing E700 dan serial number unik demi nilai eksklusivitas tambahan.

Samsung Galaxy Z Flip5 Retro Diproduksi Secara Terbatas

Samsung Galaxy Z Flip5 Retro

Sayangnya, smartphone ini baru dikabarkan jika hanya tersedia di sejumlah negara seperti Korea Selatan, Inggris, Perancis, Jerman, Spanyol dan Australia di awal November mendatang. Jumlahnya pun dibuat terbatas, di mana konsumen harus melakukan pemesanan secara daring lewat situs resmi Samsung. Harga Galaxy Z Flip5 Retro juga belum diumumkan—diduga sedikit lebih mahal dari varian standar dengan kelengkapan yang lebih banyak.

Spesifikasi Galaxy Z Flip5 Retro sendiri tentu masih dibuat sama. Layar luarnya berukuran 3,4 inci, gunakan panel Super AMOLED dan sudah terlindungi dari Gorilla Glass Victus 2. Sementara di dalam ada layar 6,7 inci Foldable Dynamic AMOLED 2X dengan mekanisme lipatan layar yang sudah disempurnakan, alias tanpa gap ketika tertutup.

Galaxy Z Flip5 Retro mengusung cip Snapdragon 8 Gen 2, memiliki baterai 3700 mAh dan sudah mendukung fast charging 25W maupun wireless charging 15W. Kameranya sendiri ditingkatkan dengan pemrosesan AI terbaru, hasilkan selfie terbaik dari kamera utama 12MP maupun 12MP ultra-wide yang ada pada sisi layar luarnya.

Artikel berjudul Galaxy Z Flip5 Retro Rayakan Kesuksesan Ponsel Samsung Lipat 2 Dekade Lalu yang ditulis oleh Prasetyo Herfianto pertama kali tampil di Gizmologi



from Gizmologi https://ift.tt/pwWyOVb
via IFTTT